mural
homeforward
Serba-Serbi Info Kuliah di Irlandia, Biar Tak Salah Langkah!

Serba-Serbi Info Kuliah di Irlandia, Biar Tak Salah Langkah!

Irlandia merupakan negara republik yang terletak di Benua Eropa, tepatnya di dekat Inggris. Negeri dengan julukan Pulau Zamrud ini sering menjadi tujuan banyak orang untuk menempuh pendidikan tinggi. Hal tersebut karena Irlandia memiliki segudang perguruan tinggi berkualitas terbaik yang cocok dijadikan sebagai tempat memperkaya ilmu dan wawasan.

Apakah kamu termasuk orang-orang yang ingin kuliah di Irlandia dan sedang mencari panduan perkuliahan di sana? Bagus, kamu datang di waktu dan tempat yang tepat! Temukan serba-serbi info seputar pendidikan tinggi di Pulau Zamrud dalam ulasan berikut!

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan TOEFL dan IELTS

 

Keistimewaan Menempuh Perkuliahan di Irlandia

kuliah di irlandia.jpeg

Sumber : Envato

Berkuliah di Irlandia memberikanmu sejumlah keuntungan. Berikut poin-poinnya!

  • Bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi karena sistem edukasi di Irlandia yang sangat baik.
  • Banyak pilihan program studi sehingga bisa disesuaikan dengan minat dan target karier.
  • Bisa memperoleh peluang riset.
  • Dapat tinggal di lingkungan yang aman dan penuh keramahan.
  • Bisa mempelajari budaya Irlandia yang kaya.
     

Berapa Perkiraan Biaya Kuliah di Irlandia?

Terdapat dua jenis status biaya studi yang diterapkan di Irlandia sesuai asal negara, yakni biaya kuliah untuk pelajar Uni Eropa dan non-Uni Eropa. Status biaya Uni Eropa jauh lebih murah dibanding non-Uni Eropa. Nah, untuk pelajar non-Uni Eropa, berikut perkiraan biaya studi di Irlandia yang harus dipertimbangkan!

Sarjana

Biaya kuliah tingkat sarjana di negara ini berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan yang dipilih. Namun, rata-rata biaya yang perlu dibayar pelajar non-Uni Eropa adalah sekitar Rp164–450 juta per tahun.

Pascasarjana

Tingkat pascasarjana pastinya memakan biaya yang lebih besar. Umumnya, pelajar internasional non-Uni Eropa harus membayar biaya studi sekitar Rp180–780 juta per tahun.

 

Peluang Beasiswa Kuliah di Irlandia

kuliah di irlandia 1.jpeg

Sumber : Envato

Biaya kuliah di Irlandia memang terbilang tinggi. Namun, tak perlu khawatir! Berikut kami ulas beberapa peluang beasiswa yang dapat meringankan tanggunganmu selama berkuliah di Negeri Pulau Zamrud!

Beasiswa dari Pemerintah Irlandia

Pemerintah Irlandia memberikan beasiswa kepada 60 pelajar internasional pada 2022 dan 2023. Program beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan serta bisa digunakan untuk tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktor. Setiap pelajar yang menerima beasiswa akan mendapatkan uang sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp160 juta dalam satu tahun masa perkuliahan.

Beasiswa Pascasarjana Pemerintah Irlandia

Program beasiswa dari pemerintah Irlandia ini hanya tersedia untuk pelamar pascasarjana. Bantuan dana pendidikan yang diberikan per tahunnya, antara lain, 16.000 euro atau sekitar Rp256 juta, biaya penelitian sebesar 2.250 euro atau sekitar Rp36 juta, serta bantuan biaya lainnya senilai 5.750 euro atau sekitar Rp92 juta.

Pihak yang mengelola beasiswa pascasarjana ini adalah Dewan Riset Irlandia, sedangkan pihak pendananya adalah Departemen Pendidikan Lanjutan dan Tinggi, Penelitian, Inovasi, dan Sains. Adapun pihak-pihak yang mendukung program beasiswa ini, antara lain, Departemen Bisnis, Perusahaan, dan Inovasi; Badan Perlindungan Lingkungan; Departemen Pembangunan Pedesaan dan Masyarakat; serta Departemen Luar Negeri.

Beasiswa dari Universitas

Selain beasiswa dari pemerintah, ada pula beasiswa yang disediakan perguruan tinggi di Irlandia. Pertama, tersedia program UOL Progression Scholarship dari University of Limerick untuk pascasarjana. Walau bukan pelajar dari Uni Eropa, kamu bisa mendapatkan status biaya pendidikan untuk mahasiswa Uni Eropa dengan beasiswa ini. Artinya, UOL Progression Scholarship dapat mengurangi biaya studimu sampai 50 persen!

Selanjutnya, ada beasiswa dari Trinity College Dublin (TCD) yang diberikan kepada pelajar asal luar Uni Eropa. Beasiswa ini ditujukan untuk program studi bisnis dan akan mengurangi biaya studimu sebanyak 5.000 euro atau sekitar Rp80 juta.

 

Jurusan Pilihan Kuliah di Irlandia

Bingung memilih jurusan di Irlandia? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan terbaik berikut!

  • Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Manajemen dan Bisnis
  • Teknik
  • Ilmu Kesehatan dan Farmasi
  • Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

 

Apa Saja Syarat Kuliah di Irlandia?

Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi agar bisa menempuh pendidikan tinggi di Irlandia, antara lain,

  • Hasil tes IELTS dengan skor minimal 6,5 ataupun TOEFL dengan skor minimal  550 untuk tes berbasis kertas serta 220 untuk tes berbasis komputer;
  • Portofolio prestasi; dan
  • Personal statement.

Sekian serba-serbi info seputar kuliah di Irlandia yang jangan sampai kamu lewatkan! Biaya hidup dan pendidikan di negara ini memang cukup tinggi. Namun, jika berhasil lolos seleksi penerimaan beasiswa, beban biaya selama berkuliah di Irlandia pun jadi lebih ringan.

 

Baca juga: Mau Daftar Kuliah di Italia? Info Berikut Bisa Jadi Pedoman!

Bagaimana jika terdesak dan membutuhkan tambahan dana dari keluarga di Indonesia? Tenang! Flip bisa digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri dengan biaya transfer yang sangat terjangkau. Aplikasi ini juga tidak mengenakan biaya tersembunyi sehingga pengiriman dana bisa lebih hemat.

Yuk, percayakan transaksi luar negeri pada Flip Globe, seperti jutaan pengguna lainnya! Langsung unduh aplikasi Flip via Play Store ataupun App Store!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi