Tutorial | 8 November 2022
Oleh : Farrel Baihaqi
[Bank Mandiri](https://flip.id/blog/bank-mandiri) merupakan bank milik pemerintah yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Bank ini melayani nasabah perseorangan dan bisnis dengan produk meliputi simpanan, pinjaman, investasi, asuransi, dan sebagainya. Mengusung tagline “Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda”, Bank Mandiri turut menyediakan layanan untuk menangani pertanyaan atau keluhan nasabah. Yuk, cari tahu nomor **call center Bank Mandiri** sampai syarat menyampaikan pengaduan di sini! ## **Nomor call center Bank Mandiri** ![Daftar Call Center Bank Mandiri](https://storage.googleapis.com/flip-prod-mktg-strapi/media-library/Daftar_Call_Center_Bank_Mandiri_f25606296f/Daftar_Call_Center_Bank_Mandiri_f25606296f.jpg) Sumber : Finansialku Salah satu bank milik negara ini menyediakan Mandiri Call dengan nomor **(021) 14000**. Sebagai media penanganan untuk berbagai persoalan nasabah, nomor **call center Bank Mandiri** selalu aktif selama 24 jam. Jadi, tidak masalah jika kamu mengalami masalah pada jam berapa pun. Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa menghubungi **call center Mandiri** ini akan dikenakan biaya terhadap pulsa sesuai tarif setiap provider. Sehingga, sediakan pulsa yang cukup saat akan menelepon, ya! ## **Nomor WhatsApp call center Bank Mandiri** ![Nomor WhatsApp call center Bank Mandiri](https://storage.googleapis.com/flip-prod-mktg-strapi/media-library/Nomor_Whats_App_call_center_Bank_Mandiri_51559d796a/Nomor_Whats_App_call_center_Bank_Mandiri_51559d796a.jpg) Sumber : Bizniz Jika ingin menghubungi **customer service Mandiri** bebas pulsa, tersedia Mandiri Intelligent Assistant (MITA). [MITA](https://www.bankmandiri.co.id/chatbot-mita-di-whatsapp-bank-mandiri) dapat dicapai melalui nomor WhatsApp Bank Mandiri di **08118414000**. Nomor ini juga aktif di Telegram, jadi kamu bebas menghubungi MITA sesuai aplikasi yang kamu rasa paling nyaman, ## **Jenis masalah yang dilayani call center Bank Mandiri** Nasabah atau calon nasabah dapat menghubungi **call center Bank Mandiri** untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan atau pengaduannya. Lihat di sini untuk mengetahui jenis masalah umum yang dilayani oleh customer service Mandiri! ### 1**. Kartu ATM hilang** Jika suatu saat kartu debit atau kartu kredit hilang, sebisa mungkin hindari rasa panik. Kamu dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan menghubungi **call center Mandiri** secepatnya. Selanjutnya, petugas akan melakukan tindak lanjut dengan memblokir kartu yang hilang. ### **2. Kartu ATM terblokir** Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kartu ATM terblokir, salah satunya keliru memasukkan PIN berulang kali. Jika mengalami kejadian seperti itu, hubungi **customer service Mandiri** supaya dapat memperoleh arahan seputar langkah penyelesaian masalah selanjutnya. ### **3. Over limit kartu kredit karena efek kenaikan limit sementara** Setiap nasabah kartu kredit memiliki batasan transaksi yang disepakati di awal. Namun, batasan yang disebut sebagai limit itu berpotensi terlewati karena terdampak oleh kenaikan limit sementara. Siapkan saja beberapa dokumen terkait kartu kredit supaya pengaduan lebih praktis. ### **4. Permintaan perubahan data nasabah** Perubahan data nasabah dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya pindah rumah, ganti nomor telepon, perubahan status pernikahan, serta peristiwa lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menelepon customer service Bank Mandiri supaya petugas dapat mengganti informasi nasabah. ### **5. Pertanyaan terkait produk Bank Mandiri** Sebagai nasabah atau calon nasabah, ada kalanya timbul pertanyaan terkait produk Bank Mandiri. Contohnya ketika calon nasabah kebingungan dalam proses membuka rekening, ingin menggunakan fitur aplikasi Livin yang belum dipahami, dan lain-lain. ## **Syarat menyampaikan pengaduan lewat call center Bank Mandiri** Sebelum melakukan pengaduan melalui call center Bank Mandiri, terdapat beberapa syarat yang perlu disiapkan. Apabila pihak yang menyampaikan pengaduan merupakan nasabah secara langsung, siapkan identitas nasabah berupa KTP atau paspor, nomor rekening, kronologi kejadian, serta dokumen pendukung lain seperti kartu kredit. Pihak lain pun bisa berperan untuk mewakili nasabah dalam menyampaikan pengaduan. Namun, itu akan memerlukan surat kuasa bermeterai yang menunjukkan bahwa nasabah menyerahkan kewenangan pengaduan kepada pihak lain. Sediakan juga dokumen lain untuk menunjukkan bahwa perwakilan nasabah memang berwenang mewakili nasabah, contohnya penetapan wali dari pengadilan. ## **Media sosial resmi Bank Mandiri** Kadang kala ditemukan adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang berusaha menipu nasabah dengan meniru akun media sosial resmi bank. Sehingga perlu dicatat mana saja akun media sosial resmi Bank Mandiri. - Twitter : @mandiricare; @bankmandiri; @livinpoin; @mandiricard - Instagram : @bankmandiri - Facebook : Mandiri Care; Bank Mandiri; Livin’poin, Mandiri Kartu Kredit - Email : [email protected] Itulah **call center Bank Mandiri** yang dapat dihubungi ketika kamu memiliki pertanyaan atau masalah seputar produk bank. Apa pun keluhan atau masalah yang kamu hadapi saat menggunakan produk Bank Mandiri, **customer service Mandiri** akan sigap membantumu mengatasinya. Layanan tersebut juga didukung dengan kemudahan transaksi dari dan ke Bank Mandiri, yang bisa kamu lakukan secara cepat dan aman melalui Flip. Bahkan kalau kamu mau transfer ke Bank Mandiri dan rekening bank lain dalam waktu bersamaan, kamu bisa melakukannya dalam satu klik saja! Tenang saja, dengan Flip, kamu bisa transfer uang tanpa biaya alias gratis* ke lebih dari 100 bank di Indonesia, termasuk Bank Mandiri! Menguntungkan banget, kan? Yuk, buruan _download_ aplikasi Flip untuk kemudahan transfer uang secara aman!
*) terdapat limit gratis transfer antarbank.
Bagikan