mural
homeforward
Panduan Memilih Jurusan di Universitas Al Azhar Mesir dengan Tepat

Panduan Memilih Jurusan di Universitas Al Azhar Mesir dengan Tepat

Pilihan kuliah di luar negeri bukan hanya perguruan tinggi di Eropa atau Amerika. Kamu bisa pula memilih untuk menjalani pendidikan tinggi di Mesir yang mempunyai salah satu perguruan tinggi tertua dunia, yakni Al Azhar. Lalu, apa pilihan jurusan di Universitas Al Azhar Mesir yang cocok untuk kamu? 

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dan tertua dunia, kamu tentu ingin memilih program studi yang tepat di Al Azhar. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan tenang dan tidak merasa salah pilih jurusan. 

 Baca Juga : Nggak Usah Jauh-jauh, Kuliah di 7 Universitas Terbaik di Malaysia, Yuk!

Pilihan Jurusan Berdasarkan Gender

Al Azhar telah berdiri sejak tahun 970, berjalan dengan sistem pembelajaran yang klasik. Mulai tahun 1930, Al Azhar mulai mengadopsi sistem kuliah modern. Hanya saja, waktu itu cuma tersedia 3 pilihan fakultas, yaitu Fakultas Bahasa Arab, Syari'ah, dan Ushuluddin. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Al Azhar telah berubah. Sejak tahun 1961, mereka menyediakan fasilitas pembelajaran secara lebih luas, baik untuk mahasiswa ataupun mahasiswi. Jurusan kuliah yang disediakan pun jadi lebih banyak. 

Namun, kamu perlu tahu bahwa tempat kuliah untuk mahasiswa dan mahasiswi disediakan secara terpisah. Selain itu, pilihan program studi yang ada untuk mahasiswa dan mahasiswi juga berbeda. Sebagai tambahan, Al Azhar juga membuka perkuliahan umum. 

Jurusan di Universitas Al Azhar Mesir untuk Putra

Untuk para mahasiswa, pilihan jurusan kuliah yang disediakan oleh Al Azhar sangat beragam. Ada 4 fakultas yang tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan para mahasiswa Al Azhar, yaitu: 

1. Fakultas Ushuluddin

Pilihan pertama adalah Fakultas Ushuluddin yang membahas tentang teologi. Di sini, kamu bisa menemukan 4 opsi jurusan, yaitu: 

  1. Jurusan Tafsir dan 'Ulumul Qur'an
  2. Jurusan Aqidah dan Filsafat
  3. Jurusan Hadits dan 'Ulumul Hadits
  4. Jurusan Dakwah

Saat berkuliah di Fakultas Ushuluddin, kamu tidak serta merta memilih jurusan. Pemilihan jurusan berlaku ketika memasuki tahun ketiga. Pada tahun pertama dan tahun kedua, kamu akan memperoleh pembelajaran berkaitan dengan mata kuliah dasar dan umum. 

Fakultas Ushuluddin dibentuk secara khusus untuk mencetak alumni yang mempunyai kecakapan tinggi dalam pengetahuan Agama Islam. Secara khusus, kamu akan memperoleh penguasaan ilmu hadits, filsafat, akidah, dakwah serta ilmu-ilmu aqliyyat

2. Fakultas Syari'ah Wal Qonun

Berikutnya, kamu bisa memilih berkuliah di Fakultas Syari'ah wal Qanun atau Hukum dan Perundang-undangan. Tersedia 2 pilihan jurusan yang ada di fakultas ini, yaitu Syari'ah Islamiyah dan Syari'ah wal Qanun. 

Khusus untuk jurusan Syari'ah wal Qanun, durasi masa studinya adalah selama 5 tahun. Di fakultas ini, kamu bisa mulai memilih jurusan mulai dari tahun pertama. 

3. Fakultas Bahasa Arab

Berikutnya, kamu bisa memilih kuliah jurusan di Al Azhar Mesir yang ada di Fakultas Lughah al-'Arabiyah atau Bahasa Arab. Pemilihan program studi di fakultas ini bisa kamu lakukan sejak masa perkuliahan tahun pertama. 

Ada 3 pilihan program studi yang bisa kamu dapatkan di Fakultas Lughah al-'Arabiyah, yaitu: 

  1. Jurusan Lughah ‘Arabiyah dan Adab
  2. Jurusan Shahafah wal I’lam
  3. Jurusan Tarikh wal Hadlarah

4. Fakultas Dirasat Islamiyah wal Arabiyyah

Terakhir, ada pilihan Fakultas Dirasat Islamiyah wal 'Arabiyah. Fakultas ini tidak mengenal istilah penjurusan. Namun, lain halnya kalau kamu memilih kuliah S2 di Fakultas Dirasat Islamiyah wal 'Arabiyah yang menyediakan jurusan Syari'ah, Lughah, dan Ushuluddin.

Jurusan di Universitas Al Azhar Mesir untuk Putri

Selain untuk mahasiswa, Universitas Al Azhar juga menyediakan layanan pendidikan untuk mahasiswi. Pilihan jurusan yang secara khusus tersedia untuk putri di antaranya adalah: 

Fakultas Dirasat Islamiyyah wal ‘Arabiyyah

Fakultas Dirasat Islamiyyah wal ‘Arabiyyah untuk putri menyediakan beberapa jurusan, yaitu: 

  1. Jurusan Ushuluddin. Mahasiswi Jurusan Ushuluddin di Al Azhar bisa memilih spesialisasi ketika memasuki tahun ketiga. Spesialisasi yang tersedia di antaranya adalah Aqidah wa Falsafah, Hadits dan Ilmu Hadits, serta Ilmu al-Quran
  2. Jurusan Shahafah wa al-I’lam
  3. Jurusan Bahasa Arab. Materi pembelajaran yang bisa didapatkan di sini tak jauh berbeda dengan mahasiswa putra
  4. Jurusan Syari'ah wal Qonun. Jurusan untuk putri ini tersedia mulai tahun 1998-1999 dengan fasilitas yang sama dengan mahasiswa
  5. Jurusan Syari'ah

 

Baca juga : 5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

Nah, itulah berbagai pilihan jurusan di Al Azhar Mesir yang penting untuk kamu ketahui. Dari sini, kamu bisa memahami kalau sistem perkuliahan di Al Azhar jauh berbeda dengan perguruan tinggi luar negeri lain, kan? Di sini, perkuliahan berjalan secara terpisah untuk putra dan putri. 

Untuk menunjang kelancaran kamu dalam menjalani perkuliahan, kamu perlu memastikan adanya kemudahan dalam pengiriman uang. Kabar baiknya, saat ini ada Flip yang bisa membantu kamu dalam menerima pengiriman uang dari Indonesia dengan mudah, cepat, dan murah. 

Flip mempunyai fasilitas Flip Globe yang bisa membantu dalam proses pengiriman uang ke luar negeri. Dengan Flip Globe, kamu tidak perlu khawatir kehabisan uang selama berkuliah di Mesir. Kiriman lancar, kuliah pun lancar. Yuk, segera manfaatkan Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi