mural
homeforward
Swift Code Bank Mandiri, Yuk, Cari Tahu Fungsinya!

Swift Code Bank Mandiri, Yuk, Cari Tahu Fungsinya!

Kesempatan kerja sama antarnegara yang terbuka lebar membuat kemudahan berbasis keamanan terkait kirim uang ke luar negeri jadi hal penting yang sangat dibutuhkan. Misalnya, kamu mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri dan orang tuamu berencana mengirimkan uang dari Indonesia. 

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, industri perbankan dan pembiayaan lantas mengeluarkan swift code bank, termasuk diantaranya swift code bank Mandiri. Jadi, apa sih sebenarnya swift code itu dan apa fungsinya? 

Baca juga: Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui Swift Code BCA!

Apa Itu Swift Code? 

Fungsi Swift Code Bank Mandiri

Sumber: Inspired2write

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications atau disebut juga swift code merupakan sebuah kode unik khusus untuk lembaga pembiayaan dan perbankan yang sah dalam lingkup global. 

Kode tersebut berupa kombinasi antara angka dan huruf sebanyak 8 atau 11 karakter yang menjadi ciri atau identitas suatu bank sekaligus cabang yang dimilikinya. 

Kode yang dikenal pula dengan sebutan Bank Identifier Code atau kode BIC ini menjadi perantara kurang lebih 11 ribu lembaga bank di berbagai negara di penjuru dunia. Tidak terkecuali swift code Bank Mandiri. 

Asal Swift Code

Mulanya, kode ini dibuat sebagai solusi untuk mengatasi kerumitan yang dialami ketika bertukar informasi tentang perbankan di dunia. 

SWIFT sendiri sebenarnya adalah suatu organisasi yang menjadi penghubung bagi lebih dari 9 ribu perusahaan sekuritas sekaligus semua pelanggan korporasi yang berlokasi setidaknya di 209 negara di seluruh dunia. 

SWIFT juga membantu menyalurkan semua informasi finansial yang diperlukan terkait semua bentuk transaksi yang dilakukan semua anggotanya. Semua bentuk pertukaran berbagai informasi penting yang berlangsung dijamin keamanannya dari segala bentuk tindak kriminal finansial. 

Bagaimana Cara Kerja Swift Code?

Pada prosedurnya, SWIFT nantinya membagikan kode yang selanjutnya akan menjadi identitas lembaga sekuritas atau bank yang terdaftar sebagai anggotanya. Teknologi ini kemudian menjadi perantara dua atau lebih lembaga keuangan yang mempunyai layanan transaksi finansial, seperti aktivitas transfer uang antar negara. 

SWIFT juga berperan sebagai penyalur pesan dan informasi lain yang diperlukan terkait transaksi finansial yang dijamin kerahasiaan dan keamanannya oleh SWIFT. Adanya teknologi tersebut dipercaya dapat mengurangi terjadinya risiko operasional, biaya, dan membuat transaksi finansial lebih optimal dan terstandar. 

Kode Swift Code Bank Mandiri

Beberapa perusahaan perbankan di Indonesia biasanya mempunyai kode swift berbeda. Misalnya, swift code Bank Mandiri yang sudah tentu tidak sama dengan Bank BNI atau BCA. Bahkan, meski berada di satu atap perusahaan yang sama, swift code Bank Mandiri ternyata tidak sama dengan swift code Bank Mandiri Syariah. 

Adapun swift code Bank Mandiri terbaru adalah BMRIIDJA. Sementara itu, swift code Bank Mandiri Syariah adalah BSMDIDJA

Fungsi Swift Code Bank Mandiri 

Swift Code Bank Mandiri untuk Transfer Uang ke Negara Lain

Sumber: Freepik

Swift code pada bank punya banyak fungsi yang berkaitan dengan kemudahan dan jaminan keamanan transfer uang secara daring ke luar negeri. Jadi, apabila kamu hendak mengirimkan uang atau menjadi penerima uang yang dikirimkan ke maupun dari luar negeri, baik itu melalui bank transfer maupun memakai kartu kredit, kamu perlu kode ini untuk keperluan verifikasi. 

Inilah mengapa, kamu perlu mengetahui swift code perbankan. Sebab, tanpa kode tersebut, proses pengiriman uang tidak akan berhasil. Jadi, pastikan kamu tahu bagaimana cara mengetahui swift code Bank Mandiri

Kamu dapat menemukan kode tersebut pada bagian depan rekening bank yang menjadi tujuan pengiriman uang. SWIFT code bisa dikatakan sebagai identitas sebuah lembaga pembiayaan untuk semua transaksi finansial yang berlangsung dalam lingkup. Kode tersebut tidak sama pada setiap lembaga pembiayaan. Sehingga dapat memudahkan proses identifikasi. 

Kode satu ini juga membantu transaksi pengiriman uang lebih efisien dan pastinya aman. 

Swift Code Bank Mandiri untuk Transfer Uang ke Negara Lain 

kirim uang ke luar negeri makin gampang pakai Flip

Pesatnya perkembangan teknologi mau tidak mau membuat perbankan harus terus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sekarang, hampir semua bank di seluruh dunia telah terkoneksi dan bisa menjalin kerja sama lebih optimal untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk para nasabah. 

Tidak sedikit lembaga perbankan yang memberikan banyak kemudahan, jaminan keamanan, hingga transaksi yang cepat dari semua negara di seluruh penjuru dunia. Tentunya, penawaran ini menjadi nilai lebih yang membuat para nasabah kian tertarik. Tidak terkecuali Bank Mandiri. 

Melalui swift code Bank Mandiri, nasabah akan lebih mudah bertransaksi, terutama berkirim uang ke negara lain tanpa khawatir akan tindak kriminal keuangan. 

Kamu juga bisa berkirim uang ke berbagai negara di dunia dengan menggunakan Flip Globe, lho! 

Flip Globe adalah suatu layanan transfer uang ke negara lain. Flip Globe memberikan pelayanan transfer uang yang ditujukan untuk rekening milik pribadi, bukan nomor rekening milik perusahaan atau lembaga tertentu. Kondisi ini dikecualikan apabila tujuan nomor rekening milik perusahaan atau lembaga usaha tersedia pada pilihan ketika melakukan transfer uang menggunakan aplikasi Flip. Lalu, apa saja pilihan transfer yang bisa dipakai ketika menggunakan layanan Flip Globe? 

Metode Transfer Pakai Flip Globe

Terdapat empat pilihan metode pengiriman uang yang bisa kamu pakai, yaitu SMS Banking, transfer dari ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking. Namun, Flip tidak akan memproses pembayaran transaksi yang dilakukan melalui Teller bank. Selain itu, ketika kamu hendak transfer uang ke negara lain pakai Flip Globe, pastikan pemilik rekening yang dipakai sama seperti nama yang didaftarkan pada akun Flip untuk menjamin keamanan transaksi. 

Setiap transfer uang yang dilakukan ke negara lain dengan menggunakan Flip Globe tidak sama untuk masing-masing negara. Begitu pula dengan biaya pengiriman uangnya juga tidak sama untuk setiap negara. Jadi, kamu harus memasukkan angka uang yang hendak kamu kirimkan dan pilih negara tujuan. Lalu, biaya pengiriman uang akan muncul secara otomatis. 

Baca juga: Isi E-money Mandiri Makin Simpel!

Ternyata, tidak sulit, ya, transfer uang ke luar negeri? Pastikan saja kamu punya aplikasi Flip untuk bisa memanfaatkan layanan Flip Globe. Kirim uang kem berbagai negara, lebih mudah pakai Flip. Yuk, download Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi