mural
homeforward
Ini Alasan Kenapa WiFi Tidak Ada Internet

Ini Alasan Kenapa WiFi Tidak Ada Internet

Di era digital, internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Untuk bisa mengaksesnya, kita perlu berlangganan paket data atau menggunakan WiFi. Namun, terkadang meski sudah terkoneksi WiFi, ponsel atau laptopmu masih tidak bisa mengakses internet? 

Nah, temukan jawaban kenapa WiFi tidak ada internet dalam ulasan berikut.

Baca Juga: Tidak Perlu Ribet, Ini Dia Cara Beli Pulsa Online Lewat HP

Penyebab Kenapa WiFi Tersambung Tetapi Tidak Ada Internet

wifi tidak ada internet

Photo credit: Eraspace

Ada beberapa penyebab kenapa WiFi terhubung tapi tidak ada internet yang mungkin terjadi, di antaranya:

Gangguan Jaringan

Gangguan pada jaringan penyedia layanan dapat menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet padahal terhubung dengan perangkatmu. Gangguan pada jaringan penyedia internet bisa terjadi karena cuaca yang buruk. Tapi bisa juga memang ada gangguan dari sistem internal mereka.

Gangguan jaringan lain seperti DNS cache yang butuh dibersihkan juga bisa menjadi penyebab kenapa kamu tidak bisa terhubung dengan internet. Gangguan jaringan juga bisa karena salah pengaturan network pada perangkat.

Masalah di Router

Pengertian router adalah sebuah perangkat jaringan yang berguna untuk menghubungkan berbagai perangkat pengguna dengan modem. Router inilah yang tugasnya memancarkan sinyal WiFi, jadi jika dia bermasalah maka internet bisa saja jadi tidak terhubung dengan benar.

Kerusakan router  yang parah bisa menyebabkan sinyal WiFi menjadi hilang sama sekali. Kalau hanya error atau ada kabel yang lepas, biasanya menjadi penyebab kenapa WiFi tidak ada internet padahal terhubung.

Salah Pengaturan pada Gawai

Setiap gawai memiliki pengaturan WiFi sendiri, baik itu ponsel ataupun laptop. Kesalahan pengaturan ini dapat menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet. Bisa saja gawaimu dan router berada pada pengaturan frekuensi yang berbeda.

Kemacetan Jaringan

Kemacetan jaringan ini sesuai istilahnya adalah situasi di mana jaringan melayani permintaan koneksi yang melebihi kapasitasnya. Persis seperti jalanan ibukota ketika jam berangkat dan pulang kerja, kemacetan jaringan ini bisa membuat performa internet menurun dan bahkan membuat kamu tidak kebagian akses internet.

Jarak dengan Router Terlalu Jauh

Makin jauh jarak perangkatmu dengan router maka sinyal yang diterima akan makin lemah. Hal ini bisa menjadi penyebab kenapa WiFi terhubung tapi tidak ada internet juga. Kamu bisa melihat indikator kekuatan sinyal pada logo WiFi di perangkatmu, apakah terisi penuh atau tidak.

Serangan Peretas atau Malware

Internet kamu bisa berhenti bekerja jika kamu diserang oleh peretas atau malware. Peretas punya motif untuk menghentikan internet agar kamu makin tidak bisa melawan. Sementara beberapa malware didesain untuk menunggangi bandwidth dan data jaringan milikmu. 

Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet

wifi tidak ada internet

Photo credit: Mamikos

Untuk mengatasi kenapa WiFi tidak ada internet ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan, yaitu:

  • Cek semua kabel-kabel dan lampu indikator pada router apakah sudah benar. Kabel yang longgar juga bisa mengganggu koneksi.
  • Cek pengaturan jaringan di perangkatmu. Jika ada VPN yang aktif, coba matikan dulu. Terkadang VPN bisa menjadi alasan kenapa WiFi terhubung tapi tidak ada internet juga. Kamu juga bisa mencoba mengganti frekuensi WiFi yang ada di pengaturan perangkatmu.
  • Matikan router dan tunggu sekitar 30 detik sebelum menyalakannya kembali. Ini akan membantu untuk mereset router yang mengalami error.
  • Restart ponsel atau laptop yang kamu gunakan untuk terhubung ke WiFi. 
  • Coba lupakan jaringan dan melakukan proses koneksi ulang. Hal ini supaya jika misalnya ada kesalahan pengaturan koneksi WiFi di perangkat milikmu, akan direset menjadi pengaturan asalnya dulu.
  • Mengaktifkan mode pesawat pada perangkatmu akan memutus koneksi sementara. Tetapi hal ini akan menyegarkan koneksi dengan WiFi ketika mode pesawatnya dinonaktifkan.
  • Gunakan diagnostic tool yang biasanya ada pada sistem operasi laptopmu untuk menganalisa penyebab kenapa WiFi tidak ada internet.
  • Khusus untuk laptop, kamu mungkin bisa mencoba memperbarui driver sistem operasimu. Terkadang driver yang tidak update bisa mengganggu kelancaran koneksi.
  • Pada laptop, kamu bisa melakukan proses flushing DNS cache melalui command prompt.
  • Jika kamu sudah mencoba berbagai hal di atas dan kamu masih tidak bisa terkoneksi dengan internet, maka sudah saatnya kamu segera menghubungi nomor kontak penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Bisa jadi permasalahannya ada di hulu koneksi mereka.

Nah, itu dia ulasan mengenai kenapa WiFi tidak ada internet dan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Jika penyelesaian teknis untuk masalah koneksi internetmu tidak membuahkan hasil, coba cek apakah tagihan biaya berlangganan WiFi di rumahmu sudah dibayar atau belum.

Baca Juga: Ini Dia Cara Pasang TV Kabel Di Rumah Dan Pilihannya

Kalau belum, untuk pembayaran biaya langganan Internet dan TV Kabel tersebut sekarang bisa secara daring dan praktis dengan menggunakan Flip saja. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Appstore maupun Playstore. Selamat mencoba.

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi