mural
homeforward
Indihome vs Firstmedia, Adu Provider WiFi Terbaik

Indihome vs Firstmedia, Adu Provider WiFi Terbaik

Dengan banyaknya pilihan, memilih provider WiFi bisa menjadi hal yang sulit. Terlebih lagi, setiap provider menawarkan harga paket, layanan, dan keuntungan yang berbeda-beda. Dua provider yang sering dijadikan pilihan adalah Indihome dan Firstmedia. Kalau kamu termasuk yang sedang memilih di antara keduanya, di sini ada perbandingan Indihome vs Firstmedia yang dapat membantumu memilih.

Baca juga: Inilah Cara Ganti Password WiFi Indihome dan Kepentingannya

Penjelasan Indihome dan Firstmedia

indihome vs firstmedia.jpeg

Sumber : Envato

Sebelum melihat perbedaan antara Indihome dan Firstmedia, di bawah ini ada sedikit penjelasan mengenai kedua provider tersebut:

Indihome

Popularitas Indihome tidak diragukan lagi karena layanannya mencapai hingga pelosok Indonesia. Layanan buatan PT Telkom Indonesia Tbk ini menyediakan paket untuk internet, TV, dan telepon rumah. Tambahan bundling dengan Disney+ membuat Indihome makin digemari.

Firstmedia

Firstmedia adalah layanan internet dari Lippo Group. Provider ini termasuk salah satu ISP swasta di Indonesia dan menggunakan teknologi internet fiber optik. Tidak seperti Indihome, Firstmedia tidak menawarkan layanan telepon rumah, hanya internet dan TV.

Perbedaan Indihome vs Firstmedia

indihome vs firstmedia 1.jpeg

Sumber : Envato

Untuk mengetahui apa saja yang membedakan Indihome dengan Firstmedia, simak di sini:

Kualitas Jaringan

Untuk urusan jaringan Indihome vs Firstmedia, kedua layanan sama-sama menggunakan teknologi fiber optik sehingga kecepatan internetnya tidak terlalu beda. Teknologi fiber optik memberikan kecepatan yang super cepat sehingga cocok untuk yang menginginkan internet gesit. 

Area Jangkauan

Seperti yang diterangkan sebelumnya, area jangkauan Indihome sudah mencapai pelosok Indonesia. Kalau kamu tinggal di pelosok, kemungkinan hanya Indihome yang tersedia di tempat tinggalmu.

Sejauh ini, Firstmedia hanya tersedia di kota-kota besar saja seperti Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Orang-orang yang berada di area jangkauan, terutama di kota-kota kecil, masih belum bisa menikmatinya.

Harga Paket

Dari segi harga, Indihome lebih mahal dibandingkan Firstmedia. Harga paket Indihome paling murah sekitar Rp280 ribuan dan yang termahal bisa mencapai Rp1 jutaan. Lebih mahal dari Firstmedia yang harganya dimulai dari Rp133 ribuan dan yang termahal sekitar Rp970 ribuan. Paket dari Firstmedia lebih cocok untuk orang yang membutuhkan WiFi dengan budget terbatas.

Customer Service

Saat menggunakan internet, gangguan adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Karena itu, customer service yang baik sangat dibutuhkan agar pelanggan terus terbantu. Baik Indihome dan Firstmedia memberikan opsi customer service berupa call center atau lewat media sosial. Keduanya juga memberikan dukungan technical support yang profesional dan andal.

Pertumbuhan Pengguna

Saat melihat pertumbuhan pengguna Indihome vs Firstmedia, jelas Indihome memiliki pertumbuhan pengguna yang lebih besar. Saat ini saja, penggunanya mencapai 9,2 juta.

Jumlahnya berbanding jauh dari Firstmedia yang jumlahnya sebanyak 830 ribu pengguna. Bahkan, Indihome sudah menargetkan pertambahan pelanggan hingga 10,2 juta pengguna di tahun 2023.

FUP

Perbedaan terakhir adalah FUP. Bila kamu ingin internet bebas tanpa batasan dari FUP, maka Firstmedia jawabannya. Karena Indihome memberlakukan FUP, kamu harus bisa membatasi diri saat selancar internet apabila tidak mau kecepatannya menurun akibat melewati batas FUP.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Provider WiFi

indihome vs firstmedia 2.jpeg

Sumber : Envato

Tidak jarang orang salah memilih provider karena alasan-alasan tertentu. Supaya kamu tidak jatuh ke lubang yang sama, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini:

Tidak Melihat Ulasan

Provider bisa saja mengklaim jika layanan mereka yang terbaik dari yang lain. Namun, belum tentu semua yang ada di iklan itu benar. Tanpa melihat ulasan, kamu tidak akan tahu apakah yang diklaim pada iklan benar adanya.

Para pelangganlah yang memiliki pengalaman langsung dengan layanannya sehingga melihat ulasan mereka sangat penting. Bila tidak melihat ulasan, kamu mungkin akan langsung kecewa karena layanannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Asal Memilih Paket

Memilih paket dengan asal hanya akan menimbulkan kerugian. Misalnya, kamu sebenarnya hanya butuh internet saja. Namun, karena asal memilih, kamu malah jadi berlangganan internet dan TV. Tentu saja kamu jadi rugi karena harus membayar tagihan yang lebih besar padahal tidak membutuhkan TV. 

Terlalu Tergiur Promo

Entah itu belanja pakaian atau membeli layanan internet, promo memang sangat menggiurkan. Namun, jangan sampai kamu terlalu tergiur dengan promo. Tanpa sadar kamu malah memilih provider yang salah karena lebih fokus pada promonya.

Sebagai contoh, kamu sedang memilih antara Indihome vs Firstmedia. Sebenarnya kamu tidak ingin layanan internet dengan FUP, tetapi karena Indihome sedang promo besar-besaran, kamu jadi tergiur dan akhirnya memilih Indihome. Saat sudah menggunakannya, kamu langsung kecewa karena FUP membuat kamu tidak bebas memakai internet.

Tidak Membandingkan Tiap Provider

Indonesia sudah memiliki banyak provider WiFi; jadi, sebaiknya kamu tidak hanya melihat satu provider saja. Belum tentu provider yang kebanyakan orang gunakan akan langsung cocok untukmu. Bandingkan mulai dari harga, pelayanan, area jangkauan, sampai hal-hal lain yang kamu butuhkan supaya hasilnya menguntungkan. 

Baca juga: ICONNET vs Indihome, Mana Pilihan yang Tepat?

Sekarang, kamu sudah melihat perbedaan Indihome vs Firstmedia. Dari perbedaan itu, kamu dapat melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing provider. Kamu tinggal menentukan mana yang mampu memenuhi kebutuhanmu.

Untuk mendapat kebutuhan berlangganan internet Indihome atau Firstmedia yang memadai, pastikan kamu sudah penuhi kewajiban bayar tagihan internet. Dengan download Flip! kamu bisa bayar tagihan internet biaya murah, selain itu juga bisa transfer uang antarbank tanpa biaya* serta kebutuhan finansial lainnya.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi