mural
homeforward
Mengenal 8 Universitas Ivy League di Dunia

Mengenal 8 Universitas Ivy League di Dunia

Deretan universitas Ivy League disebut-sebut sebagai kumpulan kampus favorit di seluruh dunia. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena universitas yang masuk dalam Ivy League memang merupakan kampus-kampus unggulan di Amerika Serikat yang mahasiswanya berasal dari seluruh penjuru dunia.

Namun, sebenarnya istilah Ivy League tidak ada hubungannya dengan prestasi akademik. Mulanya, Ivy League adalah suatu konferensi atletik perguruan tinggi. Pesertanya terdiri dari delapan universitas swasta yang berlokasi di wilayah timur laut Amerika Serikat. Namun, kini istilah “Ivy League” lebih sering digunakan untuk menyebut sekelompok perguruan tinggi elit dengan prestasi akademik yang unggul dan super selektif. Yuk, kenalan dengan delapan Universitas Ivy League!

1. Harvard University

harvard university Sumber: Freepik

Universitas Ivy League yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga. Bagaimana tidak, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini sering menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dunia. Selain itu, Harvard University juga telah melahirkan beberapa pesohor dunia seperti mantan presiden Barack Obama, aktivis Helen Keller, hingga aktris Natalie Portman.

2. Yale University

Berikutnya ada Yale University yang terletak di New Haven, Connecticut. Yale merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Mulanya, Yale University hanya mengajarkan tentang Teologi dan bahasa kitab suci. Namun, seiring perkembangannya, kampus yang didirikan pada tahun 1701 tersebut membuka berbagai jurusan di bidang humaniora dan sains.

3. Columbia University

Columbia University berada di New York City. Kampus ini didirikan menurut perintah Raja George II dari Britania Raya. Para ilmuwan dan cendekiawan Columbia memainkan peran penting dalam berbagai temuan ilmiah, seperti brain-computer, teknologi resonansi magnetik nuklir, hingga temuan mengenai lempeng tektonik dan pergeseran benua.

4. Brown University

Universitas Ivy League berikutnya adalah Brown University yang berdiri pada tahun 1764. Brown University terkenal karena program Matematika Terapan. Program tersebut merupakan program Matematika Terapan tertua di Amerika Serikat. Lokasinya berada di Providence, Rhode Island.

5. Princeton University

Princeton University terletak di Princeton, New Jersey. Kampus yang didirikan pada tahun 1746 ini menyediakan jurusan yang amat beragam, mulai dari klaster humaniora, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, hingga teknik. Menurut laporan dari Times Higher Education pada tahun 2022, Princeton University menduduki peringkat ke-7 universitas terbaik dunia.

6. University of Pennsylvania

Selanjutnya ada University of Pennsylvania yang berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania. Universitas Ivy League yang satu ini berdiri sejak tahun 1750. University of Pennsylvania memiliki empat kampus untuk tingkat sarjana serta dua belas untuk pascasarjana dan profesi. Perguruan tinggi satu ini menerapkan sistem “One University Policy” yang memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengikuti seluruh kelas dari kedua belas kampus.

7. Cornell University

Lokasinya berada di Ithaca, New York. Cornell University didirikan pada tahun 1865 untuk menyediakan pendidikan di berbagai bidang, mulai dari bidang klasik hingga sains, baik secara teori maupun terapan. Cornell University juga memiliki kampus di New York City dan Education City, Qatar.

8. Dartmouth College

dartmouth college.png Sumber: Pixabay

Universitas Ivy League yang terakhir adalah Dartmouth College di Hanover, New Hampshire. Pada awalnya, Dartmouth College didirikan untuk mendidik penduduk asli Amerika mengenai teologi Kristen. Namun, lama-kelamaan, kampus ini membuka berbagai jurusan baru, termasuk 60 jurusan di bidang humaniora, ilmu sosial, teknik, dan ilmu pengetahuan alam.

Ivy League university adalah deretan kampus prestisius yang ada di Amerika Serikat. Siapa sangka, julukan tersebut justru bermula dari kegiatan olahraga mahasiswa. Kini, istilah Ivy League justru lebih identik dengan kampus yang unggul dalam prestasi akademik dan banyak diincar oleh calon mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Punya rencana untuk menyekolahkan anak di Universitas Ivy League? Tak ada yang tak mungkin selama persiapan dilakukan secara matang, termasuk soal transfer biaya keperluan anak saat ia kuliah nanti. Untuk ini, kamu bisa mengandalkan Flip Globe.

Lewat Flip Globe, kamu bisa transfer uang ke 50+ negara, termasuk Amerika Serikat. Dengan tarif flat yang terjangkau, transaksi melalui Flip Globe terasa ringan. Prosesnya pun cepat dan menyediakan laporan real-time. Layanan ini tersedia di aplikasi Flip yang bisa diunduh gratis di Google Play dan App Store!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi