mural
homeforward
Serba-serbi Saldo Minimal BCA, Wajib Tahu!

Serba-serbi Saldo Minimal BCA, Wajib Tahu!

Bagi kamu yang punya rekening Bank Central Asia (BCA), cek kembali jumlah saldo dan kapan terakhir kali kamu bertransaksi. Soalnya, per 1 November 2023 nanti, BCA akan otomatis menutup rekening nasabah yang mempunyai nilai saldo Rp0 dan sudah non-aktif selama 12 bulan berturut-turut.

Kalau sampai ditutup permanen, rekening tersebut tidak bakal bisa dipakai lagi untuk transaksi apa pun. Jadi, supaya rekening BCA tidak tertutup otomatis, kamu harus aktif melakukan transaksi dan menyimpan saldo minimal BCA dalam rekening.

Saldo minimal tersebut akan mengendap di rekening BCA dan tidak bisa ditarik maupun digunakan untuk transaksi. Jumlahnya bergantung pada jenis rekening yang kamu miliki.

Baca Juga: Berapa Saldo Minimal BNI? Catat Jawabannya!

Apa Itu Saldo Mengendap?

saldo minimal.jpg

Photo credit: rawpixel (Freepik)

Saldo mengendap adalah saldo berjumlah tertentu yang harus ada dalam rekening nasabah. Ketentuan ini juga diterapkan oleh BCA pada rekening para nasabahnya.

Tujuan adanya saldo mengendap BCA adalah untuk digunakan sebagai overhead cost, yakni biaya operasional rutin di luar biaya tabungan. Contohnya seperti biaya sewa, biaya tenaga kerja, biaya administrasi, biaya peralatan kantor, dan biaya penyusutan aset.

Nominal saldo mengendap inilah yang kerap dikenal sebagai saldo minimal. Di BCA sendiri, jumlah saldo minimal dibedakan sesuai masing-masing jenis tabungan yang mereka tawarkan.

Daftar Saldo Minimal BCA Lengkap

saldo minimal bca

Photo credit: infobanknews

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA menyediakan banyak produk tabungan untuk memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat. Tiap jenis produk menetapkan nominal khusus untuk saldo minimal atau saldo mengendap BCA.

Saldo minimal BCA Xpresi

Jenis rekening BCA satu ini cocok untuk nasabah anak muda seperti kamu. Soalnya BCA Xpresi menyediakan kartu dengan 50 desain menarik serta biaya administrasi yang cenderung rendah. Saldo minimal BCA Xpresi juga tak kalah terjangkau, yakni hanya Rp10.000.

Sedangkan untuk akses layanan perbankan, nasabah BCA Xpresi bisa menggunakan ATM, internet banking, dan mobile banking untuk transfer uang, cek mutasi, bayar tagihan, dan berbagai transaksi lain.

Saldo minimal BCA Tahapan

Ini dia jenis rekening yang paling banyak dimiliki nasabah BCA. Saat membuat rekening BCA Tahapan, kamu bisa memilih untuk memilih Tahapan Silver/Blue, Tahapan Gold, atau Tahapan Platinum.

Tiap tipe memiliki limit berbeda untuk jumlah penarikan tunai harian, transfer antar-BCA, dan transfer antarbank. Tahapan Silver memiliki limit paling kecil, sedangkan limit paling besar menjadi keuntungan Tahapan Platinum.

Namun, baik nasabah Tahapan Silver, Tahapan Gold, dan Tahapan Platinum memiliki ketentuan saldo minimal BCA yang sama, yaitu Rp50.000.

Saldo minimal BCA Prioritas

Tidak semua orang bisa menjadi nasabah BCA Prioritas. Anggota program ini merupakan nasabah-nasabah terpilih yang mendapat undangan langsung dari BCA. 

Salah satu syaratnya adalah nasabah harus punya saldo mengendap BCA minimal Rp500 juta selama setahun. Saldo ini wajib disimpan di tabungan atau giro, investasi, deposito, maupun gabungan ketiganya.

Saldo minimal BCA Dollar

Bagi yang ingin menabung dalam mata uang Dolar, kamu bisa membuka rekening BCA Dollar. Ada dua jenis Dolar yang diterima, yaitu Dolar Singapura (SGD) dan Dolar Amerika (USD). 

Sama seperti jenis rekening BCA lainnya, BCA Dollar juga menyediakan kartu debit, akses SMS banking, internet banking, dan mobile banking kepada para nasabahnya. Sedangkan, saldo minimal BCA Dollar adalah SGD200 atau USD100.

Saldo minimal BCA TabunganKu

Demi menumbuhkan budaya menabung di kalangan masyarakat, sejumlah bank di Indonesia termasuk BCA mengeluarkan produk TabunganKu. Karena itu, syarat pendaftarannya pun cukup ringan. Nasabah juga tidak perlu keluar biaya untuk membuat kartu ATM-nya.

Bahkan, BCA TabunganKu tidak memiliki biaya administrasi bulanan. Namun, tetap ada saldo minimal yang berlaku, tapi jumlahnya pun relatif kecil, yaitu Rp20.000.

Mulai sekarang, pastikan selalu ada saldo minimal BCA yang mengendap di rekeningmu supaya tidak ditutup otomatis. Selain itu, kamu juga perlu aktif melakukan transaksi, misalnya dengan transfer antar-BCA maupun antarbank.

Baca Juga: Cara Transfer Flip Ke Berbagai Bank, Lebih Hemat!

Khusus transfer dari BCA ke bank lain, gunakan fitur Money Transfer di aplikasi Flip! Melalui fitur ini, kamu dapat lebih hemat biaya saat transfer ke lebih dari 100 bank di Indonesia. Apalagi, prosesnya juga cepat dan cuma butuh sekali klik. 

Buktikan sendiri manfaatnya dengan download Flip sekarang juga melalui App Store atau Google Play Store!

New Banner Transfer

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi