mural
homeforward
Cara Transfer Mudah Untuk yang Berencana Kuliah Di Luar Negeri

Cara Transfer Mudah Untuk yang Berencana Kuliah Di Luar Negeri

Menuntut ilmu di luar negeri menjadi mimpi yang besar bagi beberapa orang. Pasalnya berkuliah di luar negeri memberikan banyak keunggulan, terutama di bidang pengalaman yang diperoleh. Kuliah di luar bisa menambah teman baru, Kamu juga dapat belajar banyak hal baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Banyak yang menganggap bahwa dengan mengenyam pendidikan di luar negeri, maka potensi diri akan meningkat.

Sayangnya berkuliah di luar negeri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang berjuang untuk bisa diterima di kampus luar negeri, tetapi belum memiliki nasib yang beruntung. Hal itu tidak lepas dari persiapan yang harus ditempuh. 

Baca juga: Ini Dia 5 Penyebab Umum Transfer ke Luar Negeri Gagal

 

Daftar Isi

Bagaimana Cara Kuliah Di Luar Negeri?

Berkuliah di luar negeri memang tidak mudah, tetapi bukan berarti Kamu tidak bisa memiliki peluang untuk mencapainya. Asalkan persiapan yang Kamu lakukan tepat dan matang, pasti hasilnya juga akan maksimal.

Agar kuliah tetap bisa lancar, ada beberapa tips yang wajib Kamu terapkan. Perhatikan beberapa hal penting sebelum berkuliah di luar negeri berikut:

1. Menguasai Bahasa Asing

Bahasa merupakan aspek paling penting yang harus Kamu perhatikan pertama kali ketika akan berkuliah di luar negeri. Perhatikan kampus yang akan Kamu pilih, menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Jika negara tempat kampus Kamu belajar menggunakan Bahasa Inggris, maka Kamu harus bisa menguasai Bahasa Inggris. Ini berarti Kamu perlu menyiapkan Bahasa Inggris dengan lebih baik dan matang, banyak yang mempersiapkannya dengan kursus terlebih dahulu.

Bukan hanya kemampuan menulis saja, tetapi Kamu harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Termasuk jika Kamu ingin berkuliah di kampus yang berbahasa Arab.

2. Menentukan Jurusan

Baik kuliah untuk level S1 atau S2, menentukan jurusan adalah kewajiban yang sangat penting. Tanyakan pada diri sendiri mengenai jurusan yang ingin Kamu dalami. Dengan memilih jurusan yang sesuai minat, Kamu bisa melaksanakan kuliah dengan lebih bersemangat.

Bayangkan jika Kamu tidak paham tentang Science, tetapi mengambil kuliah di jurusan yang berhubungan dengan Science. Rasanya pasti akan lebih sulit dan kurang menyenangkan.

3. Menentukan Kampus

Bukan hanya menentukan negara tujuan saja, kampus merupakan aspek penting yang harus Kamu pertimbangkan di awal. Tentukan Kampus tujuan yang menawarkan program yang Kamu cari.

Beberapa hal yang perlu Kamu pelajari antara lain lama studi, bahasa, persyaratan masuk kampus, biaya kuliah, dan tanggal penting.

4. Melengkapi Persyaratan

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah melengkapi berbagai persyaratan dengan lengkap. Persiapkan segalanya sejak dini agar Kamu bisa melengkapi persyaratan dengan baik, sebab ada beberapa urusan administrasi dan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan.

Beberapa dokumen penting untuk kuliah di negeri orang antara lain terjemahan ijazah terakhir, skor untuk minimal IELTS atau TOEFL. Tergantung dari keputusan kampus.

Bukan hanya itu, Kamu juga harus belajar menulis motivation letter dan mereviewnya. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong kepada teman memberikan koreksi, sebab kadang banyak yang tidak tahu letak kesalahan pada tulisan sendiri.

Bagaimanapun, motivation letter memegang peran yang sangat penting karena bisa menjadi penentu diterima atau tidaknya Kamu di kampus tujuan.

5. Alasan yang Kuat

Jangan hanya berkuliah di luar negeri lantaran mengikuti trend. Kamu harus memiliki alasan yang kuat kenapa ingin mengambil pendidikan di luar negeri. Alasan yang kuat akan membuat Kamu tetap bisa menghadapi masa-masa yang terbilang sulit, termasuk proses penyesuaian yang dilakukan. Sebagai tambahan, motivasi yang kuat juga diperlukan untuk bisa menuntut ilmu di luar negeri dengan lancar.

6. Mempelajari Budaya

Kuliah di kota yang berbeda dengan daerah asal saja memaksa untuk menyesuaikan diri karena banyaknya perbedaan budaya dan adat, apalagi berkuliah di luar negeri. Sebelum berangkat kuliah, pastikan Kamu mempelajari segala budaya di negara tujuan sebaik mungkin supaya bisa menyesuaikan diri dengan lebih tepat. 

Pahami berbagai hal dengan baik, mengenai cara bertahan hidup yang tepat jika Kamu memilih negara dengan empat musim. Ketahui juga jenis makanan yang ada di sana. Bagaimanapun keadaannya, suasana akan sangat berbeda dengan di negara sendiri. Jadi harus mempersiapkannya sebaik mungkin.

7. Belajar Cara Mengatasi Homesickness

Meskipun banyak yang memamerkan liburan di luar negeri yang menyenangkan, faktanya tidak selalu seperti itu. Kamu akan menghadapi suatu fase kangen rumah tingkat tinggi atau yang sering dikenal sebagai Homesickness. 

Pada beberapa hari setelah menetap di luar negeri, bisa jadi Kamu juga akan mengalami culture shock. Di mana rasanya sangat sedih alias galau karena hal-hal baru yang berbeda dengan kampung halaman.

Untuk mengatasi hal ini, Kamu harus belajar cara terbaik mengatasi kangen kampung halaman. Saat ini semua hal bisa dilakukan secara online, sehingga Kamu bisa sering menelepon keluarga lewat ponsel atau video call. Selain itu, motivasi yang kuat juga akan membuat tekad semakin kuat untuk tetap bertahan di luar negeri.

8. Biaya Hidup Di Luar Negeri

Hal yang sangat penting adalah tentang biaya hidup di sana. Kuliah di luar negeri memerlukan biaya yang besar, mulai dari biaya makan, transportasi, tempat tinggal, dan biaya kuliah. Jika memperoleh beasiswa, Kamu akan beruntung karena sudah tidak perlu khawatir mengenai biaya hidup. 

Tetapi bagi Kamu yang berkuliah bukan dari jalur beasiswa, pasti akan sering melakukan transfer uang. Bisa dari orang tua atau saudara yang membiayai kuliahmu. Jadi, pastikan untuk memilih kampus yang tepat, di mana biayanya memang sesuai dengan keadaan Kamu.

Bagi Kamu yang belum pernah transfer uang ke luar negeri, pembahasan di bawah ini akan sangat membantu.

 

Bagaimana Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri?

Biaya kuliah dan biaya hidup yang dikirimkan ke luar negeri harus sampai dengan aman. Salah satu cara tercepat yang bisa dilakukan adalah melalui transfer. Dengan mengirim uang via transfer, maka dana bisa diterima dengan lebih cepat, praktis, dan mudah.

Membahas tentang cara terbaik untuk transfer uang ke luar negeri, Kamu bisa menggunakan aplikasi Flip. Aplikasi yang telah digandrungi oleh banyak pengguna ini tidak hanya bisa digunakan transfer ke semua bank dengan biaya lebih hemat, tetapi juga menawarkan layanan transfer ke luar negeri dengan biaya yang sangat terjangkau.

Flip memiliki fitur keren yang disebut Flip Globe, solusi terbaik transfer uang ke berbagai negara dengan mudah dan murah. Kamu tidak perlu repot lagi jika nanti harus tinggal di luar negeri, karena kiriman uang akan tetap lancar lewat aplikasi Flip.

 

Baca juga: Ini Masalah yang Kerap Dihadapi Saat Transfer Uang ke Luar Negeri!

Tidak perlu ragu lagi, buat Kamu yang ingin kuliah di luar negeri dengan nyaman, jangan lupa untuk mengajak keluarga bertransaksi melalui Flip Globe. Semua fitur hadir dengan solusi terbaik yang bisa membuat kuliahmu lancar dengan maksimal, terutama di bidang finansial.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi