mural
homeforward
Banyak yang Belum Tahu, Ini Peluang Kerja di Taiwan

Banyak yang Belum Tahu, Ini Peluang Kerja di Taiwan

Taiwan mungkin memang bukan negara yang populer untuk menjadi tujuan beragam keperluan. Terlebih, Taiwan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Namun, hubungan Indonesia dan Taiwan tetap terjalin dalam urusan ekonomi, termasuk peluang kerja di Taiwan.

Baca Juga: Catat, 8 Universitas Di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!

Kerja di Taiwan, Orang Indonesia Berpeluang Besar

kerja di taiwan

Sumber : Envato

Meski belum banyak yang tahu, Indonesia ternyata memiliki peluang besar kerja di Taiwan. Terdapat beberapa alasan mengapa tercipta peluang tersebut. Beberapa poin berikut inilah di antaranya:

  1. Orang Indonesia dikenal sabar, patuh, dan rajin bekerja. Karakter inilah yang menarik para pencari pekerja di Taiwan untuk merekrut pekerja migran dari Indonesia.
  2. Taiwan memerlukan banyak tenaga kerja terampil. Oleh karena itu, banyak lowongan pekerjaan di Taiwan yang tidak memerlukan latar belakang pendidikan yang terlalu tinggi. Pekerja bisa dilatih terlebih dahulu sampai bisa mengerjakan tugasnya sesuai standar yang diharapkan.
  3. Taiwan memiliki program Employment and Placement Service Act, yaitu program yang dikhususkan bagi pekerja asing untuk memenuhi kebutuhan pekerja di Taiwan. Melalui program ini, pemerintah Taiwan menyalurkan tenaga kerja asing ke perusahaan atau sektor-sektor yang memerlukan tambahan tenaga.
  4. Populasi Taiwan yang semakin didominasi penduduk berusia lanjut membuat menurunnya ketersediaan tenaga kerja produktif. Oleh karena itu, dibutuhkanlah tenaga kerja dari luar negeri untuk mengisi kekosongan tenaga pada sektor-sektor produktif. Di samping itu, diperlukan pula tenaga tambahan untuk mengurus serta merawat penduduk usia lanjut yang jauh atau tidak didampingi keluarga dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Bahasa Indonesia semakin diminati di Taiwan. Dengan demikian, pekerja migran dari Indonesia memiliki peluang lebih besar karena menguasai bahasa yang mulai difavoritkan di negeri ini. Tren bahasa Indonesia ini dimulai sejak presiden Taiwan memberlakukan Kebijakan Arah Selatan. Salah satu institusi pendidikan ternama di Taiwan bahkan berinisiatif menyelenggarakan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) secara nasional di Taiwan.

Kisaran Gaji TKI di Taiwan

Besaran gaji Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan bervariasi tergantung dari sektor pekerjaan yang ditekuni. Sebagai gambaran umum, berikut inilah kisaran bayaran yang bisa diterima pekerja pemula setiap bulan untuk berbagai bidang pekerjaan pada tahun 2023..

  1. Industri manufaktur: NT$ 25.000-NT$ 40.000
  2. Teknologi informasi: NT$ 30.000-NT$ 60.000
  3. Perhotelan dan pariwisata (pekerja hotel, pemandu wisata, atau pekerja restoran): NT$ 22.000-NT$ 35.000
  4. Perawatan kesehatan (perawat, teknisi medis, atau fisioterapis): NT$ 30.000-NT$ 50.000
  5. Pendidikan (guru atau pengajar asing): NT$ 40.000-NT$ 70.000
  6. Pengasuh (anak, bayi, atau lanjut usia): NT$16.500-NT$20.000

Nilai kisaran di atas bisa berubah setiap saat. Kalau kamu tertarik untuk bekerja di Taiwan, selalu lakukan riset lebih lanjut dan dapatkan informasi terbaru dari sumber yang dapat dipercaya. Dengan begitu, gambaran yang didapat pun bisa lebih akurat.

Prosedur dan Syarat Cari Kerja di Taiwan

kerja di taiwan

Sumber : Envato

Setelah mengetahui peluang dan kisaran gaji bekerja di Taiwan, kamu perlu mengetahui prosedur dan persyaratannya. Prosedur dan syarat kerja di Taiwan secara rinci tentu tergantung pada bidang pekerjaan yang akan dimasuki. Namun, secara umum, berikut inilah hal-hal yang harus kamu persiapkan.

Mencari program kerja di Taiwan

Kamu bisa memperoleh informasi lowongan pekerjaan melalui situs-situs resmi pemerintah atau agensi-agensi tepercaya. Dari pemerintah, informasi tersebut dapat dicari melalui Dinas Ketenagakerjaan Indonesia maupun Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Izin kerja

Sebagai warga negara asing yang ingin bekerja di Taiwan, kamu harus memiliki izin kerja yang sah. Kamu bisa memperolehnya setelah melamar pekerjaan kepada pemberi pekerjaan di Taiwan. 

Pemberi kerja harus memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan pemerintah Taiwan. Setelah menerima pegawai yang sesuai, mereka mengajukan aplikasi izin kerja ke lembaga pemerintah yang berwenang di Taiwan. 

Untuk mempermudah keluarnya izin kerja, calon pekerja asing yang diajukan harus memiliki keterampilan atau pendidikan yang sesuai dengan posisi di perusahaan. Calon pekerja juga harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Selain itu, visa dan izin kerja harus sudah diterbitkan sebelum tiba di Taiwan.

Peraturan pemerintah Taiwan bisa berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting bagimu untuk bekerja sama dengan pihak pemberi pekerjaan dan agensi imigrasi resmi. Dengan demikian, masalah dan penundaan bisa dihindari. Proses penerbitan izin kerja pun bisa jadi lebih cepat.

Persyaratan umum

Secara umum, dokumen-dokumen berikut ini harus kamu siapkan sebelum berangkat ke Taiwan:

  • Paspor yang masih berlaku
  • Kontrak kerja yang sah dari pemberi kerja di Taiwan
  • Keterampilan, pendidikan, atau pengalaman kerja yang sesuai untuk posisi yang diajukan
  • Bebas dari masalah kesehatan yang berpotensi mengganggu kinerja
  • Tidak terlibat dalam kegiatan ilegal atau kriminal
  • Mematuhi peraturan dan undang-undang kerja Taiwan

Baca Juga: Serba-Serbi Biaya Hidup Di Jepang, Yuk Siap-Siap!

Ketika kamu kerja di Taiwan, sedangkan keluarga ada di Indonesia, kamu akan memerlukan platform untuk melakukan transfer internasional dengan praktis. Untungnya, Flip Globe bisa mempermudah proses transfer uang ke luar negeri. Dengan aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Google Plyastore ini, kamu pun transfer ke luar negeri sambil rebahan di rumah. 

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi