mural
homeforward
Lupa PIN GoPay? Begini Cara Mudah Menggantinya!

Lupa PIN GoPay? Begini Cara Mudah Menggantinya!

Manusia sering kali melupakan beberapa detail informasi penting dalam hidupnya, misalnya seperti lupa PIN GoPay. Padahal, password itulah yang harus kamu input sebelum memproses transaksi pembayaran. Jika kamu tetap lupa setelah mencoba beberapa kali memasukkan PIN GoPay, perhatikan cara ganti PIN GoPay di bawah ini, ya!

Baca Juga: Cara Isi GoPay di Indomaret yang Super Praktis

Cara Ganti PIN GoPay yang Lupa

cara ganti pin gopay

Sumber: Freepik

Apabila musibah lupa PIN GoPay tidak bisa kamu hindari, ada dua cara ganti PIN GoPay yang bisa kamu lakukan. Mari, simak bersama langkah-langkah selengkapnya di bawah ini!

1. Melalui menu pengaturan aplikasi GoPay

Cara pertama adalah dengan membuka aplikasi Gojek milikmu. Setelah terbuka, klik titik tiga (more) yang terdapat di samping saldo GoPay kamu. Lalu, pilih bagian “Pengaturan” atau “Settings” dan klik “Lupa PIN” atau “Forgot PIN”. Nantinya, kamu akan langsung diminta untuk membuat PIN baru yang terdiri dari enam digit angka. 

Ulangi proses penginputan PIN baru tersebut sebanyak dua kali dan masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor Gojek-mu. PIN GoPay-mu sudah terbarui!

2. Saat bertransaksi

Cara ganti PIN GoPay selanjutnya bisa kamu lakukan secara langsung saat akan memproses transaksi pembayaran. Setelah kamu memindai kode QR, memasukkan nomor handphone, atau menginput nomor rekening bank tujuan dan mengetik nominal pembayaran, biasanya layar akan otomatis beralih ke bagian penginputan PIN.

Karena kamu lupa, tinggal klik saja tombol “Lupa PIN” atau “Forgot PIN” yang tersedia di bawah enam blank space PIN-mu. Nantinya, kamu bisa langsung membuat PIN GoPay baru yang terdiri dari enam angka. Lakukan step itu sebanyak dua kali, lalu tunggu kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponselmu. Masukkan kode tersebut untuk memproses transaksi.

PIN GoPay Baru Bisa Langsung Digunakan atau Tidak?

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara ganti PIN GoPay itu bisa dibilang sangat mudah. Namun, apakah PIN barumu ini bisa langsung digunakan untuk bertransaksi? Sayangnya, tidak. 

Jika kamu sudah menginput PIN GoPay yang salah sebanyak tiga kali, lalu memutuskan untuk mengganti PIN dengan cara memencet tombol “Lupa PIN” atau “Forgot PIN”, PIN GoPay terbarumu baru bisa dipakai bertransaksi setelah 60 menit sejak pengubahan.

Tips agar Tidak Mudah Lupa PIN GoPay

Top up e-wallet lebih hemat biaya

Karena PIN GoPay baru tidak bisa langsung digunakan, terutama setelah kamu melakukan kesalahan sebanyak tiga kali, sebaiknya kamu berhati-hati dalam mengingatnya. Ini tipsnya!

1. Catat di tempat yang aman

Sebenarnya, jangan pernah mencatat PIN-mu di mana pun. Tetapi, daripada kamu mesti direpotkan dengan kejadian lupa PIN GoPay, tidak ada salahnya untuk menuliskan PIN di tempat yang aman. 

Sekarang ini fitur Notes di smartphone juga sudah dilengkapi dengan password yang hanya bisa diakses oleh pemilik ponsel. Kamu bisa mencatat PIN GoPay terbarumu di sini.

2. Buat kombinasi angka yang bermakna

Salah satu tips membuat PIN yang perlu kamu hindari adalah menginput kombinasi angka yang merupakan tanggal kelahiranmu. Sebab, tanggal kelahiran itu bukanlah informasi rahasia dan ini ini akan memudahkan aksi para penjahat yang berniat membobol isi e-wallet-mu. 

Maka, siapkan enam kombinasi angka yang punya makna tersendiri, tapi tetap sulit ditebak oleh orang asing.

Baca Juga: Bayar Alfamart Pakai GoPay, Kenapa Tidak?

3. Buat kata dari angka

Tips terakhir supaya kamu bisa membuat dan mengingat PIN GoPay dengan mudah adalah dengan membuat kata dari angka. Misalnya, namamu adalah Andika, maka kamu bisa membuat PIN GoPay dengan susunan angka “263456”.

Angka tersebut disusun berdasarkan keyboard ABC seperti yang terdapat pada handphone jadul. Huruf “A” ada di keyboard nomor “2”, “N” berada di nomor “6”, “D” berada di tombol nomor “3”, dan seterusnya. Password yang semacam ini tentu jadi lebih sulit ditebak, tapi tetap mudah diingat.

Meskipun lupa PIN GoPay sangat mudah diatasi karena cara ganti PIN GoPay tak butuh syarat apa pun, sebaiknya kamu melakukan tiga tips di atas untuk mengingat  password  terbarumu. Sebab, terlalu sering mengganti PIN juga bisa berdampak pada memori ingatanmu. Kamu jadi semakin sulit mengingat password karena terlalu banyak modifikasi angka yang sudah kamu buat selama ini.

Nah, bicara tentang GoPay sebagai salah satu dompet digital di Indonesia, sekarang ini kamu bisa top up saldo GoPay lewat aplikasi Flip. Dengan Flip, kamu bisa isi saldo mulai dari Rp10 ribu tanpa dikenai biaya administrasi. Siapa bilang transaksi digital itu lebih mahal daripada cashDownload Flip sekarang juga untuk merasakan sendiri manfaatnya!

Top up e-wallet lebih hemat biaya

*)Harga dan kebijakan lainnya di artikel ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan Gopay/Gojek.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi