mural
homeforward
Mengenal IBAN, Solusi Praktis untuk Transfer ke Eropa

Mengenal IBAN, Solusi Praktis untuk Transfer ke Eropa

Banyak istilah yang digunakan dalam transaksi keuangan internasional, salah satunya adalah IBAN. Jika Anda pernah transfer ke negara Eropa, istilah ini kerap disebutkan oleh beberapa perbankan. Namun, tidak semua perbankan menyediakan layanan transfer dengan sistem ini. Lalu, apa kepanjangan IBAN dan keunggulan yang ditawarkan? Kemudian, bagaimana cara transfer ke luar negeri dengan mudah dan cepat? Cek pembahasan selengkapnya di artikel berikut ini. 

Baca juga: 6 Syarat Kuliah di Luar Negeri, Sudah Lengkap Semua?

 

Pengertian IBAN 

IBAN adalah kependekan dari International Bank Account Number. Fungsi kode rekening ini untuk mengidentifikasi akun individu yang melakukan transaksi keuangan lintas negara. Biasanya, kode tersebut dipakai saat transaksi ke negara-negara di kawasan Eropa. Kode rekening bank ini terdiri dari 22-30 rangkaian huruf dan angka. Negara tujuan diwakili oleh dua huruf pertama. Kemudian, diikuti kode khusus, bank, dan kantor cabang. Pada baris terakhir kode menunjukkan nomor rekening penerima. Supaya lebih jelas, berikut ini rincian karakter kode rekening bank internasional. 

1. Country code. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kode ini menunjukkan negara asal yang terdiri dari dua karakter. 

2. Check digits. 

Angka ini terdiri dari dua digit untuk memvalidasi kode rekening bank internasional sebelum transfer dilanjutkan ke rekening tujuan. Detailnya akan dikirimkan ke penerima supaya bisa dicek validitasnya. Kode bank. Angka berikut adalah kode untuk mengetahui institusi dari rekening bank penerima. 

3. Branch code. 

Fungsi branch code adalah mengidentifikasi kantor cabang yang mengeluarkan rekening bank penerima. 

4. Account number. 

Nomor akun merupakan rekening penerima yang terletak di bagian akhir kode bank internasional. Sebagai contoh, Anda ingin mengirim uang ke Deutsche Bank Tiergarten dengan kode bank 951051. Sementara itu, nomor rekening tujuan, misalnya 98734231. Maka kode rekening bank internasionalnya adalah DE 836526 951051 98734231.      

 

Negara-Negara yang Menggunakan IBAN 

Proses transfer dengan kode rekening internasional akan lebih mudah jika Anda memiliki bank di negara single euro payment area (SEPA). Dalam istilah Spanyol, SEPA juga disebut unique zone of payments. SEPA merupakan inisiatif perbankan di kawasan Eropa yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, komisi Eropa, dan bank sentral. 

Dengan adanya SEPA, perorangan, entitas, maupun perusahaan, bisa melakukan pembayaran dan menerima transfer dana dari berbagai negara. Namun demikian, tidak semua negara menjadi dari SEPA. Saat ini, sekitar 27 negara Uni Eropa saja yang tergabung dalam SEPA. Berikut ini daftar negara SEPA di Eropa. 

1. Swiss 

2. Monako 

3. Norwegia 

4. Islandia atau Liechtenstein 

5. Austria 

6. Andorra 

7. Belgia 

8. Bulgaria 

9. Kroasia 

10. Siprus 

11. Republik Ceko 

12. Denmark 

13. Estonia 

14. Finlandia 

15. Prancis 

16. Jerman 

17. Gibraltar 

18. Yunani 

19. Hongaria 

20. Islandia 

21. Irlandia 

22. Italia 

23. Latvia 

24. Liechtenstein 

25. Lituania 

26. Luksemburg 

27. Malta 

28. Belanda 

29. Polandia 

30. Portugal 

31. Rumania 

32. San Marino 

33. Slovakia 

34. Slovenia 

35. Spanyol 

36. Swedia 

37. Swiss 

38. Inggris 

 

Keunggulan IBAN 

Sebagai kode rekening internasional yang mendukung layanan transaksi finansial ke Eropa, IBAN memiliki beberapa keunggulan berikut ini. 

1. Memaksimalkan Pembayaran 

Transfer dengan kode rekening bank internasional ini dapat mengurangi kesalahan dalam pembayaran dan pembengkakan biaya transaksi. Selain itu, penggunaan kode tersebut mampu menghindarkan Anda dari kesalahan pengetikan dan memastikan validasi data penerima. 

2. Waktu Lebih Hemat 

Kode rekening bank internasional membantu Anda memvalidasi pembayaran dan pengambilan uang di bank. Karena itu, proses transaksinya bisa lebih singkat. 

3. Otomatisasi Data Diri 

Pengisian detail dilakukan secara otomatis saat Anda melakukan transaksi. Beberapa data yang muncul otomatis, antara lain kode BIC, nama bank tujuan, dan data-data pendukungnya. 

4. Menyederhanakan Sistem 

Kode rekening bank internasional menyederhanakan sistem dengan mengintegrasikan seluruh proses transaksi. Dengan demikian, Anda hanya butuh sedikit waktu dan usaha untuk bisa melakukan transfer ke luar negeri. 

5. Aman dan Tepercaya 

Pengelolaan kode rekening bank internasional menggunakan server data berkualitas tinggi. Karena itu, pihak bank menjamin keamanan data dan kenyamanan saat Anda bertransaksi.   

 

Cara Transfer Menggunakan IBAN 

Transaksi dengan kode rekening bank internasional dapat dilakukan di beberapa perbankan di Indonesia, seperti BRI, BCA, Mandiri, dan BNI. Untuk bertransaksi, Anda hanya perlu mengunjungi bank tersebut dan memberikan nomor rekening yang dituju. Jika tidak ingin ribet ke bank, Anda bisa menggunakan Flip Globe. Layanan ini merupakan bagian dari aplikasi Flip yang dapat membantu pengguna mentransfer dana ke negara-negara di dunia. 

Ada sekitar 55 negara yang dijangkau oleh Flip Globe, termasuk kawasan Eropa. Kelebihan menggunakan Flip Globe, yakni tidak perlu menukar rupiah ke mata uang asing. Selain itu, prosesnya dapat dilakukan dari rumah dengan smartphone yang terkoneksi internet. 

 

Baca juga: Anak Berniat Kuliah di Luar Negeri? Lakukan 5 Persiapan Ini dari Sekarang!

Itulah ulasan singkat tentang IBAN, negara-negara SEPA, keunggulan, serta cara transfer menggunakan kode ini. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk berbisnis dan bertransaksi ke luar negeri, terutama negara-negara di Eropa. Jika ingin transfer antarbank gratis tanpa biaya admin, pakai Flip! Transfer beda bank hingga kirim uang ke luar negeri, semua bisa dilakukan secara praktis lewat Flip.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi