mural
homeforward
Nggak Usah Jauh-jauh, Kuliah di 7 Universitas Terbaik di Malaysia, Yuk!

Nggak Usah Jauh-jauh, Kuliah di 7 Universitas Terbaik di Malaysia, Yuk!

Berminat untuk kuliah di luar negeri, khususnya di negara-negara yang dekat kawasan Indonesia? Bisa banget! Selain Singapura dan Australia, Malaysia juga bisa masuk dalam destinasi studi pilihanmu. Boleh dibilang, kualitas pendidikan Malaysia terus meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa universitas terbaik Malaysia terus mengalami kenaikan peringkat dalam daftar QS World University. 

Dengan biaya kuliah sekitar sepertiga biaya kuliah di Eropa, biaya hidup yang cukup terjangkau, serta menawarkan banyak kesempatan beasiswa, Malaysia sukses jadi magnet bagi pelajar internasional dari berbagai dunia. Tertarik berkuliah di negeri jiran? Berikut daftar universitas terbaik di Malaysia saat ini. 

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Coba Daftar ke 6 Universitas Terbaik di Asia Ini

 

1. University of Malaya 

Universitas negeri terbaik di Malaysia adalah University of Malaya atau UM. Berlokasi di Kuala Lumpur, inilah perguruan tinggi tertua Malaysia yang berhasil masuk jajaran top 100 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Rankings. UM mempunyai 13 fakultas, dua akademi, lima institut, dan enam pusat studi. Beberapa program studi unggulan UM yang telah memperoleh pengakuan internasional antara lain teknik, teknologi, ilmu komputer, dan sekolah bisnis. Jadi, jika kamu mengincar beasiswa di top 100 university, bisa ke UM lho. 

 

2. Universiti Tunku Abdul Rahman 

Universiti Tunku Abdul Rahman atau UTAR adalah universitas swasta non-profit yang masuk dalam jajaran kampus terbaik di Malaysia. Meski usianya terbilang muda, UTAR jadi favorit pelajar internasional yang ingin berkuliah di Malaysia. UTAR berdiri tahun 2002 dengan hanya 411 mahasiswa, tetapi kini sudah meluluskan 58.000 alumni. Dua kampus UTAR berlokasi di Kampar, Perak, dan Sungai Long, Selangor. UTAR menaungi sembilan fakultas, tiga institusi akademik, tiga pusat studi, 32 pusat penelitian, dan kemitraan akademik yang tersebar luas di berbagai negara. Beberapa program studi andalan UTAR antara lain, komunikasi massa, ilmu sosial, pendidikan dan pengajaran, seni kreatif dan desain, serta IT dan ilmu komputer.   

 

3. Universiti Kebangsaan Malaysia 

Berlokasi di Bandar Baru Bangi, Selangor, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) berdiri pada tahun 1970. Salah satu universitas terbaik Malaysia ini masuk dalam jajaran Top 150 QS World University Rankings 2023. Sebagai universitas riset, UKM menarik para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya di sini untuk mengembangkan penelitian dan publikasi. UKM jadi tujuan bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di bidang akuntansi dan finansial, ilmu sains murni dan terapan, arsitektur, teknik, kesehatan dan kedokteran, bahasa Inggris, serta ilmu sosial dan humaniora. 

 

4. Universiti Putra Malaysia 

Universitas terbaik di Malaysia berikutnya adalah Universiti Putra Malaysia (UPM). Berdiri pada 1971, UPM lebih dahulu dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia yang berfokus pada bidang pertanian. Sejak 1990-an, UPM menyelenggarakan program studi lain dan kini menaungi 15 fakultas, 11 institut, dan dua sekolah. Menempati kampus di daerah Serdang, Selangor, UPM masuk dalam daftar lima kampus terbaik di Malaysia dalam bidang riset. Selain jurusan pertanian, UPM juga menarik minat calon mahasiswa yang ingin berkuliah di jurusan kehutanan, kedokteran hewan, teknik, sains, pendidikan, dan ekonomi. 

 

5. Universiti Malaysia Perlis 

Universiti Malaysia Perlis masuk dalam daftar universitas terbaik di Malaysia yang bisa jadi destinasi studi kamu. UNIMAP, demikian sebutannya, menawarkan 25 program sarjana bidang engineering, 13 program sarjana untuk gelar insinyur teknologi, serta dua program sarjana bidang bisnis. Ada pula enam diploma teknik dan 39 program pascasarjana jenjang magister dan doktoral. Berlokasi di Arau, Perlis, UNIMAP lahir tahun 2001 dan pendaftaran pertama hanya diisi 116 mahasiswa saja. Jika kamu tertarik mendalami ilmu teknik, UNIMAP tujuan tepat dengan lima jurusan unggulan: kelistrikan, kimia, elektro, mekanik, dan sipil.   

 

6. Universiti Sains Malaysia 

Universiti Sains Malaysia (USM) adalah salah satu universitas negeri terbaik di Malaysia, sekaligus perguruan tinggi tertua di wilayah Malaysia Utara. Berdiri pada 1969, kampus utama USM ada di Penang, kampus teknik di Nibong Tebal, dan kampus kesehatan di Kelantan. Saat ini USM memiliki 26 fakultas/sekolah, 14 centers of excellence, dan 5 institut. Berfokus pada riset dan inovasi, USM menjadi universitas penelitian insentif utama di Malaysia yang diminati pelajar internasional. Beberapa program studi populer USM adalah teknik, ilmu komputer dan IT, bahasa Inggris, sains murni dan terapan, serta ilmu sosial dan humaniora. 

 

7. Universiti Teknologi Malaysia 

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) masuk dalam deretan kampus terbaik di Malaysia untuk destinasi studi kamu. Berdiri tahun 1972, UTM menempati kampus utamanya di Skudai, Johor Bahru. UTM membawahi 13 fakultas berikut 17 asrama tempat tinggal para mahasiswanya. Sesuai namanya, UTM dikenal sebagai penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam bidang sains, teknologi, dan teknik. Di sini kamu bakal menjumpai program studi yang boleh jadi jarang ada di kampus lain, seperti Quantity Surveying, Arsitektur Lanskap, Matematika Industri, Kimia-Bioproses, Kimia-Gas, Manajemen Real Estate, dan Teknik Mekanik-Aeronautical. 

Dari daftar universitas terbaik di Malaysia di atas, kamu bisa memperoleh gambaran umum kualitas pendidikan tinggi di negeri jiran. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Eropa atau AS, cukup kuliah di Malaysia saja. 

 

Baca juga: 6 Syarat Kuliah di Luar Negeri, Sudah Lengkap Semua?

Nah, untuk mempermudah urusan transfer dana pembayaran kuliah atau biaya hidup, kamu bisa pakai Flip Globe. Lebih hemat, aman, dan tanpa biaya tersembunyi apa pun. Coba deh kirim uang ke luar negeri dengan Flip Globe sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi