mural
homeforward
Mengenal eBay, Platform Jual Beli Barang Baru Maupun Bekas di Lingkup Internasional

Mengenal eBay, Platform Jual Beli Barang Baru Maupun Bekas di Lingkup Internasional

Kalau di Indonesia ada OLX yang populer sebagai tempat jual beli barang baru maupun bekas, di kancah internasional ada eBay. Meski merupakan platform jual beli internasional, tak perlu khawatir dengan language barrier karena kamu bisa mengakses eBay Indonesia yang merupakan website berbahasa Indonesia.

Platform jual beli ini adalah salah satu marketplace online terbesar di dunia yang telah beroperasi sejak tahun 1995. Barang-barang yang dijual di eBay umumnya ditawarkan dengan harga yang kompetitif. Dengan jangkauan internasional yang luas, eBay pun menjadi tempat yang ideal bagi para pembeli dan penjual dari seluruh dunia untuk melakukan transaksi. 

Mau tahu lebih lengkap tentang eBay, fitur dan keunggulan yang ditawarkan, serta tips bertransaksi di eBay? Simak uraian berikut ini!

Jenis Barang Yang Dijual di eBay

eBay Indonesia adalah platform jual beli yang menawarkan berbagai jenis barang, baik baru maupun bekas, dengan berbagai kategori. Beberapa jenis barang yang dapat ditemukan di eBay antara lain:

  1. Pakaian dan aksesori fashion
  2. Elektronik, seperti smartphone, laptop, dan kamera
  3. Perhiasan dan barang antik
  4. Mainan dan koleksi, seperti kartu olahraga dan mainan vintage
  5. Mobil dan motor bekas
  6. Alat musik dan peralatan studio
  7. Perlengkapan olahraga dan aktivitas luar ruangan
  8. Peralatan rumah tangga, seperti mesin cuci dan pengering, serta perlengkapan dapur dan makanan

Namun, daftar barang yang dijual di eBay tidak terbatas pada kategori-kategori di atas saja. Ada ribuan produk lainnya yang dapat ditemukan di eBay Indonesia, dan pengguna dapat dengan mudah mencari barang yang mereka inginkan menggunakan fitur pencarian yang tersedia.

Fitur dan Keunggulan eBay

Sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di dunia, eBay menyediakan berbagai macam barang untuk dijual dan dibeli secara online. Beberapa fitur dan keunggulan eBay yang bisa kamu manfaatkan antara lain:

  1. Proses pendaftaran yang fleksibel. Siapa pun bisa berdagang di eBay kapan pun dan di mana pun.
  2. Ada situs khusus seperti eBay Pulse yang memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak dicari dan dilihat.
  3. Menyediakan berbagai macam barang koleksi dan barang lainnya yang sulit ditemukan di tempat lain.

Dengan keunggulan tersebut, eBay bisa menjadi peluang bisnis menggiurkan bagi para reseller. Kamu bisa belanja produk berkualitas di eBay dan menjualnya kembali di tanah air untuk menghasilkan cuan!

 

          Baca Juga : 4 Cara Menjual Barang Ke Luar Negeri Secara Online, Potensi Cuan Lebih Gede!

Prosedur Jual Beli di eBay

Tertarik mencari barang di eBay Indonesia untuk dipakai sendiri ataupun dijual kembali? Ikuti prosedur jual beli di eBay berikut:

1. Pendaftaran

Untuk memulai transaksi di eBay, pengguna harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Kunjungi laman https://pages.id.ebay.com/ untuk melakukan registrasi dengan di website eBay Indonesia.

2. Pencarian produk

Setelah berhasil masuk ke dalam akun, pengguna dapat mencari produk yang diinginkan menggunakan fitur pencarian di halaman utama eBay.

3. Membuat penawaran

Inilah yang membedakan eBay dengan marketplace lainnya. Setelah menemukan produk yang diinginkan, kamu bisa membuat penawaran dengan mengetikkan jumlah harga yang bersedia dibayarkan. 

Manfaatkan fitur Best Offer untuk menawar harga dengan penjual. Penawaran ini akan bersaing dengan tawaran dari pengguna lain, dan penjual akan memilih penawar tertinggi.

4. Konfirmasi pembayaran

Setelah penawaran terpilih, segeralah bayar barang tersebut melalui sistem pembayaran yang tersedia di eBay Indonesia. Penjual akan mengirimkan barang setelah pembayaran telah dikonfirmasi.

5. Menerima barang

Setelah barang diterima, pastikan bahwa barang yang diterima sesuai dengan deskripsi dan kondisi yang dijanjikan. Jika ada masalah, kamu bisa menghubungi penjual dan meminta penyelesaian yang tepat.

 

          Baca Juga : Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Tips dan Trik Cara Belanja di eBay

eBay Indonesia adalah platform jual beli tepercaya, tetapi perlu diingat bahwa berbelanja online juga memiliki risiko. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu berhati-hati dan teliti sebelum melakukan transaksi.

Agar jangan sampai kamu mendapati penjual yang tidak jujur dan barang palsu, ikuti beberapa tips cara belanja di eBay berikut ini:

1. Periksa reputasi penjual

Sebelum membeli barang, baca ulasan dan penilaian dari pengguna lain. Ini akan membantu menghindari penjual yang tidak jujur atau menipu. Pilihlah penjual yang berpengalaman dan memiliki feedback baik.

2. Baca deskripsi dengan seksama

Pastikan untuk membaca deskripsi barang dan spesifikasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Pantau harga

Jangan ragu untuk membandingkan dengan harga di toko online lainnya. Jangan terburu-buru untuk membuat penawaran dengan harga yang terlalu mahal. Kamu juga bisa menggunakan fitur Watch List untuk menyimpan barang-barang yang Anda minati dan membandingkan harga. 

Bicara soal harga, kamu juga perlu memperhatikan pajak eBay ke Indonesia. Mulai 1 Februari 2021, eBay mengenakan 10% pajak VAT (PPh).

4. Gunakan opsi filter

Adanya filter memudahkan pengguna dalam mencari barang yang diinginkan. Gunakan filter ini untuk menyaring produk berdasarkan harga, lokasi, dan kategori.

5. Perhatikan batas waktu

eBay memiliki batas waktu untuk membuat penawaran atau membeli produk. Perhatikan batas waktu ini agar tidak terlambat dalam membuat keputusan.

6. Berkomunikasi dengan penjual

Jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan atau keraguan tentang produk kepada penjual. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang cukup sebelum membuat keputusan membeli.

7. Gunakan metode pembayaran yang aman

Yang tak kalah penting dalam bertransaksi di eBay adalah menggunakan metode pembayaran yang aman. Kini kamu bisa belanja di marketplace internasional dengan menggunakan fitur Flip Globe dari Flip.

Bukan cuma untuk belanja, transaksi ke luar negeri juga makin mudah dengan Flip Globe. Fitur ini memungkinkan kamu untuk transfer uang ke berbagai negara lintas benua.

Aplikasi  Flip bisa kamu download di Play Store ataupun App Store gratis! Yuk, install sekarang dan rasakan manfaatnya!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi