mural
homeforward
Efektif! Begini Cara Belajar untuk Tes TOEFL Biar Skor Tinggi

Efektif! Begini Cara Belajar untuk Tes TOEFL Biar Skor Tinggi

Kesempatan untuk belajar ke luar negeri saat ini terbuka lebar. Ada banyak program beasiswa yang bisa diikuti, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya. Namun demikian, ada sederet persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya, hasil tes TOEFL dengan nilai yang tinggi.

Lantas, gimana cara memenuhi persyaratan tersebut? Biar tidak penasaran, kamu bisa simak ulasan berikut! Namun sebelumnya, mari kenali terlebih dahulu apa itu TOEFL.

Baca juga: Mengenal IELTS Test dan Tips Sukses Mengikutinya

 

Mengenal Tes TOEFL

panduan tentang tes toefl.jpeg

Sumber : Cikal fou

TOEFL adalah kependekan dari Test of English as a Foreign Language. Jika diterjemahkan secara bebas, berarti ujian bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Sederhananya, tes TOEFL merupakan tes bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, cermati uraian berikut ini! 

Pengertian TOEFL

Seperti penjelasan di atas, TOEFL merupakan salah satu bentuk tes bahasa Inggris. Tes ini dilakukan dengan beberapa sesi materi, mulai dari mendengarkan (listening), memahami bacaan (reading comprehension), struktur kalimat (structure and written expression), serta kemampuan menulis (test of written English).

Jenis TOEFL

Setidaknya ada tiga jenis TOEFL yang umum diketahui. Ketiganya ialah TOEFL PBT, ITP, serta iBT. TOEFL PBT adalah tes yang dilakukan dengan media kertas (Paper Based Test). Umumnya soal berbentuk pilihan ganda, dengan nilai maksimal 677.

Sementara TOEFL ITP adalah tes yang digunakan untuk kebutuhan institusional (Institusional Testing Program), seperti seleksi perguruan tinggi dan pendaftaran beasiswa. Sistem tes ini juga dilakukan dengan media kertas, dan rentang nilainya pun sama dengan TOEFL PBT.

Kemudian, TOEFL iBT atau Internet Based Test adalah jenis TOEFL paling berbeda dari dua sebelumnya. Tes ini dilaksanakan secara online, dengan skor paling tinggi adalah 120.

Kegunaan Tes TOEFL

TOEFL memiliki beragam kegunaan, bisa untuk mendaftar beasiswa serta seleksi masuk perguruan tinggi di luar negeri. Selain itu, TOEFL juga bisa digunakan untuk melengkapi berkas saat melamar pekerjaan dan sebagainya. Intinya, tes ini berguna untuk menilai sejauh mana kemampuan bahasa Inggris seseorang 

Biaya Tes TOEFL

Biaya untuk mengikuti ujian TOEFL juga beragam. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Jenis TOEFL yang dipilih, serta penyelenggaranya, kerap kali menjadi faktor utama yang membuat biaya TOEFL berbeda antara satu dengan yang lainnya.

TOEFL PBT biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp1,7 juta, sedangkan TOEFL PBT cenderung lebih murah, yaitu sekitar Rp500 ribu. Sementara itu, biaya TOEFL iBT merupakan yang paling mahal, yaitu sekitar Rp2,5 juta.

 

Cara Belajar Tes TOEFL untuk Pemula

panduan tentang tes toefl 1.jpeg

Sumber : Edvoy

Setelah paham betul tentang TOEFL, kini saatnya belajar untuk mendapat skor tinggi ketika mengikuti tesnya. Untuk pemula, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya!

1. Tingkatkan Vocabulary

Meningkatkan vocabulary atau memperkaya hafalan kosakata bahasa Inggris bisa menjadi langkah awal untuk sukses mengikuti tes TOEFL. Hal ini bisa kamu lakukan dengan banyak membaca konten berbahasa Inggris, kemudian menerjemahkannya.

2. Pahami Grammar 

Dalam ujian TOEFL, akan ada banyak soal yang berkaitan dengan grammar atau tata bahasa, seperti struktur kalimat, tenses, dan sebagainya. Jadi, agar sukses dalam menjawab soal TOEFL, penting untuk kamu memahami tentang grammar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memahami dan mengingat-ingat dasar tenses bahasa Inggris.

3. Nonton Film dan Dengarkan Musik

Walau kesannya tidak seperti kegiatan belajar, nyatanya nonton film dan mendengarkan musik berbahasa Inggris bisa menjadi sarana efektif untuk meningkatkan nilai tes TOEFL. Hal ini karena ketika melakukan kegiatan tersebut, secara tidak langsung kita telah melatih kemampuan berbahasa Inggris, khususnya dalam sesi listening.

4. Latihan Soal

Saat akan menghadapi tes apa pun, termasuk TOEFL, latihan soal menjadi cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan kita saat menjawab soal yang sesungguhnya. Jadi, perbanyak latihan soal agar kamu semakin percaya diri, sehingga bisa mengerjakan soal ujian dengan maksimal.

5. Cari Teman untuk Belajar Bersama

Last, but not least, carilah teman yang bisa mendukung kamu untuk semakin giat belajar. Selain dapat menambah semangat, teman belajar juga dapat membantu kamu untuk praktik berbahasa Inggris secara langsung.

Misalnya, kamu butuh teman mengobrol dengan bahasa Inggris, maka kamu bisa mengajak teman tersebut untuk bercakap-cakap. Hal seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris.

Demikian penjelasan tentang tes TOEFL beserta cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapat skor tinggi saat mengikutinya. Buat kamu yang ingin studi lanjut ke luar negeri, tak perlu ragu untuk menerapkannya. Jika dilakukan sungguh-sungguh, pasti hasilnya tak akan mengecewakan.

 

Baca juga: 6 Syarat Kuliah di Luar Negeri, Sudah Lengkap Semua?

Sementara itu, kalau kamu belum bisa mewujudkan impian ke luar negeri, tetapi ingin kirim uang ke sana secara gampang, Flip adalah solusinya. Pakai Flip, kamu bisa transfer uang ke berbagai bank di luar negeri lewat satu fitur, Flip Globe. Biayanya pun cukup terjangkau, jadi nggak akan bikin kamu tekor.

Nah, biar bisa mencoba secara langsung, segera unduh aplikasi Flip secara gratis. Bisa via Play Store untuk kamu pengguna ponsel android, atau via App Store untuk kamu pengguna ponsel iPhone. Pakai Flip, transaksi keuangan pasti semakin hemat.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi