mural
homeforward
Pahami Kegunaan Swift Code BRI dan Nomornya

Pahami Kegunaan Swift Code BRI dan Nomornya

Dengan pesatnya perkembangan globalisasi, kini kamu bisa bertransaksi dengan rekening luar negeri tanpa proses yang sulit. Misalnya, untuk menerima pembayaran freelance atau sekadar mengirimkan uang bulanan kepada keluarga di lain negara. Nah, untuk kamu yang memiliki rekening BRI, kamu harus memahami format SWIFT Code BRI terlebih dulu sebelum bisa bertransaksi dengan rekening luar negeri.

 

Fungsi SWIFT Code BRI

Sebenarnya, apa itu SWIFT Code BRI? SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. Ini merupakan sebuah kode khusus yang menjadi identitas suatu bank dalam kegiatan transaksi dana mancanegara. Fungsi SWIFT Code mirip dengan kode pos atau kode negara yang digunakan dalam nomor telepon.

Tanpa menggunakan SWIFT Code BRI saat bertransaksi dengan rekening luar negeri, maka transaksi pun tidak akan bisa diproses. Kalaupun bisa, besar risikonya dana tidak masuk ke rekening tujuan karena tidak punya kode yang jelas.

 

Baca Juga : Swift Code BCA: Transfer Antarnegara Lebih Aman

Cara Kerja SWIFT Code

Photo by snowing on Freepik

SWIFT adalah jaringan bank di seluruh dunia, sementara SWIFT Code berarti identitas yang digunakan sebagai pengenal bank dalam jaringan tersebut. Dengan adanya kode khusus ini, maka transaksi internasional pun dapat distandarkan.

SWIFT Code juga bekerja sebagai kode pengaman agar transaksi keuangan internasional bisa sampai ke rekening tujuan tanpa hambatan. Untuk itu, kamu harus selalu mengingat SWIFT Code saat melakukan transaksi keuangan dengan rekening luar negeri.

 

Daftar Nomor SWIFT BRI di Berbagai Kota

Untuk BRI, SWIFT Code yang sudah ditentukan adalah “BRINDJA”. Untuk bisa menggunakan SWIFT Code BRI, kamu harus melengkapinya dengan kode kantor cabang BRI tempat rekeningmu terdaftar. Berikut adalah beberapa nomor SWIFT BRI di beberapa kota:

1. Jakarta

  • Kantor Cabang Kustodian BRI: BRINDJACUS
  • Kantor Cabang Jakarta Kota: BRINDJA019
  • Kantor Cabang Fatmawati: BRINDJA330
  • Kantor Cabang Kebayoran Baru: BRINDJA193
  • Kantor Cabang Khusus KCK: BRINDJA206

2. Bandung

  • Kantor Cabang Dewi Sartika: BRINDJA286
  • Kantor Cabang Asia-Afrika: BRINDJA005

3. Surabaya

  • Kantor Cabang Pahlawan: BRINDJA211
  • Kantor Cabang Rajawali: BRINDJA172
  • Kantor Cabang Tanjung Perak: BRINDJA328
  • Kantor Cabang Kaliasin: BRINDJA096

4. Tangerang

  • Kantor Cabang Tangerang: BRINDJA120

5. Makassar

  • Kantor Cabang Somba Opu: BRINDJA343
  • Kantor Cabang Achmad Yani: BRINDJA050

Cara Mengetahui Kode Swift Bank BRI

Photo by jcomp on Freepik

Sebenarnya, kamu tidak harus menghafal satu per satu nomor SWIFT BRI. Sebab, informasi mengenai kode khusus ini tercantum di beberapa dokumen resmi yang dikeluarkan BRI, seperti e-statement. Kamu bisa langsung mengeceknya di dokumen tersebut. Berikut adalah cara mengetahui Kode SWIFT bank BRI yang bisa kamu coba:

1. Laporan aktivitas perbankan

Jika kamu melupakan SWIFT Code BRI sebelum bertransaksi, tak perlu panik. Coba cek kembali laporan aktivitas perbankan atau e-statement. Buat kamu yang menggunakan mobile atau internet banking, bisa langsung membuka menu statement atau mutasi.

Dari data transaksi sebelumnya, akan terlihat SWIFT Code yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Catat kode tersebut dan cantumkan pada kolom yang diminta.

2. Website resmi BRI

BRI juga sudah menyediakan informasi seputar SWIFT Code dan cara menggunakannya. Kamu cukup mengakses website resmi BRI di bri.co.id. Bisa juga melalui halaman transaksi mobile atau internet banking. Biasanya, sistem sudah menyimpan data SWIFT Code bank yang dituju.

3. Mesin pencarian

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan SWIFT Code BRI yang benar. Caranya pun mudah, cukup ketikkan kata kunci “SWIFT BRI” atau “SWIFT Code BRI”. Mesin pencari akan menampilkan halaman website yang mencantumkan informasi seputar SWIFT Code.

Namun, kamu harus teliti saat menggunakan mesin pencari. Sebab, ada kemungkinan website menampilkan informasi yang kurang akurat atau tidak update.

 

Baca Juga : Swift Code Bank BRI: Cara Kerja dan Cara Mencarinya

 

Dengan adanya nomor SWIFT BRI, kamu bisa menerima uang dari luar negeri dan sebaliknya dengan lebih lancar. Namun, jika menggunakan aplikasi Flip, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari apalagi menghafalkan kode SWIFT bank mana pun.

Didukung fitur Flip Globe, kamu bisa transfer dana ke luar negeri tanpa harus menggunakan kode khusus. Prosesnya pun jauh lebih praktis dan simpel, bahkan tanpa berpindah aplikasi. Bagaimana dengan biayanya? Kamu tidak perlu khawatir karena biaya administrasi Flip Globe terjangkau!

Nah, tunggu apa lagi? Lebih leluasa transfer dana ke luar negeri, tanpa perlu menghafal SWIFT Code BRI dengan aplikasi Flip. Bisa kamu download gratis di App Store dan Google Play Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi