mural
homeforward
Mulai dan Nikmati 3 Keuntungan Investasi Logam Mulia Ini!

Mulai dan Nikmati 3 Keuntungan Investasi Logam Mulia Ini!

Saat ini, kegiatan berinvestasi sedang digandrungi oleh banyak orang. Dengan berinvestasi, kita jadi bisa mengamankan dana untuk masa depan. Terlebih, berinvestasi ada banyak macamnya. Kamu bisa memilih investasi saham, deposito, atau lainnya sesuai kebutuhan. Salah satu jenis investasi yang sampai saat ini masih sering dilakukan oleh banyak orang adalah investasi logam mulia. Apa saja keuntungan investasi logam mulia dan bagaimana caranya? Yuk, simak uraiannya di bawah ini! 

Baca juga: Ingin Memulai Investasi Emas? Baca Dulu Penjelasannya di Sini!

Apa Itu Investasi Logam Mulia? 

apa itu investasi logam mulia

Sumber: Pexels 

Sebenarnya, ada begitu banyak ragam logam mulia. Namun, saat berbicara tentang investasi logam mulia, orang pasti akan lebih familiar dengan investasi emas. Harga emas pun relatif terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat. Investasi logam mulia dalam bentuk emas ini juga sudah dilakukan sejak zaman dahulu. 

Pasti banyak dari orang tua kita yang membeli emas sebagai investasi masa depan. Dulu, orang akan membeli perhiasan dan menyimpannya sebagai alat investasi. Namun, karena perkembangan zaman, kini kamu bisa membeli emas batangan dari PT. ANTAM. 

Cara Investasi Logam Mulia 

Berinvestasi logam mulia, termasuk emas, tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak salah langkah dalam berinvestasi. Berikut ini cara investasi logam mulia. 

1. Menetapkan tujuan investasi 

Sebelum kamu mulai berinvestasi, tetapkan terlebih dahulu tujuan investasimu. Misalnya, kamu memilih investasi logam mulia untuk kebutuhan menikah atau dana pensiun kelak. Selain menetapkan tujuannya, kamu juga harus mengetahui kapan kamu akan membutuhkan dana tersebut. 

Contohnya, kamu ingin menikah lima tahun lagi. Berarti, kamu perlu memperhitungkan berapa banyak emas yang harus kamu investasikan dan juga kenaikan harganya. Tujuannya agar dana menikah yang kamu butuhkan bisa terpenuhi dari investasi logam mulia yang kamu pilih. 

2. Memantau kenaikan harga logam mulia 

Cara investasi logam mulia yang kedua adalah memantau kenaikan harga. Saat ini, kamu tidak akan kesulitan memantau kenaikan harga logam mulia, khususnya emas. Sudah ada banyak situs yang akan menampilkan perkembangan harga emas per harinya. Bahkan sudah ada aplikasi yang bisa kamu unduh untuk memeriksa harga emas. Memantau harga emas sangat diperlukan karena investasi ini sering mengalami naik-turun harga. 

Saat harga melonjak tinggi, kamu bisa menjual emas yang kamu miliki. Namun, investasi emas biasanya merupakan investasi jangka panjang sekitar lima sampai sepuluh tahun. Belilah logam mulia pilihanmu di tempat yang aman dan tepercaya. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah PT ANTAM. 

3. Menyimpan logam mulia di tempat aman 

Selanjutnya, simpanlah logam mulia yang sudah kamu beli. Jika kamu menyimpannya di dalam rumah, pastikan kamu memiliki brankas yang terjamin kualitas dan keamanannya. Kamu juga bisa menggunakan Safety Deposit Box yang biasanya disediakan oleh bank. Dengan begitu, investasi logam mulia yang kamu miliki bisa terjamin keamanannya dengan baik. 

3 Keuntungan Investasi Logam Mulia 

nikmati keuntungan investasi logam mulia

Sumber: Pexels 

Investasi logam mulia adalah salah satu jenis investasi tradisional. Meskipun begitu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu raih. Beberapa di antaranya adalah: 

1. Kenaikan harga lebih pasti 

Logam mulia dalam bentuk emas biasanya memiliki kenaikan harga yang lebih pasti dibanding dengan investasi saham, misalnya. Apalagi, pasokan emas pun semakin terbatas dan di saat yang bersamaan jumlah permintaan terus meningkat. Kelangkaan emas inilah yang akhirnya membuat harga emas cenderung naik. 

2. Proses pencairan mudah 

Keuntungan investasi logam mulia yang kedua adalah mudahnya proses pencairan dana. Jika kamu sedang terdesak, kamu bisa menjual emas yang kamu miliki. Bila emas yang kamu punya berbentuk batangan, kamu bisa menjualnya kembali di PT. ANTAM. Namun, bila emas berbentuk perhiasan, kamu bisa mendatangi toko emas terdekat. 

3. Risiko relatif rendah 

Investasi logam mulia dalam bentuk emas bisa dikatakan memiliki risiko yang relatif rendah. Saat ada krisis, emas akan lebih menarik bagi para investor. Emas juga bisa berfungsi sebagai lindung nilai saat inflasi. Hal tersebut terjadi karena saat inflasi, nilai uang akan berubah, sedangkan emas memiliki nilai yang cenderung stabil. Sehingga, nilai emas tidak akan terpengaruh oleh inflasi. 

Baca juga: Pengertian, Konsep, dan Akad Investasi Syariah

Bagaimana, tertarik untuk melakukan investasi logam mulia seperti emas? Jika kamu tertarik membeli emas, ada baiknya tabung dana terlebih dahulu sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah yang banyak. Siapkan tabungan di rekening yang terpisah dari rekening pengeluaranmu. Tak perlu khawatir terkena biaya admin saat transfer dana ke rekening tabungan. Kamu bisa pakai aplikasi Flip yang bebas biaya admin* untuk transaksi ke rekening mana saja! Yuk, download sekarang!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi