mural
homeforward
Ini Dia Cara Pasang TV Kabel di Rumah dan Pilihannya

Ini Dia Cara Pasang TV Kabel di Rumah dan Pilihannya

Mungkin kamu pernah mendengar tentang layanan televisi kabel, tetapi apa sih sebenarnya beda TV kabel dengan TV biasa? Bagaimana cara pasang TV kabel dan apa saja rekomendasinya? Untuk menjawab semua pertanyaanmu, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: First Media Gangguan? Ini Solusinya!

Sekilas Tentang TV Kabel

tv kabel

Photo credit: Kompas

Tahukah kamu, televisi baru masuk di Indonesia pada era tahun 60-an. Stasiun televisi pertama yang kala itu mengudara adalah stasiun milik pemerintah, TVRI. Baru pada tahun 1989, muncullah RCTI sebagai stasiun televisi swasta yang pertama.

Dalam perkembangannya, muncullah TV kabel. Istilah televisi kabel sendiri merujuk pada sistem penyiaran tayangan televisi lewat isyarat frekuensi radio, yang kemudian ditransmisikan memakai kabel coaxial atau serat optik yang tetap. Jadi, sistem penyiarannya tidak lewat udara layaknya siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (terrestrial). 

Jika siaran televisi biasa tidak membutuhkan biaya langganan, untuk menikmati televisi kabel, kamu harus mengeluarkan biaya langganan TV kabel. Hal ini sebab TV kabel membutuhkan infrastruktur kabel dan alat tambahan untuk menerima frekuensi saluran-salurannya.

Meskipun ada harga layanan yang harus dikeluarkan, banyak orang tetap memilih berlangganan TV kabel. Hal ini dikarenakan lebih variatifnya tayangan televisi kabel dibanding televisi biasa. Selain itu ada beberapa tayangan yang secara eksklusif memang hanya bisa diakses dengan menggunakan TV kabel.

Tips Memilih Layanan Langganan TV Kabel

Pemilihan langganan adalah sesuatu yang bersifat personal dan tergantung preferensi masing-masing. Tapi ada beberapa tips memilih layanan langganan TV kabel yang bisa kamu ikuti berikut ini.

Cari Tahu Penyedia Layanan TV Kabel di Daerahmu

Setiap penyedia layanan TV kabel memiliki jangkauan layanan yang  berbeda-beda. Bahkan meski masih dalam satu kota yang sama, bisa saja kecamatan yang satu memiliki akses kabel dan kecamatan lainnya tidak.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan mau pasang TV kabel, kamu harus survey terlebih dahulu, apa saja penyedia layanan yang sudah ada akses ke wilayah rumahmu. Kamu bisa bertanya pada tetangga yang sudah lebih dulu menggunakan TV kabel.

Bandingkan Paket Saluran yang Ditawarkan

Setiap penyedia layanan TV kabel biasanya selain memiliki harga TV kabel yang berbeda-beda, juga memiliki paket saluran televisi yang berbeda-beda pula. Bandingkan setiap paket saluran yang ditawarkan padamu agar bisa memilih mana yang paling banyak akan ditonton oleh orang serumah.

Harga layanan TV kabel biasanya berbanding lurus dengan jumlah siaran yang bisa ditangkapnya. Semakin mahal harga langganan TV kabel biasanya akan semakin banyak pula siaran yang bisa kamu tonton.

Bandingkan Fiturnya

Selain siaran yang ditawarkan, kamu juga harus membandingkan fitur-fitur layanan TV kabelnya. Fitur-fitur yang dimaksud di sini seperti ketajaman gambar, kestabilan sinyal, apakah bisa ditonton dengan gawai lain, atau mungkin sudah satu bundel dengan layanan internet.

Bandingkan Promonya

Berbeda dengan beberapa dekade lalu, sekarang sudah lebih banyak lagi pihak swasta yang menawarkan layanan pasang TV kabel. Makanya tidak heran pihak-pihak tersebut saling bertarung menawarkan promo-promo menarik seperti diskon atau gratis layanan selama beberapa bulan.

Pilih yang Pemasangannya Mudah

Buat kamu yang sibuk, kamu bisa memilih penyedia layanan yang memberikan fasilitas untuk pemesanan dan jasa pemasangan secara daring. Sehingga kamu tidak perlu repot datang ke kantor mereka. 

Untuk cara pasangnya sendiri nanti setelah kamu melakukan pemesanan, biasanya akan ada teknisi yang datang ke rumah untuk mengaturnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan pusing sendiri.

Rekomendasi TV Kabel

rekomendasi tv kabel

Photo credit: Rumah.com

Beberapa penyedia layanan langganan TV kabel di Indonesia yang bisa kamu cek antara lain:

Indovision

Harga layanannya tergolong terjangkau karena mulai dari 100-an ribu hingga 200-an ribu rupiah.

Okevision

Harga TV kabel Okevision sangat murah, ada yang hanya 30-an ribu rupiah saja.

First Media

First Media menawarkan paket bundle dengan layanan internet cepatnya. Biaya mulai dari 200-an ribu hingga jutaan rupiah tergantung jumlah siaran dan kecepatan internet yang kamu pilih.

Nexmedia

Harga layanannya tergolong terjangkau karena mulai dari 100-an ribu hingga 200-an ribu rupiah.

Big TV

Harga layanannya tergolong terjangkau karena mulai dari 100-an ribu hingga 500-an ribu rupiah.

Transvision

Harga layanannya tergolong terjangkau karena mulai dari 100-an ribu hingga 400-an ribu rupiah.

Orange TV

Harga layanannya tergolong terjangkau karena mulai dari 100-an ribu hingga 200-an ribu rupiah.

My Republic

My Republic menawarkan paket bundle dengan layanan internet cepatnya. Biayanya mulai dari 300-an ribu hingga 800-an ribu rupiah tergantung jumlah siaran dan kecepatan internet yang kamu pilih.

Baca Juga: Berikut Ini Cara Cek BI Checking Yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, itu dia ulasan mengenai TV kabel, mulai dari cara pasang TV kabel hingga rekomendasi penyedia layanannya. Untuk pembayaran biaya langganan Internet dan TV Kabel di rumahmu, sekarang bisa secara daring dan praktis dengan menggunakan Flip saja.

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi