mural
homeforward
Jangan Lewatkan 7 Manfaat BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Jangan Lewatkan 7 Manfaat BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Sejak dijalankan pada tahun 2014, BPJS Kesehatan sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua warga negara Indonesia. Namun, apa itu BPJS? Singkatnya, BPJS sendiri merupakan program asuransi atau jaminan kesehatan dari pemerintah Indonesia. 

Dengan adanya asuransi BPJS, masyarakat bisa berobat dan mengakses layanan kesehatan yang mumpuni dengan lebih mudah di mana pun mereka berada. Maka dari itu, manfaat BPJS Kesehatan akan sangat terasa kalau kamu mendaftarkan semua anggota keluargamu. Apa saja keuntungan yang akan kamu nikmati dengan memiliki BPJS?

          Baca Juga : Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

7 Keuntungan BPJS Kesehatan

Apa kamu masih ragu-ragu mendaftarkan keluarga dalam program BPJS? Dengan mendaftar, kamu bisa menikmati sejumlah manfaat BPJS berikut ini, lho!

1. Menanggung berbagai penyakit

Salah satu keuntungan BPJS yang menjadi daya tarik utama program jaminan kesehatan nasional ini adalah cakupan penyakit yang ditanggung. Melalui manfaat BPJS Kesehatan, sebagian biaya dari pengobatan berbagai penyakit ringan maupun berat akan ditanggung. 

Bagusnya, BPJS bahkan menanggung perawatan yang pada umumnya dikecualikan oleh asuransi lain, misalnya kemoterapi untuk kanker, cuci darah untuk penyakit ginjal, konsultasi gangguan jiwa, dan pengobatan penyakit hormonal atau bawaan dari lahir.

2. Preminya murah

Alasan lain mengapa manfaat BPJS Kesehatan sangat patut dipertimbangkan adalah harga preminya yang terjangkau, terutama saat mempertimbangkan kualitas layanannya. 

Sebagai gambaran, tingkatan kelas tertinggi dari BPJS Kesehatan atau kelas 1 memiliki premi bulanan sebesar Rp150 ribu, sedangkan yang terendah hanya seharga Rp35 ribu per bulan. Bahkan untuk penerima bantuan iuran dari pemerintah, mereka sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati manfaat BPJS

3. Ada jaminan seumur hidup

Manfaat BPJS Kesehatan sangatlah menguntungkan. Hanya dengan satu kali mendaftar BPJS Kesehatan, keuntungannya akan kamu rasakan seumur hidup. Hal tersebut juga berlaku untuk semua anggota keluarga, lho. Untuk memperolehnya, kamu hanya perlu melunasi pembayaran premi bulanan dengan tepat waktu. Dengan demikian, biaya perawatanmu di rumah sakit atau klinik akan lebih murah. 


          Baca Juga : BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

4. Tidak memerlukan pengecekan medis saat pendaftaran

Pada umumnya, calon pemegang polis asuransi kesehatan harus menjalani pengecekan medis sebelum bisa mendapatkan asuransi. Langkah ini biasanya bertujuan untuk mendeteksi adanya pre-existing condition atau penyakit yang sudah ada sebelumnya demi menentukan besaran premi. 

Akan tetapi, BPJS Kesehatan tidak memberlakukan sistem ini. Jadi, keuntungan BPJS lainnya adalah kamu bisa langsung menjadi anggota dan menerima manfaatnya tanpa harus menjalani proses screening kesehatan.

5. Menghemat biaya operasi persalinan

Menurut informasi dari CNBC, harga rata-rata persalinan normal di rumah sakit ternama ibu kota per tahun 2022 berkisar antara Rp9 juta hingga Rp30 juta. Selain itu, tidak dapat dimungkiri bahwa operasi persalinan darurat juga bisa menambah pengeluaran. 

Maka dari itu, manfaat BPJS Kesehatan berupa penggratisan biaya persalinan untuk rawat inap tingkat pertama akan sangat menghemat biaya. Tidak hanya persalinan normal, manfaat BPJS juga berlaku untuk operasi persalinan dengan komplikasi.

6. Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau

Dengan mendaftarkan diri serta semua anggota keluarga dalam program BPJS, kamu berhak mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan dalam wujud pelayanan medis yang berkualitas tinggi dengan harga murah. Pasalnya, setiap peserta BPJS berhak menerima manfaat dari pelayanan kesehatan tingkat pertama, mulai dari konsultasi dengan dokter umum hingga bahkan pengobatan dengan spesialis tertentu. 

Untuk semakin melengkapi keuntungan tersebut, biaya tebusan obat dari apotek dan fasilitas penunjang lainnya juga sudah ditanggung oleh BPJS.

7. Tidak memberlakukan masa tunggu yang panjang

Biasanya, asuransi akan memberlakukan masa tunggu untuk peserta sebelum bisa menikmati manfaat yang ditawarkan. Durasi masa tunggu tersebut sangat beragam dan bergantung dari kondisi awal pendaftar, yaitu antara satu bulan sampai dua tahun. 

Namun, BPJS Kesehatan hanya memberlakukan masa tunggu selama 14 hari atau dua minggu saja, apa pun kondisimu. Setelah itu, kamu bisa segera merasakan manfaat BPJS Kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.

 

Manfaat BPJS kesehatan sangatlah banyak, terutama bagi keluarga. Nikmati berbagai keuntungan BPJS dengan aplikasi praktis yang akan membantu proses pembayaran setiap bulannya, seperti Flip. 

Kalau kamu menggunakan aplikasi Flip untuk melunasi pembayaran premi BPJS, kamu cukup memasukkan nomor keanggotaanmu dan memilih durasi pembayaran yang diinginkan tanpa harus berpindah menu. Selain itu, kamu juga akan bebas dari biaya transaksi tambahan! Nikmati hematnya membayar tagihan tanpa biaya administrasi dengan download aplikasi Flip dari Google Play Store atau App Store sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi