mural
homeforward
4 Money Changer Jogja Terbaik, Aman, dan Tepercaya

4 Money Changer Jogja Terbaik, Aman, dan Tepercaya

Jika ingin menemukan jasa money changer Jogja yang aman, Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Salah satu penyebabnya adalah karena Jogja telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit turis asing yang datang ke Indonesia, berkat pesona kotanya yang ditawarkan.

Tren positif meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Jogja dimulai sejak diresmikannya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) 2022 silam. Kedatangan turis asing yang terus meningkat di tahun 2023, membuat jasa money changer Jogja pun ikut tumbuh subur. Hal tersebut tentu berguna untuk wisatawan yang ingin menukarkan mata uang saat berada di Kota Pelajar ini.

Baca Juga: 4 Money changer Jakarta Terbaik, Aman, dan Tepercaya

Alasan Wisatawan Asing Mengunjungi Jogja

tempat penukaran uang di jogja

Sumber: Freepik

Kepala BPS Yogyakarta, Sugeng Arianto menjelaskan bahwa kunjungan turis asing yang datang ke DI Yogyakarta awal tahun 2023 naik 24,88% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kunjungan tersebut didominasi oleh turis asal Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat.

Lalu, apa yang membuat Yogyakarta menjadi tujuan wisata turis asing?

3 Alasan Banyaknya Kunjungan Wisatawan Asing ke Yogyakarta

1. Kerajinan batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO. Yogyakarta adalah pusat penghasil batik terbesar ke-tiga di Indonesia. Di kota ini juga menyediakan berbagai pusat belajar membatik bagi turis yang ingin mencoba membuat batik dengan cara tradisional.

2. Candi Borobudur

Landmark yang satu ini tentu tak asing lagi bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini masih menjadi magnet kuat bagi para turis asing yang ingin menyaksikan sisa-sisa kemegahan sejarah Indonesia. 

3. Yogya Kota Pelajar

Yogyakarta berjuluk Kota Pelajar memiliki 4 universitas negeri dan 16 universitas swasta. Keberadaan institusi pendidikan ini pun menarik banyak warga asing yang datang, baik untuk student exchange atau melakukan studi di kota ini. Mayoritas warga asing yang menimba ilmu di Yogyakarta adalah warga negara Malaysia dan Australia.

Money changer Jogja yang Aman dan Tepercaya

Transfer lebih murah ke luar negeri

Menurut data BPS, sekitar 77,63% wisatawan asing yang datang ke Yogyakarta berasal dari ASEAN, dan terbanyak adalah dari Malaysia. Banyak juga wisatawan dari negara lain seperti Perancis, Belanda, Australia, dan Tiongkok.

Melihat tren positif kunjungan turis asing ini, jasa money changer Jogja pun semakin menjamur. Namun, Anda harus pintar memilih karena tidak semua memiliki izin atau terotorisasi oleh Bank Indonesia.

Berikut adalah rekomendasi money changer Jogja terbaik dengan layanan tepercaya.

1. PT Barumun Abadi Raya

PT Barumun Abadi Raya adalah jasa money changerterotorisasi yang telah berdiri sejak 1991. Perusahaan ini menyediakan penukaran 10 mata uang asing berbeda. Selain itu, Anda juga bisa melihat secara real-time kurs jual dan beli masing-masing mata uang di situs resmi mereka. Tak hanya menyediakan penukaran mata uang, PT Barumun Abadi Raya juga menyediakan layanan transfer uang.

Alamat kantor pusat: Jl. Mataram No.100

Alamat kantor cabang: Jl. Sukonandi No.11.

2. Intravalas Authorized Money Changer

Sebelum dikenal dengan nama Intravalas per tahun 2003, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1983 ini bernama Intrabilex. Money changer Jogja ini melayani penukaran 22 mata uang asing berbeda. Anda juga bisa langsung memonitor kurs jual-beli di situs resmi perusahaan.

Alamat kantor pusat: Jl. Gedong Kuning Selatan KD IX/4

Alamat kantor cabang: Jl. Senopati No.2 Nol Kilometer Yogyakarta.

3. Mulia Money Changer

Mulia Money changermelayani penukaran 24 mata uang asing berbeda. Perusahaan ini menawarkan kurs dengan rate terkini, dan informasi nilai jual-beli yang ter-update di situs resmi perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan transfer uang yang ditawarkan dengan harga kompetitif.

Alamat kantor pusat: Jl. Margo Utomo no 53 Yogyakarta, 

Alamat kantor cabang: Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta (Lower Ground Ambarrukmo Plaza), dan Jl. Malioboro no 52 (Lower Ground Plaza Malioboro Mall).

4. PT Risansa Money Changer

Risansa Money changermelayani penukaran mata uang asing dengan 17 mata uang berbeda. Anda bisa membandingkan kurs jual dan beli secara up-to-date dari situs resmi perusahaan. Perusahaan ini menawarkan layanan transfer bank dan jasa antar-jemput untuk penukaran valas di sekitar Yogyakarta.

Alamat: Jl. DI Panjaitan No. 43.

Baca Juga: Remittance Indonesia Memudahkan Transfer Uang ke Luar Negeri

Syarat Menukarkan Uang di Money Changer

Cara tukar uang di money changersebenarnya mudah dan tidak ribet. Hal paling penting adalah mengetahui apa syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya transaksi Anda tidak ditolak.

Berikut ini adalah syarat mudah menukarkan uang di money changer Jogja:

1. Menyiapkan kartu identitas. 

Syarat ini adalah yang paling penting dan wajib dipenuhi. Anda bisa melampirkan KTP, SIM, atau paspor yang biasa digunakan oleh wisatawan asing.

2. Uang harus asli. 

Syarat utama kedua adalah Anda harus membawa uang asli untuk ditukarkan. Masing-masing money changerbiasanya memiliki alat untuk mendeteksi apakah uang Anda asli atau palsu.

3. Uang dalam keadaan baik. 

Anda harus memastikan uang yang akan ditukarkan dalam keadaan baik alias tidak lecek, lusuh, atau sobek.

4. Uang bebas selotip atau perekat. 

Syarat selanjutnya, Anda harus memastikan uang tidak digabung dengan selotip atau perekat. Uang juga harus bebas dari staples.

Setelah semua syarat terpenuhi, Anda bisa mengisi form yang disediakan dan melakukan transaksi di teller. Anda bisa memilih jasa money changer yang juga menyediakan layanan transfer uang ke luar negeri jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Untuk transfer atau kirim uang ke luar negeri yang mudah dan aman, Anda bisa percayakan pada Flip Globe. Salah satu fitur di aplikasi Flip ini memang bisa diandalkan untuk pengiriman uang ke luar negeri. Karena selain bisa transfer ke lebih dari 55 negara, Flip juga sudah berlisensi Bank Indonesia. So, tunggu apalagi, download aplikasi Flip sekarang!.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi