Tutorial | 2 November 2022
Oleh : Farrel Baihaqi
PT. Bank Mandiri Tbk atau Bank Mandiri termasuk sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Mereka mempunyai kantor cabang yang tersebar di berbagai kota besar dan kecil di penjuru tanah air. Mereka pun menyediakan fasilitas dan layanan pendukung yang lengkap. Salah satunya adalah terkait informasi kode Bank Mandiri serta pilihan cara transfer dana yang bisa kamu lakukan.
Sumber : Bank Mandiri
Dibandingkan dengan bank-bank lain di Indonesia, ada beberapa keunggulan yang membuat seorang nasabah memilih Bank Mandiri, yaitu:
Sebagai salah satu bank milik negara, Mandiri mempunyai jaringan yang sangat luas. Kamu bisa menemukan ada lebih dari 2.400 cabang tersebar di berbagai wilayah tanah air. Tak hanya itu, Mandiri juga menyediakan sekitar 17.325 ATM di berbagai pelosok negeri.
Dengan fasilitas penunjang yang sangat banyak tersebut, nasabah Bank Mandiri bisa melakukan transaksi dengan mudah. Apalagi, Bank Mandiri juga termasuk sebagai salah satu bank yang getol dalam melaksanakan transformasi layanan perbankan.
Baca Juga: Ini Daftar Call Center Bank Mandiri, Aktif 24 Jam
Pengetahuan tentang kode Bank Mandiri sangat penting karena begitu banyaknya orang yang tertarik menjadi nasabah di sini berkat penawaran produknya yang variatif. Untuk produk tabungan saja, mereka mempunyai 10 jenis produk, termasuk di antaranya adalah:
Variasi produk perbankan oleh Mandiri tersebut memberi keleluasaan bagi nasabah dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, tabungan untuk keperluan personal tentu beda dengan tabungan untuk aktivitas bisnis. Hal seperti ini, bisa kamu dapatkan dengan mudah ketika menjadi nasabah Bank Mandiri.
Kelebihan lainnya adalah kemudahan bagi para nasabah dalam menjangkau layanan Bank Mandiri. Mereka tak hanya mendekatkan diri secara fisik kepada para nasabah. Di waktu yang sama, Bank Mandiri juga berupaya untuk melakukan pendekatan di dunia digital.
Hal itu terbukti bukan hanya lewat keberadaan aplikasi untuk melayani aktivitas perbankan para nasabah. Di waktu yang sama, Bank Mandiri juga menyediakan berbagai opsi kanal komunikasi untuk melayani berbagai keluhan nasabahnya.
Sumber : Lifepal
Kalau kamu menjadi seorang nasabah Bank Mandiri, pengetahuan tentang kode Bank Mandiri bukan merupakan sebuah keharusan. Informasi tersebut hanya perlu kamu gunakan ketika melakukan transfer dana dari bank lain menuju ke rekening Bank Mandiri. Kode Bank Mandiri bersifat unik, artinya beda dengan kode bank lain.
Kamu akan menjumpai kode ini terdiri dari 3 angka, yaitu 008. Kamu pun perlu mengetiknya ketika ingin melakukan transfer ke rekening bank lain. Untuk pilihan cara transfer bagi para nasabah Bank Mandiri, ada banyak opsi yang bisa kamu gunakan, di antaranya adalah:
Pilihan cara transfer yang pertama adalah melalui ATM. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan ATM milik Bank Mandiri atau ATM dengan logo Link. Proses transfer ke sesama rekening Bank Mandiri bisa kamu lakukan tanpa ada biaya administrasi. Namun, situasinya berbeda kalau kamu transfer antar bank.
Secara rata-rata, Bank Mandiri akan mengenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500 untuk setiap proses transfer dari Mandiri ke bank lain. Untuk keperluan transfer ke sesama rekening Mandiri di ATM Mandiri, kamu tak perlu menuliskan kode Bank Mandiri. Sebagai gantinya, kamu wajib menuliskan kode transfer bank tujuan ketika melakukan pengiriman dana ke bank lain dari ATM Mandiri.
Selanjutnya, kamu bisa menggunakan layanan SMS Banking Mandiri. Layanan SMS Banking Mandiri bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan, di antaranya adalah aktivasi dan buat PIN kartu kredit, dan lain-lain. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengirim pesan dengan format tertentu ke 83355.
Untuk bisa menggunakan layanan SMS Banking Mandiri, kamu perlu terlebih dahulu melakukan aktivasi. Aktivasi dapat kamu lakukan melalui ATM atau menghubungi Mandiri Call.
Baca Juga: Swift Code Bank Mandiri, Yuk Cari Tahu Fungsinya
Namun berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, bahwa per tanggal 14 April 2023 beberapa layanan SMS Ketik dan USSD resmi ditutup. Dan untuk kenyamanan dan keamanan nasabah Bank Mandiri, maka dialihkan untuk menggunakan layanan aplikasi Livin' by Mandiri.
Berikut layanan SMS Ketik dan USSD yang dilakukan penutupan:
Akan tetapi, nasabah Bank Mandiri masih tetap bisa menggunakan layanan SMS dan USSD untuk layanan-layanan yang belum dilakukan penutupan berikut ini:
Setiap pengiriman SMS akan dikenai biaya berkisar antara Rp500 hingga Rp1.000 per SMS bergantung operator.
Kamu bisa pula menggunakan layanan internet banking dari Bank Mandiri, dikenal sebagai Livin' by Mandiri. Layanan ini bisa kamu akses melalui website atau aplikasi mobile. Hanya saja, ada catatan penting yang perlu kamu ketahui. Pihak Bank Mandiri memiliki rencana untuk menutup layanan Livin' by Mandiri via website.
Livin' by Mandiri menawarkan layanan yang sangat lengkap. Keberadaan layanan ini pun jadi salah satu komitmen nyata Bank Mandiri dalam menyelenggarakan transformasi digital layanan perbankan kepada para nasabah. Alhasil, para nasabah bisa lebih mudah dalam menggunakan berbagai layanan dari bank.
Untuk kebutuhan transfer dana melalui aplikasi Livin' by Mandiri, kamu bisa melakukannya dengan mudah sebagai berikut:
Selain 3 cara yang sudah disebutkan, ada pula alternatif menggunakan aplikasi Flip. Di Flip, kamu bisa kirim atau transfer uang ke rekening Bank Mandiri tanpa perlu mengetikkan kode Bank Mandiri. Menariknya lagi, kamu juga bisa menikmati layanan transfer antarbank bebas biaya administrasi*.
Kamu pun bisa menggunakannya ketika mengirim dana dari dan atau ke rekening Bank Mandiri. Ketentuan ini juga berlaku untuk pengiriman dana ke lebih dari 100 bank yang ada di Indonesia. Asyik, kan? Bisa jauh lebih hemat kalau pakai Flip! Yuk, mulai gunakan Flip!
*) terdapat limit gratis transfer antarbank.
Bagikan