mural
homeforward
Kenali 4 Penyebab WiFi Indihome Sering Gangguan dan Solusinya

Kenali 4 Penyebab WiFi Indihome Sering Gangguan dan Solusinya

Bagi para pengguna jaringan WiFi Indihome, pastinya pernah mengalami gangguan di saat melakukan pekerjaan yang penting. Merasa sebal pastinya, apalagi kalau kamu tidak tahu penyebab Indihome gangguan maupun cara mengatasi masalah tersebut. Biar nggak panik saat terjadi gangguan, yuk simak artikel ini!

Baca Juga: Cara Bayar Indihome Makin Untung Dengan Flip!

Penyebab WiFi Indihome Sering Gangguan 

indihome sering gangguan

Sumber : Indihome

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan Wifi Indihome, antara lain: 

1. Perbaikan Jaringan 

Hal pertama yang menjadi penyebab indihome gangguan adalah karena terjadi masalah pada server pusat, maintenance atau sedang dalam perbaikan jaringan. Untuk kegiatan maintenance sebenarnya dilakukan secara rutin, dan akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Adapun untuk masalah teknis pada sistem server, perangkat keras, kerusakan pada infrastruktur atau gangguan pada koneksi, biasanya akan diadakan perbaikan. Untuk masalah seperti ini biasanya pihak provider Indihome baru mengetahui dan melakukan tindakan setelah ada laporan dari pelanggan.

2. Modem Rusak

Penyebab Indihome gangguan berikutnya adalah kerusakan pada modem yang kamu gunakan. Misalnya, kerusakan pada infrastruktur fisik seperti kabel tembaga yang rusak, putus, atau terjadi konsleting. Terkadang, gangguan dapat juga terjadi akibat router, modem, atau switch bermasalah, atau masalah karena konfigurasi yang tidak sesuai penyaranan pabrik.

Modem juga bisa terganggu perangkat mesin lain, atau masalah penempatan modem. Penempatan dekat mesin dengan daya elektronik dan magnetik yang kuat juga mempengaruhi kondisi modem sehingga dapat terjadi gangguan internet, jaringan lemot, atau bahkan internet tak bisa berjalan.

3. Overload Jaringan (Terlalu Banyak Pengguna)

Hal berikutnya yang paling mungkin terjadi adalah karena jaringan kamu mengalami overload. Artinya, terlalu banyak pengguna yang menggunakan koneksi WiFi Indihome milikmu. Terlalu banyak pengguna di suatu area, akan membutuhkan penggunaan bandwidth yang tinggi secara bersamaan.

Hal itu tentu akan menyebabkan overload pada jaringan yang kamu pakai. Gangguan bisa berupa koneksi internet yang menurun, loading page atau buffering berjalan lama, hingga terjadi pemutusan sementara layanan internet.

4. Batas FUP Indihome Sudah Lewat 

Beberapa pengguna mungkin tidak tahu bahwa paket yang mereka beli memiliki limit FUP (Fair Usage Policy) tersendiri. FUP merupakan batas pemakaian normal, yang selalu ada pada setiap paket layanan internet. Jika FUP sudah mendekati limitnya atau bahkan terlewat, pasti akan terjadi pengurangan kecepatan internet secara otomatis atau bisa saja internet sama sekali tidak bisa digunakan. 

Solusi Mengatasi Gangguan WiFi Indihome 

indihome gangguan

Sumber : Indihome

Jika kamu mengalami gangguan pada jaringan WiFi, jangan langsung panik! Karena ada beberapa cara mengatasi Indihome gangguan tanpa ribet dan bisa kamu coba di rumah, yuk disimak.

1. Restart Modem 

Cara pertama dan paling banyak disarankan adalah melakukan restarting pada modem WiFi yang kamu gunakan. Umumnya tindakan pertolongan pertama ini berguna untuk menghapus settingan atau kegagalan muat, saat kamu gunakan. Hal ini juga termasuk menghapus sampah data penggunaan yang menumpuk.

2. Periksa Device yang Menyambung

Sebelum melakukan pemeriksaan lanjut pada perangkat modem, kamu perlu memeriksa pengaturan sambungan dari WiFi. Periksa apakah sambungan melebihi batas wajar, atau periksa apakah ada device asing dengan penggunaan data berlebih. Jika perlu copot pemasangan atau blokir perangkat tak dikenal!

3. Perbarui Identitas dan Sistem Penyambungan Wifi

Jika kamu menerapkan jaringan terbuka, ada baiknya kamu ubah ke jaringan private dan lakukan pembaruan password dan username secara berkala. Hal ini untuk mencegah ada penyalahgunaan jaringan, oleh oknum tidak bertanggung jawab!

4. Panggil Teknisi 

Langkah selanjutnya bisa kamu lakukan jika sudah mentok dan tidak menemukan penyebab Indihome mengalami gangguan, yakni memanggil teknisi yang lebih paham masalah jaringan. Mintalah untuk memeriksa secara menyeluruh apa penyebab dari gangguan internet dan solusi terbaiknya!

5. Bayar Tunggakan Tagihan 

Jika paket yang kamu beli sudah habis masa berlakunya, pihak Indihome akan mengirimkan tagihan yang perlu dibayar. Pada saat itu, jaringan bisa saja mengalami gangguan maupun tidak memiliki akses internet. Karenanya, segera lunasi tunggakan tagihanmu agar tetap bisa memiliki koneksi WiFi yang lancar. 

6. Hubungi Service Center Indihome

Ini adalah cara mengatasi Indihome gangguan yang terakhir jika metode di atas tidak berhasil juga. Jika kamu masih merasa awam atau pengguna baru, jangan sungkan untuk menggunakan layanan service center dari Indihome. Kamu bisa menghubungi pihak Indihome lalu menanyakan apakah ada perbaikan jaringan atau sekadar menyampaikan keluhan.

Umumnya, pihak CS Indihome akan memberikan beberapa saran terkait troubleshooting jaringan secara detail. Namun, jika masalahmu tidak kunjung terselesaikan, pihak Indihome akan segera mengirim petugas untuk menangani masalah yang kamu alami

7. Lapor Gangguan Indihome Lewat Aplikasi

Selain melalui contact person yang Indihome sertakan, kini kamu juga bisa melakukan laporan gangguan internet melalui aplikasi myIndiHome. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari pemantauan berita terkini, pengiriman keluhan, maupun pembayaran internet berbayar!

Dengan mengetahui penyebab Indihome gangguan dan solusinya, kini kamu nggak perlu panik lagi jika mengalami masalah tersebut. Nah, jika Indihome kamu sering mengalami gangguan gara-gara lupa bayar tagihan, mending jangan sampai terulang deh, karena pasti akan membuat produktivitasmu terhambat.

Baca Juga: Cari Daftar Harga Pulsa Murah untuk Dijual Lagi? Di Sini Tempatnya!

Solusinya, pakai Flip aja supaya tak telat-telat lagi buat bayar tagihan WiFi dan TV Kabel kamu. Bayar berbagai kebutuhan seperti tagihan listrik, internet, telepon, dll bisa jauh lebih praktis.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi