mural
homeforward
Deposito Berjangka: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Deposito Berjangka: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Duh, wishlist rasanya makin menumpuk, tapi menabung secara disiplin sulit sekali untuk dilakukan. Kalau kamu pernah merasa begitu, mungkin deposito berjangka adalah pilihan yang tepat untuk mulai mengumpulkan uang. Apalagi, cara mulainya juga gampang karena kamu hanya perlu datang ke bank yang menyediakan produk deposito berjangka. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, cari tahu dulu A-to-Z seputar deposito berjangka di sini!

Baca juga: Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

 

Apa Itu Deposito Berjangka?

Deposito berjangka adalah jenis investasi yang menghasilkan keuntungan dari suku bunga tetap. Di sini, kamu bisa menyimpan dana di dalam rekening bank selama beberapa bulan atau tahun dengan suku bunga yang ditentukan oleh bank. Selama periode tersebut, dana kamu akan β€œterkunci” dan tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo, kecuali dengan membayar denda atau penalti yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

Manfaat Deposito Berjangka

Deposito berjangka menawarkan sejumlah manfaat yang menarik perhatian banyak orang. Berikut adalah beberapa manfaat deposito berjangka yang patut disorot:

Keamanan dan Stabilitas

Salah satu manfaat utama deposito berjangka adalah keamanan dan stabilitasnya karena dana di dalam rekening deposito berjangka sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, kamu bisa yakin bahwa dana kamu tetap aman dan bisa diakses setelah jangka waktu deposito berakhir. Selain itu, suku bunga deposito sudah ditetapkan oleh bank sebelumnya dan akan tetap sama selama periode deposito berlangsung.

Penghasilan Tetap

Deposito berjangka menawarkan suku bunga tetap selama jangka waktu tertentu. Artinya, kamu akan menerima penghasilan tetap dalam bentuk bunga pada interval waktu yang telah ditentukan. Penghasilan tetap ini bisa membantu kamu merencanakan keuangan, mengelola arus kas, dan mencapai tujuan keuangan jangka pendek atau jangka panjang.

Simplicity dan Aksesibilitas

Deposito berjangka relatif mudah dipahami dan diakses, terlebih dengan syarat dan proses pembukaannya yang sederhana. Selain itu, ada banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarkan deposito berjangka dengan berbagai jangka waktu dan suku bunga untuk beraneka ragam kebutuhan setiap orang.

Diversifikasi Portofolio

Deposito berjangka dapat menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio investasi kamu, lho! Memiliki alokasi dana yang seimbang antara instrumen stabil dan yang lebih berisiko akan menekan risiko kerugian secara keseluruhan karena bisa mengimbangi potensi volatilitas pada instrumen lain. 

Namun, meskipun deposito berjangka menawarkan keamanan dan stabilitas, tingkat keuntungannya lebih rendah daripada instrumen investasi yang berisiko. Oleh karena itu, pastikan kamu memahami tujuan keuangan, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas investasimu, ya!

 

Contoh dan Cara Menghitung Deposito Berjangka 

Ingin tahu cara menghitung deposito berjangka dengan contohnya? Anggap saja kamu menempatkan dana sebesar Rp50.000.000 dalam rekening deposito berjangka dengan suku bunga 6% per tahun selama 12 bulan. Untuk menghitung berapa banyak bunga yang akan kamu terima, gunakan saja rumus ini dari contoh deposito:

 

Bunga = (Jumlah Deposito) x (Suku Bunga Deposito) x (Jangka Waktu Deposito dalam tahun)
 

Berdasarkan contoh di atas, perhitungan bunga deposito berjangka akan menjadi:

 

Bunga = (Rp50.000.000) x (6%) x (12/12) = Rp3.000.000

 

Jadi, dalam kasus ini, kamu akan menerima bunga sebesar Rp3.000.000 setelah 12 bulan. Pada akhir periode deposito, total dana kamu termasuk bunga akan menjadi Rp53.000.000. Namun, ingat bahwa contoh di atas hanya untuk tujuan ilustrasi karena kebijakan suku bunga deposito setiap bank pastinya akan berbeda.

 

Baca juga: Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Memahami ulasan di atas, deposito berjangka adalah salah satu cara menabung yang dapat membantu kamu mencapai tujuan finansial secara disiplin. Tapi, sebelum memutuskan untuk membuka rekening, pastikan kamu tahu suku bunga dan jangka waktu yang ditawarkan agar bisa dicocokkan dengan kebutuhan finansialmu.

Nah, untuk mewujudkan financial goals kamu dengan lebih cepat, kamu bisa coba sambil berinvestasi di Flip, lho! Flip adalah platform investasi yang memberikan akses mudah dan cepat ke berbagai instrumen investasi dengan keuntungan setara 11,5% per tahun. Bahkan, kamu juga bisa mendukung kemajuan UMKM dengan menjadi investor di Flip, lhoYuk, segera kunjungi website Flip dan mulai investasi bersama Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_1.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi