mural
homeforward
Mengenal 8 Universitas Ivy League di Dunia

Mengenal 8 Universitas Ivy League di Dunia

Deretan universitas Ivy League disebut-sebut sebagai kumpulan kampus favorit di seluruh dunia. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena universitas yang masuk dalam Ivy League memang merupakan kampus-kampus unggulan di Amerika Serikat yang mahasiswanya berasal dari seluruh penjuru dunia. Namun, sebenarnya istilah Ivy League tidak ada hubungannya dengan prestasi akademik. 

Mulanya, Ivy League adalah suatu konferensi atletik perguruan tinggi. Pesertanya terdiri dari delapan universitas swasta yang berlokasi di wilayah timur laut Amerika Serikat. Namun, kini istilah “Ivy League” lebih sering digunakan untuk menyebut sekelompok perguruan tinggi elit dengan prestasi akademik yang unggul dan super selektif. Yuk, kenalan dengan delapan Universitas Ivy League! 

Baca juga: Ini 7 Jurusan di Universitas Columbia yang Patut Dipertimbangkan!

 

1. Harvard University 

Harvard University

Sumber: Freepik 

Universitas Ivy League yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga. Bagaimana tidak, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini sering menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dunia. Selain itu, Harvard University juga telah melahirkan beberapa pesohor dunia seperti mantan presiden Barack Obama, aktivis Helen Keller, hingga aktris Natalie Portman. 

 

2. Yale University 

Berikutnya ada Yale University yang terletak di New Haven, Connecticut. Yale merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Mulanya, Yale University hanya mengajarkan tentang Teologi dan bahasa kitab suci. Namun, seiring perkembangannya, kampus yang didirikan pada tahun 1701 tersebut membuka berbagai jurusan di bidang humaniora dan sains. 

 

3. Columbia University 

Columbia University berada di New York City. Kampus ini didirikan menurut perintah Raja George II dari Britania Raya. Para ilmuwan dan cendekiawan Columbia memainkan peran penting dalam berbagai temuan ilmiah, seperti brain-computer, teknologi resonansi magnetik nuklir, hingga temuan mengenai lempeng tektonik dan pergeseran benua. 

 

4. Brown University 

Universitas Ivy League berikutnya adalah Brown University yang berdiri pada tahun 1764. Brown University terkenal karena program Matematika Terapan. Program tersebut merupakan program Matematika Terapan tertua di Amerika Serikat. Lokasinya berada di Providence, Rhode Island. 

 

5. Princeton University 

Princeton University terletak di Princeton, New Jersey. Kampus yang didirikan pada tahun 1746 ini menyediakan jurusan yang amat beragam, mulai dari klaster humaniora, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, hingga teknik. Menurut laporan dari Times Higher Education pada tahun 2022, Princeton University menduduki peringkat ke-7 universitas terbaik dunia. 

 

6. University of Pennsylvania 

Selanjutnya ada University of Pennsylvania yang berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania. Universitas Ivy League yang satu ini berdiri sejak tahun 1750. University of Pennsylvania memiliki empat kampus untuk tingkat sarjana serta dua belas untuk pascasarjana dan profesi. 

Perguruan tinggi satu ini menerapkan sistem “One University Policy” yang memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengikuti seluruh kelas dari kedua belas kampus. 

 

7. Cornell University 

Lokasinya berada di Ithaca, New York. Cornell University didirikan pada tahun 1865 untuk menyediakan pendidikan di berbagai bidang, mulai dari bidang klasik hingga sains, baik secara teori maupun terapan. Cornell University juga memiliki kampus di New York City dan Education City, Qatar. 

 

8. Dartmouth College 

dartmouth college.png

Sumber: Pixabay 

Universitas Ivy League yang terakhir adalah Dartmouth College di Hanover, New Hampshire. Pada awalnya, Dartmouth College didirikan untuk mendidik penduduk asli Amerika mengenai teologi Kristen. Namun, lama-kelamaan, kampus ini membuka berbagai jurusan baru, termasuk 60 jurusan di bidang humaniora, ilmu sosial, teknik, dan ilmu pengetahuan alam. 

Ivy League university adalah deretan kampus prestisius yang ada di Amerika Serikat. Siapa sangka, julukan tersebut justru bermula dari kegiatan olahraga mahasiswa. Kini, istilah Ivy League justru lebih identik dengan kampus yang unggul dalam prestasi akademik dan banyak diincar oleh calon mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. 

Punya rencana untuk menyekolahkan anak di Universitas Ivy League? Tak ada yang tak mungkin selama persiapan dilakukan secara matang, termasuk soal transfer biaya keperluan anak saat ia kuliah nanti. Untuk ini, kamu bisa mengandalkan Flip Globe. 

 

Baca juga: 4 Alasan harus Kuliah di Universitas London

Lewat Flip Globe, kamu bisa transfer uang ke 50+ negara, termasuk Amerika Serikat. Dengan tarif flat yang terjangkau, transaksi melalui Flip Globe terasa ringan. Prosesnya pun cepat dan menyediakan laporan real-time. Layanan ini tersedia di aplikasi Flip yang bisa diunduh gratis di Google Play dan App Store!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi