mural
homeforward
5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

Belakangan Turki makin populer sebagai destinasi studi mahasiswa. Tidak cuma mereka yang ingin mendalami kebudayaan Turki saja, tetapi juga mereka yang tertarik mendalami program studi lain. Kualitas pendidikan Turki memang terus meningkat selama satu dekade terakhir. Tercatat ada sekitar 45.000 program studi di semua jenjang yang diselenggarakan oleh 208 universitas di Turki. 

Dengan biaya studi dan biaya hidup relatif murah daripada negara Eropa maupun Amerika Serikat, Turki menjadi alternatif destinasi studi impian bagi pelajar internasional. Lantas, mana saja universitas terbaik di Turki? 

Baca juga: 6 Syarat Kuliah di Luar Negeri, Sudah Lengkap Semua?

 

5 Universitas Terbaik di Turki 

Saat Ini Sistem pemeringkatan perguruan tinggi versi Times Higher Education menempatkan beberapa universitas terkenal di Turki dalam daftar top 5. Berikut daftar pendeknya. 

1. Cankaya University 

Baru berdiri tahun 1997, Cankaya University jadi universitas muda Turki yang mendunia. Selama empat tahun berturut-turut, Cankaya jadi satu-satunya universitas terbaik Turki yang mampu mempertahankan posisi pada peringkat 401-500 dunia. Kamu bisa menjumpai kampus terbaik di Turki ini di Ankara, ibukota negara sekaligus kota nomor dua terbesar Turki. Di sini kamu bisa memilih berbagai program studi populer, seperti ilmu sosial, hukum, ilmu komputer, teknik dan teknologi, serta psikologi. 

2. Sabanci University 

Jika kamu mau melanjutkan ke jenjang pendidikan S1, Sabanci University patut masuk daftar tujuan studi. Meramaikan dunia pendidikan tinggi Turki sejak 1994, Sabanci adalah universitas pertama yang mengaplikasikan pendekatan multidisipliner di Turki. 

Selain studi atau spesialisasi yang diminati, mahasiswa bisa mengambil program yang dikehendaki tanpa batasan guna mempelajari keilmuan lain. Bukan jurusan, mahasiswa Sabanci bisa memilih kelompok program yang diminati, seperti:

1. Kelompok program FASS, misalnya desain komunikasi visual, ilmu politik, hubungan internasional, ekonomi, dan psikologi. 

2. Kelompok program FENS, seperti teknik mekanik, teknik elektro, material science & nanoengineering, biologi molekuler, dan ilmu komputer. 

3. Kelompok program YB mencakup ilmu manajemen.   

3. Koç University 

Universitas terbaik di Turki berikutnya adalah Koç University yang berada di Istanbul. Berdiri dari tahun 1993, Koç menyelenggarakan 22 program studi sarjana, 29 program pascasarjana, dan 30 program doktoral. Beberapa jurusan unggulannya antara lain ilmu sosial, ekonomi dan ilmu administratif, teknik, keperawatan, kedokteran, dan hukum. Hampir semua program studi Koç menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan sehingga kamu tidak perlu khawatir kesulitan belajar akibat perbedaan bahasa. 

4. Bahçeşehir University 

Universitas muda lain yang masuk dalam deretan universitas terbaik di Turki adalah Bahçeşehir University. Sejak tahun 1988, Bahçeşehir University mengukuhkan diri sebagai universitas swasta unggulan yang mengusung pendidikan berkelas dunia. Program studi yang diselenggarakan Bahçeşehir University memakai bahasa pengantar utama bahasa Inggris. Beberapa jurusan favorit Bahçeşehir University antara lain ilmu pendidikan, komunikasi, ekonomi, arsitektur dan konservatori desain, teknik, ilmu kesehatan, dan kedokteran. 

5. Middle East Technical University 

Middle East Technical University atau METU dikenal sebagai universitas berbasis riset dengan spesialisasi dalam bidang ilmu alam dan teknik. Kampus METU berada di Ankara dan menyelenggarakan 69 program doktoral, 107 program pascasarjana, dan 43 program sarjana. Sama seperti Bahçeşehir University, bahasa Inggris jadi pengantar perkuliahan kelas internasional di METU. Beberapa program studi favorit yang diminati calon mahasiswa METU adalah ilmu administrasi, pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial, informatika, matematika terapan, ilmu kelautan, teknik, dan arsitektur.   

 

Daftar lewat Turkiye Burslari Scholarships 

Masih merasa asing dengan nama universitas terbaik di Turki tadi? Atau bingung bagaimana membiayai pendidikan lanjutan kamu di Turki? Kabar baiknya, pelajar internasional yang ingin studi di universitas terkenal Turki atau universitas lainnya, bisa mendaftarkan diri dalam seleksi Turkiye Burslari Scholarships. Beasiswa Pemerintah Turki ini termasuk beasiswa fully funded yang tersedia untuk semua pelajar internasional di ketiga jenjang studi. Pelamar setiap jenjang dibatasi usianya untuk memenuhi kualifikasi penerima beasiswa, yaitu: 

1. Program riset, maksimal 40 tahun 

2. Program S3, maksimal 35 tahun 

3. Program S2, maksimal 30 tahun 

4. Program S1, maksimal 24 tahun. 

Adapun, Turkiye Burslari Scholarship menanggung beberapa komponen biaya beasiswa, seperti: 

1. Uang saku tiap bulan, mulai dari 1.000 TL, sampai 18.000 TL 

2. Biaya mengikuti kursus bahasa Turki untuk 1 tahun 

3. Biaya kuliah 

4. Biaya akomodasi 

5. Asuransi kesehatan 

6. Biaya penerbangan. 

Program beasiswa ini tersedia untuk pelajar internasional yang hendak menempuh pendidikan sarjana, pendidikan magister dan doktoral, Art Scholarship Program, dan Merit Scholarship Program. 

Perhatikan ada beberapa pengecualian program studi yang tidak bisa menerima beasiswa ini, seperti pascasarjana bidang kesehatan, sekolah vokasi, dan associate degree. Perlu kamu tahu, pendaftaran Turkiye Burslari Scholarships dibuka mulai Januari sampai Februari setiap tahun. Langsung saja cek Turkiye Scholarship Application System untuk informasi lebih lengkap ya. 

 

Baca juga: Cara Transfer Mudah Untuk yang Berencana Kuliah Di Luar Negeri

Demikian informasi mengenai universitas terbaik di Turki berikut informasi pendaftaran Turkiye Burslari Scholarships. Dengan reputasi perguruan tinggi unggulan berkelas dunia, Turki bisa jadi alternatif destinasi studi bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri. 

Bagaimana jika nanti kamu perlu mentransfer dana untuk membayar perkuliahan atau biaya hidup? Tenang, sekarang ada Flip Globe yang bikin transfer uang ke luar negeri lebih hemat tanpa biaya tersembunyi. Aman dan praktis, yuk coba kirim uang ke luar negeri pakai Flip Globe!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi