mural
homeforward
Wifi MNC Play Alami Gangguan? Ternyata Ini Penyebabnya

Wifi MNC Play Alami Gangguan? Ternyata Ini Penyebabnya

Setiap jaringan WiFi pasti pernah mengalami gangguan entah itu lemot atau sinyal tidak terdeteksi. Nah, hal tersebut juga berlaku pada layanan WiFi MNC Play. Jika WiFi MNC Play gangguan tentu bisa membuat aktivitas internetan kamu jadi terkendala, terutama jika kamu sedang kerja WFH, belajar, atau kursus online.

Nah, jika kamu termasuk pengguna layanan wifi MNC Play dan sekarang sedang mengalami gangguan, jangan panik. Yuk, kenali dahulu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya!

Baca Juga: 6 Paket Internet IndiHome Terbaru 2023 Dan Harganya

Penyebab Internet MNC Play Gangguan 

mnc play gangguan

Sumber : Oolean

MNC Play merupakan salah satu provider layanan internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu apa saja faktor yang menyebabkan jaringan WiFi-nya bermasalah. Beberapa penyebab umum gangguan WiFi yang mungkin terjadi pada layanan WiFi MNC Play antara lain:

Masalah dari Router 

Jika WiFi MNC Play kamu mengalami gangguan, penyebab pertama yang bisa saja terjadi adalah routernya yang bermasalah. Router WiFi MNC Play bisa mengalami kegagalan perangkat keras seperti kerusakan pada komponen fisik, overheating (pemanasan berlebih), atau cacat produksi. 

Jika router mengalami masalah ini, bisa mengakibatkan sinyal WiFi menjadi lemah, koneksi tidak stabil, atau bahkan tidak ada akses internet.

Salah Pengaturan WiFi

Penyebab selanjutnya adalah masih di seputar router, yakni pengaturan konfigurasinya yang tidak tepat. Misalnya, kanal yang tumpang tindih dengan jaringan WiFi tetangga atau pengaturan daya sinyal yang tidak optimal. Hal ini dapat menyebabkan masalah koneksi seperti WiFi terhubung tapi tidak bisa akses ke internet.

Gangguan Eksternal 

Ini adalah penyebab yang paling sering membuat wifi MNC Play mengalami gangguan, yaitu masalah pada jaringan akibat gangguan eksternal. Cuaca buruk seperti hujan lebat atau badai petir dapat mengurangi jangkauan sinyal WiFi sehingga internetan jadi terganggu.

Selain itu, keberadaan peralatan elektronik lain di sekitar router WiFi MNC Play, seperti microwave, ponsel, baby monitor, atau peralatan Bluetooth, dapat menyebabkan interferensi pada sinyal WiFi. Peralatan ini menghasilkan medan elektromagnetik yang dapat mengganggu kualitas sinyal WiFi.

Cara Mengatasi Gangguan MNC Play

wifi mnc play gangguan

Sumber : MNC Play

Setelah mengetahui penyebab Wifi MNC Play kamu mengalami gangguan, selanjutnya kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

Restart Perangkat

Langkah pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan restart pada perangkat, entah itu ponsel, laptop, atau perangkat lain yang terhubung dengan layanan WiFi. Jika kamu menggunakan dua perangkat yang berbeda, coba periksa sinyal WiFi antara keduanya.

Apabila salah satu perangkat terhubung ke WiFi dan bisa akses internet, artinya perangkat yang lain perlu di-restart. Akan tetapi, sebelumnya pastikan juga kondisi perangkat kamu tidak ada yang error. 

Jika belum bisa juga, cobalah lakukan restart pada routernya. Matikan router, kemudian tunggu beberapa detik hingga semua lampu indikator pada router padam. Selanjutnya, matikan semua perangkat (seperti laptop, komputer, HP, atau tablet) yang terhubung ke jaringan WiFi.

Jika sudah, nyalakan kembali router kau dan tunggu beberapa saat sampai router selesai melakukan proses booting. Terakhir, nyalakan kembali semua perangkat dan lihat apakah perangkat kamu bisa mendeteksi jaringan WiFI MNC Play dan bisa digunakan untuk internetan.

Periksa Pengaturan

Jika cara cek gangguan MNC Play yang pertama masih gagal, coba kamu periksa pengaturan pada perangkat kamu. Sebab dalam beberapa kasus, terdapat pengaturan yang tidak tepat pada perangkat seperti laptop, smartphone, atau komputer. 

Oleh sebab itu, kamu harus cek pengaturan terkait koneksi internet pada perangkat yang kamu pakai. Misalnya pada smartphone, pastikan perangkat tidak dalam mode pesawat. Sedangkan pada laptop, pastikan versi driver ethernet yang digunakan sudah yang ter-update

Forget Wifi 

Cara lain untuk mengatasi gangguan pada WiFi MNC Play adalah dengan menghapus jaringan WiFi (forget WiFi) pada perangkat yang terhubung. Dengan menghapus jaringan WiFi yang tersimpan, maka memungkinkan perangkat untuk melakukan koneksi ulang dengan jaringan internet.

Dengan forget WiFi, kamu bisa mengatasi adanya misconfiguration yang mungkin jadi penyebab MNC Play gangguan. Setelah kamu menghapus jaringan WiFi dari perangkat, daftarkan kembali dengan memasukkan kata sandi yang benar, kemudian tunggu beberapa saat sampai perangkat kamu terkoneksi kembali.

Hubungi Tim Support MNC Play 

Jika setelah melakukan beberapa upaya di atas, tetapi WiFi MNC Play masih mengalami gangguan, cobalah hubungi tim support MNC Play sebagai langkah terakhir. Kamu bisa hubungi 1500121 pada jam kerja, yakni Senin hingga Jumat pada pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi tim support MNC Play melalui Twitter atau Instagram dengan mengirim DM mengenai  jenis gangguan yang kamu alami. Tim support MNC Play akan memberikan instruksi dan saran yang perlu kamu ikuti untuk menyelesaikan masalah internet kamu.

Baca Juga: Cara Ganti Password WiFi MNC Play: Panduan Praktis

Nah, demikianlah beberapa penyebab MNC Play gangguan, salah satunya adalah lupa membayar tagihan. Apakah kamu sering mengalaminya? Jika iya, yuk segera pakai Flip untuk bantu bayar tagihan WiFi dan TV Kabel biar lebih praktis.

Yuk, download Flip di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi