mural
homeforward
Mengenal IELTS Test dan Tips Sukses Mengikutinya

Mengenal IELTS Test dan Tips Sukses Mengikutinya

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Itu artinya, bahasa tersebut bisa digunakan secara resmi di seluruh dunia. Inilah yang memicu pentingnya untuk menguasai IELTS test. Berdasar informasi dataindonesia.id, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak dipakai di dunia.

Setidaknya ada 1,45 miliar manusia yang berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Jadi sederhananya, IELTS adalah semacam tes level dunia guna mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang. Untuk informasi lebih lanjut terkait hal ini, kamu bisa simak ulasan berikut.

Baca juga: Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

 

Apa Itu IELTS?

ielts test untuk pemula.jpeg

Sumber : Envato

Dilansir dari laman ielts.orgInternational English Language Testing System (IELTS) merupakan sistem yang dirancang untuk membantu seseorang agar bisa belajar, bekerja, maupun menetap di negara-negara berbahasa Inggris.

Sistem ini kemudian diwujudkan dalam ujian kemampuan berbahasa Inggris, meliputi reading, writing, speaking, juga listening. Selanjutnya peserta akan mendapat skor tertentu yang menunjukkan tingkatan kemampuan bahasa Inggrisnya. Berikut rinciannya!

  • Skor 0: tidak mencoba tes.
  • Skor 1: bukan pengguna.
  • Skor 2: pengguna intermiten (tidak tetap).
  • Skor 3: pengguna sangat terbatas.
  • Skor 4: pengguna terbatas.
  • Skor 5: pengguna sederhana.
  • Skor 6: pengguna kompeten.
  • Skor 7: pengguna baik.
  • Skor 8: pengguna sangat baik.
  • Skor 9: pengguna ahli.

 

Kegunaan Tes IELTS

Secara umum, IELTS test memiliki banyak sekali kegunaan. Jika seseorang meraih skor yang tinggi dalam tes IELTS, maka kemampuan bahasa Inggrisnya telah diakui dunia. Dalam praktiknya, kegunaan tes IELTS bagi orang Indonesia lebih banyak dipakai untuk memenuhi syarat belajar maupun bekerja di luar negeri.

IELTS untuk Beasiswa

IELTS untuk beasiswa diperlukan kalau kamu ingin mendaftar beasiswa pendidikan di luar negeri. Misalnya, kamu ingin kuliah di Amerika Serikat, maka IELTS menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi.

IELTS test ini masuk dalam kategori IELTS Academic, sehingga tes yang dilakukan bersifat akademis. Maksudnya, materi yang diujikan akan berhubungan dengan dunia pendidikan. Setiap negara tentunya memiliki syarat skor tertentu untuk bisa lolos seleksi beasiswa yang digelar.

IELTS untuk WHV

Berbeda dengan IELTS untuk beasiswa yang dipakai sebagai syarat mendapat visa belajar di suatu negara, IELTS untuk WHV (Working Holiday Visa) digunakan untuk mendapat visa bekerja dan liburan.

IELTS ini masuk dalam kategori General Training. Artinya, ujian yang dilakukan untuk IELTS test, bersifat umum. Materinya akan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari dan dunia kerja. Skor minimal yang dibutuhkan untuk lolos ujian ini juga berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

 

Format Pelaksanaan IELTS Test

Seperti yang sudah disinggung di awal, format pelaksanaan tes IELTS dilakukan dengan beberapa sesi. Mulai dari membaca (reading section) , menulis (writing section), mendengarkan (listening section), dan berbicara dengan bahasa Inggris (speaking section).

Untuk reading section, tes berlangsung selama 60 menit. Peserta harus memahami bacaan, lalu menjawab pertanyaan. Untuk writing section, peserta diminta membuat esai dengan tema tertentu selama 60 menit.

Sementara itu, listening section dilakukan dengan mendengarkan rekaman percakapan, kemudian menjawab sejumlah pertanyaan berdasar percakapan itu. Waktunya kurang lebih 30 menit. Selanjutnya speaking section, dilakukan selama kurang lebih 15 menit dengan menjawab pertanyaan yang diberikan secara langsung oleh penutur asli bahasa Inggris.

 

Biaya Tes IELTS

Selain butuh persiapan materi, IELTS test juga memerlukan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar Rp3,25 juta. Biaya tes IELTS tersebut dapat digunakan untuk ujian secara paper-based test maupun computer-based test.

Penyelenggaranya pun tak boleh sembarangan, hanya lembaga-lembaga tertentu saja yang telah ditunjuk secara resmi—seperti ETS dari Amerika Serikat—yang bisa menggelar tes IELTS yang diakui.

 

Cara Belajar IELTS untuk Pemula

ielts test untuk pemula 1.jpeg

Sumber : Envato

Mengingat pentingnya IELTS test ini, maka diperlukan persiapan yang matang untuk menghadapinya. Berikut lima cara belajar IELTS untuk pemula.

1. Rajin Latihan Soal 

Semakin banyak latihan soal akan membuat kamu kian percaya diri mengikuti tes IELTS. Hal itu karena dengan banyak latihan, kamu akan lebih menguasai materi yang akan diujikan.

2. Pelajari Grammar

IELTS punya sesi writing yang diujikan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu turut mempelajari soal grammar.  Hal ini akan membantumu menghadapi ujian penulisan esai, yang tentunya perlu grammar baik.

3. Tingkatkan Kemampuan Speaking

Untuk meningkatkan kemampuan speaking, kamu bisa coba berlatih bicara di depan cermin ataupun langsung bercakap-cakap bersama teman dengan bahasa Inggris. Jangan lupa untuk meminta mereka memberikan penilaian terhadap kemampuanmu.

4. Banyak Nonton Video Bahasa Inggris

Saat menonton video bahasa Inggris, seperti film maupun yang lainnya, kita akan mendapat banyak ilmu yang bermanfaat untuk persiapan IELTS test. Maka, jangan ragu untuk menonton dan mencermati cara berkomunikasi yang dilakukan.

5. Siapkan Strategi Jitu

Materi ujian IELTS sangat banyak, tetapi waktunya terbatas. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan strategi yang jitu. Misalnya, dengan membaca petunjuk pelaksanaan ujian  secara detail agar tak salah paham, mengerjakan soal paling mudah dulu, dan sebagainya.

Lewat cara-cara di atas, jika dilaksanakan secara konsisten, kamu pasti bisa mengikuti IELTS test dan mendapat skor yang lumayan.  Selanjutnya, jika sudah lolos IELTS, kamu pun bisa segera ke luar negeri untuk studi, bekerja, ataupun liburan.

 

Baca juga: Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

Sebelum ke luar negeri, jika saat ini kamu perlu melakukan transaksi keuangan lintas negara, tak perlu bingung memilih aplikasi terbaik. Ada Flip yang siap membantu kamu kirim uang ke luar negeri secara mudah dan murah. Kamu bisa memanfaatkan fitur Flip Globe yang kini sudah bisa menjangkau semakin banyak negara.

Ayo segera unduh aplikasi Flip untuk smartphone-mu. Bisa melalui Play Store bagi pengguna android, serta melalui App Store bagi pengguna iPhone. Semuanya gratis. Pakai Flip untuk transaksi keuangan, dijamin lebih hemat dan untung berlipat!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi