mural
homeforward
Swift Code Bank BRI: Cara Kerja dan Cara Mencarinya

Swift Code Bank BRI: Cara Kerja dan Cara Mencarinya

Sekarang, transaksi finansial lebih mudah dilakukan berkat masifnya perkembangan teknologi beberapa tahun terakhir ini. Tidak hanya transaksi antarbank dalam negeri, tetapi juga transaksi keuangan antarbank luar negeri.

Namun, kemudahan ini tidak lepas dari peran teknologi yang dikenal dengan istilah swift code. Kode tersebut memang punya peran yang sangat penting terhadap kelancaran proses pengiriman uang antarnegara.

Jadi, misalnya kamu punya kerabat di luar negeri dan ingin mengirim atau transfer uang ke Indonesia, kode swift harus digunakan. Sayangnya, masih banyak masyarakat awam yang belum memahami dengan baik apa itu swift code.

Singkatnya, swift code sebenarnya adalah bentuk singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications. Kode ini dipakai untuk membantu memudahkan proses identifikasi lembaga perbankan atau sekuritas yang berlokasi di negara maupun cabang khusus.

Biasanya, kode swift tersusun dari 8 atau 11 karakter campuran angka dan huruf, tetapi bisa juga terdiri dari huruf saja.

Misalnya, swift code Bank BRI adalah BRINIDJA. Empat deret huruf yang ada di posisi paling depan mewakilkan identitas lembaga pembiayaan, dalam hal ini Bank BRI.

Lalu, dua huruf selanjutnya menunjukkan kode negara asal perusahaan perbankan tersebut. Sedangkan dua huruf paling akhir menggambarkan lokasi atau kode cabang.

Namun, untuk swift code Bank BRI Indonesia sendiri bisa dibilang cukup unik. Tidak seperti bank lain di Indonesia yang hanya memiliki satu kode swift untuk kantor pusat maupun cabangnya.

Swift code Bank BRI untuk kantor pusat tidak sama dengan kode swift untuk kantor cabang. Bahkan, kodenya juga tidak sama untuk swift code Bank BRI Syariah, dalam hal ini adalah BRISIDJA.

Kode swift sendiri dibuat oleh organisasi SWIFT. Tujuan utamanya adalah membantu memudahkan aktivitas pertukaran semua bentuk informasi yang berkaitan dengan industri finansial antarnegara di seluruh dunia.

Setidaknya, sekarang sudah ada kurang lebih 200 negara yang sudah ikut bergabung dalam asosiasi tersebut dengan lebih dari 9 ribu perusahaan sekuritas dan perbankan yang termasuk di dalamnya.

Selain swift, kode transaksi antarnegara ini juga dikenal dengan sebutan Bank Identifier Code atau BIC. Sebutan ini mengarah pada fungsi utamanya yaitu mengenali identitas lembaga finansial yang dimiliki oleh negara tertentu.

Mengetahui Cara Kerja Swift Code

Cara Kerja Swift Code Sumber : Paysera

Lalu, bagaimana cara kerja dari swift code ini? Mudah saja, kok. Misalnya, kamu merupakan seorang nasabah dari Bank A di negara Jepang. Kamu hendak mengirim uang kepada orang tua yang berada di Indonesia dan menjadi pemilik dari rekening Bank BRI di Jakarta.

Nah, hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi kantor Bank A paling dekat dengan lokasi tempat tinggalmu di Jepang. Jangan lupa bawa juga detail informasi mengenai nomor rekening orang tua serta swift code Bank BRI, yaitu BRINIDJA.

Selanjutnya, Bank A akan menyampaikan instruksi pesan untuk melakukan pengiriman uang atau transfer ke Bank BRI Jakarta dengan memanfaatkan sistem SWIFT. Setelah Bank BRI kantor pusat Jakarta menerima pesan dari Bank A tadi, Bank BRI akan melanjutkan proses settlement dan melakukan debit transfer uang tadi langsung ke rekening orang tuamu.

Namun, kamu juga perlu tahu kalau kode swift sebenarnya merupakan jaringan kode komunikasi yang hanya menjadi perantara transaksi pengiriman uang antarbank di lingkup internasional. Inilah sebabnya, kode SWIFT tidak akan mempunyai uang atau sekuritas dalam bentuk apa pun, serta tidak mempunyai obligasi misalnya guna mengelola nomor rekening setiap nasabah.

Cara Mencari Swift Code Bank BRI

Cara Mencari Swift Code Bank BRI Sumber : Etalase Bisnis

Selanjutnya, bagaimana cara mencari swift code Bank BRI? Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menemukan swift code dari suatu bank, yaitu:

1. Melalui Bukti Laporan Aktivitas Nomor Rekening

Beberapa perusahaan perbankan kerap meletakkan swift code pada bukti laporan kegiatan nomor rekening yang diperoleh nasabah dalam frekuensi bulanan. Kamu dapat melakukan pengecekan apakah memang benar kode tersebut tercantum atau tidak.

Namun, apabila ternyata tidak ada. Kamu dapat melakukan pengecekan kode swift bank dengan menggunakan layanan mobile banking.

2. Melalui Website Resmi Perusahaan Perbankan

Cara mencari swift code bank yang kedua adalah melihat langsung di website resmi perusahaan perbankan yang menjadi tempat membuat rekening. Umumnya, kode tersebut akan tercatat dengan jelas di sisi depan website resmi perusahaan.

Namun, tidak semua lembaga perbankan menuliskan kode swift mereka pada situs resmi. Jadi, kalau kamu tidak menemukan kode swift dalam laman resmi bank, kamu bisa melanjutkan pencarian secara online.

3. Melalui Mesin Pencari

Cara terakhir ini menjadi cara yang paling mudah dan banyak dilakukan untuk mendapatkan informasi seputar swift code lembaga perbankan tertentu di Indonesia. Kamu cukup mengetikkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, kamu mencari swift code Bank BRI atau swift code Bank BRI Syariah pada mesin pencari Google. Nantinya, akan banyak sekali situs yang memberikan hasil berupa nomor kode swift Bank BRI dan Bank BRI Syariah.

Demikian tadi informasi seputar swift code, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana mencarinya. Apabila kamu hendak mengirimkan uang dari Indonesia ke luar negeri, sekarang bisa lebih mudah dan praktis dengan menggunakan layanan Flip Globe dari aplikasi Flip.

Flip Globe memberikan pelayanan berupa pengiriman atau transfer uang dengan tujuan nomor rekening individu, bukan rekening untuk perusahaan atau bentuk badan usaha lain. Kecuali apabila tujuan nomor rekening untuk perusahaan tersebut memang ada dalam opsi pilihan ketika kamu melakukan transfer uang lewat aplikasi Flip.

send-money-abroad

Layanan Flip Globe dari aplikasi Flip melayani transfer uang dari empat metode, yaitu mobile banking, sms banking, internet banking, dan melalui mesin ATM. Sebaliknya, Flip Globe tidak akan memproses layanan pengiriman uang ke luar negeri yang dilakukan melalui petugas bank atau teller.

Setiap transaksi pengiriman uang yang kamu lakukan akan memiliki waktu proses dan biaya transfer antarnegara yang tidak sama, ya! Misalnya, transfer uang ke Amerika tentu punya proses dan biaya yang tidak sama dengan transfer uang ke Cina.

Namun, melalui Flip Globe, kirim uang ke berbagai negara di seluruh dunia jadi tidak repot lagi. Yuk, pakai Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi