mural
homeforward
Swift Code BCA, Transfer Antarnegara Lebih Aman

Swift Code BCA, Transfer Antarnegara Lebih Aman

Hadirnya internet membuat berbagai aktivitas terasa makin leluasa, tidak ada lagi batas antarnegara. Ini termasuk pula transaksi di sektor perbankan. Jika sebelumnya tidak banyak orang yang melakukan pengiriman uang ke bank dan kirim uang ke negara lain, sekarang makin banyak orang melakukannya.

Baca juga: Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui Swift Code BCA!

 

Ini berkat adanya teknologi Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau lebih akrab disebut dengan kode swift. Teknologi canggih ini telah diadaptasi oleh salah satu bank swasta terbaik di Indonesia, yaitu PT. Bank Central Asia atau Bank BCA melalui swift code Bank BCA

Mungkin, lebih banyak orang memakai Paypal atau Western Union ketika harus mengirimkan sejumlah uang ke negara lain. Padahal, kamu bisa juga mengirim atau transfer uang seperti biasanya, hanya saja dalam konteks ini transfer dilakukan ke bank di negara lain. 

Inilah mengapa, selain nomor rekening pihak yang menjadi penerima uang, kamu juga membutuhkan kode swift untuk kebutuhan transfer uang ke negara lain. Umumnya, kode ini berada di bagian depan nomor rekening pihak yang menjadi penerima dana. 

Mengenal Swift Code Bank BCA 

Swift Code Bank BCA

Sumber : Kompas 

Sebenarnya, kode swift adalah sebuah kode unik dari bank yang sah secara global. Kode unik ini tersusun dari 8 sampai 11 karakter yang merupakan kombinasi dari angka dan huruf. Kode swift menjadi identitas dari perusahaan perbankan lengkap dengan cabang kantornya. 

Jadi, apa itu swift code bank BCA adalah kode yang menjadi identitas dari bank BCA. Kode yang turut dikenal sebagai Bank Identifier Code atau kode BIC ini menjadi penghubung setidaknya sebanyak 11 ribu perusahaan perbankan di berbagai negara di seluruh dunia. 

Tidak sedikit orang yang menggunakan Bank BCA karena memiliki aksesibilitas yang terbilang tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial mereka. Ini termasuk kepentingan mengirimkan uang ke luar negeri dengan memanfaatkan swift code Bank BCA. 

Jadi, kamu perlu tahu bagaimana cara mengetahui swift code Bank BCA supaya transaksi yang kamu lakukan jadi lancar dan pastinya lebih aman. Bukan tanpa alasan, ini karena kode tersebut menjadi salah satu syarat penting supaya kamu bisa kirim uang ke negara lain. 

Terlebih apabila lingkup kerja kamu kerap berkaitan dengan klien yang berasal dari luar negeri. Bukan tidak mungkin orang akan menanyakan swift code rekening milikmu ketika hendak melakukan pembayaran. 

Code Swift Bank BCA 

Swift Code Bank BCA

Sumber : Future Cio 

Nah, jika kamu pengguna setia layanan Bank BCA, tentu kamu harus menghafal kode swift bank ini. Adapun kodenya adalah CENAIDJA. Kode swift ini berlaku untuk semua Bank BCA, baik di kantor pusat Jakarta maupun cabang lain di seluruh Indonesia. Artinya, misalnya kamu berdomisili di wilayah Bandung, swift code Bank BCA Bandung juga CENAIDJA

Pemakaian kode tersebut dijamin keamanannya dan pastinya tidak akan membuat para nasabah mengalami kerugian. Sebab, swift sendiri lebih mengarah pada teknologi yang berperan sebagai perantara yang tidak mempunyai informasi maupun akses uang yang hendak kamu kirimkan.

Sederhananya, kode ini hanya berperan sebagai identitas dari suatu lembaga perbankan pada lingkup internasional. Pemakaian kode swift ini akan memberikan jaminan bahwa pengiriman uang yang kamu lakukan ke luar negeri akan sampai pada penerima dengan cara yang lebih mudah dan tentunya lebih efisien. 

Uang yang dikirim dari negara mana saja akan sampai, pastikan saja kode yang digunakan sudah benar dan sesuai dengan nomor rekening bank kepunyaanmu. 

Swift Code untuk Transfer Antarnegara yang Lebih Aman 

Cara Setor Tunai di ATM BCA

Sumber : Harga Belanja 

Dibandingkan dengan metode lainnya, mengirimkan uang ke negara lain dengan menggunakan kode swift, termasuk swift code Bank BCA bisa dibilang lebih mudah. Terlebih jika kamu tidak paham benar mengenai bagaimana cara kerja sistem internet banking ataupun tidak mempunyai kartu kredit. 

Baca Juga: Cara Mudah Melihat dan Download Mutasi Rekening BCA

Biasanya, kartu kredit menjadi salah satu syarat untuk memiliki akun Paypal. Kamu hanya butuh kode berikut nomor rekening penerima. Sekarang, kamu juga bisa transfer uang ke negara lain lewat Flip, lho! Pastinya dengan memanfaatkan layanan Flip Globe. 

Caranya sangat mudah, kok! Ikuti langkah berikut ini, yuk! 

  • Pastikan kamu sudah punya aplikasi Flip dan sudah buat akun, ya! Jangan lupa untuk verifikasi email kamu setelah membuat akun. 
  • Lalu, kamu bisa pilih fitur Flip Globe dan pilih negara yang menjadi tujuan kamu mengirim uang. 
  • Selanjutnya, masukkan nominal uang yang hendak kamu kirimkan. Kamu akan dikenai biaya transfer yang besarnya berbeda untuk setiap negara. 
  • Jika sudah, kamu bisa memilih menu Lanjutkan. 
  • Kamu bisa memilih tujuan mengirim uang, apakah ke rekening perorangan lain atau rekening bisnis. 
  • Jangan lupa untuk memasukkan detail informasi penerima dan kode swift bank yang digunakan. 
  • Sebelum menyetujui untuk proses transfer, pastikan semua data yang kamu isikan sudah benar, ya! Cek sekali lagi untuk memastikan. 

Perlu diketahui bahwa Flip tidak akan memproses transfer dana apabila nama pengirim tidak sama dengan nama pemilik akun Flip. Selain itu, Flip juga tidak memproses transaksi yang tidak dibolehkan. Ini termasuk transaksi aset kripto, pencucian uang, transaksi diplomatik, berlian mentah, perhiasan berharga, dan masih banyak lagi. 

Transaksi dengan menggunakan layanan Flip Globe akan selesai diproses dalam durasi yang tidak sama untuk setiap negara tujuan. Transaksi yang kamu lakukan juga baru dapat diproses setelah Flip menerima dana dari pengirim. 

Nah, terkait nominal transaksinya, angka minimal transaksi adalah 1 yang sesuai dengan mata uang di setiap negara. Namun, angka ini tidak berlaku pada negara Korea Selatan, yang mengharuskan nominal transfer minimal 300 ribu KRW dan negara Filipina yang mengharuskan nominal transfer minimal 50 PHP. 

Sedangkan batas nominal maksimal yang bisa kamu transfer adalah 99 juta untuk semua negara. Apabila kamu hendak mengirim dana lebih dari 99 juta, Flip akan menahan transaksi dan meminta dokumen pendukung tujuan transaksi. 

kirim uang ke luar negeri makin gampang pakai Flip

Bagaimana, transfer uang ke negara lain pakai Flip Globe lebih mudah dan praktis, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, pastikan kamu sudah download aplikasi Flip, ya!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi