mural
homeforward
ICONNET vs Indihome, Mana Pilihan yang Tepat?

ICONNET vs Indihome, Mana Pilihan yang Tepat?

Di Indonesia, sudah ada banyak provider WiFi yang menawarkan layanan dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Di antaranya adalah ICONNET dan Indihome. Kedua provider ini memberikan jenis paket dan layanan yang berbeda; manakah di antara mereka yang lebih bagus? Simaklah penjelasan ICONNET vs Indihome ini sebagai pertimbangan.

Baca juga: Jangan Kebablasan! Begini Cara Cek Kuota Indihome

 

Penjelasan ICONNET dan Indihome

iconnet vs indihome .jpeg

Sumber : Envato

Kamu yang masih belum tahu banyak tentang kedua provider ini bisa mencari tahu lebih banyak dengan melihat penjelasan berikut:

ICONNET

ICONNET adalah produk dari PT Indonesia Comnets Plus yang juga anak perusahaan PLN. Sebelumnya, ICONNET dikenal sebagai ICON+ sebelum berganti nama di tahun 2021. Layanan yang ditawarkan adalah internet broadband dengan kabel fiber optik dan TV Seamless.

Indihome

Indihome telah diluncurkan oleh Telkom Indonesia sejak tahun 2015 dan bagian dari BUMN. Tiga layanan utama yang ditawarkan Indihome adalah internet, telepon, dan IPTV. Paket Indihome memiliki harga yang cukup terjangkau di kalangan masyarakat.

 

Perbedaan ICONNET vs Indihome

iconnet vs indihome 1.jpeg

Sumber : Envato

Meski keduanya sama-sama bagian dari BUMN, ada perbedaan di antara keduanya yang harus kamu tahu. Lihatlah perbedaan ICONNET vs Indihome di sini:

Harga Paket

Harga yang ditawarkan ICONNET lebih murah dibandingkan dengan Indihome. Paket termurahnya dihargai mulai dari Rp180 ribuan dan yang paling mahalnya tidak mencapai satu juta.

Beda lagi dengan Indihome yang paketnya dimulai dari harga Rp280 ribu hingga Rp2 jutaan. Namun, harga paket ICONNET berbeda di setiap wilayahnya. Misalnya, harga di luar Jawa akan berbeda dari harga di Jawa.

Deposit dan Biaya Instalasi

Sejauh ini, ICONNET memberikan gratis biaya instalasi, tetapi ada kabar apabila kamu langganan setelah 31 Juni akan dikenakan biaya Rp250 ribu. Biaya pasang baru Indihome adalah Rp500 ribu dan ada deposito yang harus dibayar sesuai paket. 

Jangkauan Area

Dilihat dari jangkauan area, Indihome lebih unggul karena mencakup hampir seluruh daerah di Indonesia, sedangkan ICONNET masih terbatas. Area yang terjangkau ICONNET adalah Jabodetabek, Jawa, Sumatera, Medan, Bali, dan Indonesia bagian Timur.

Cara Berlangganan

Untuk berlangganan ICONNET, kamu bisa melakukannya dari aplikasi PLN Mobile atau datang ke kantor PLN terdekat. Sementara itu, Indihome menyediakan cara berlangganan lewat situs resmi, call centersales counterbooth Indihome, dan Plasa Telkom.

FUP

ICONNET tidak memberlakukan FUP sehingga pengguna bisa menggunakan internet dengan bebas. Kalau kamu memilih Indihome, ada FUP yang dikenakan dengan jumlah kuota berbeda-beda tergantung paket yang dipilih.

Kecepatan

Kecepatan internet Indihome cenderung lebih baik saat dibandingkan dengan ICONNET. Pengguna masih sering mengalami gangguan dan internet yang tidak stabil saat menggunakan ICONNET.

 

Kelebihan dan Kekurangan ICONNET dan Indihome

Beberapa kelebihan ICONNET adalah harga paket terjangkau, menawarkan paket Add-ON OTT “Over The Top” Streaming TV, tanpa FUP, dan layanan 24 jam. Kekurangannya yaitu tidak ada produk telepon dan internetnya yang belum stabil.

Lalu, ada Indihome yang menyediakan banyak paket internet tambah TV dan telepon, memiliki banyak channel TV kabel, serta menawarkan 300 menit gratis telepon ke sesama pengguna. Namun, pemberlakuan FUP membuat pengguna merasa kurang bebas saat memakai internet.

 

Cara Memilih Provider WiFi yang Tepat

iconnet vs indihome 2.jpeg

Sumber : Envato

Mungkin masih ada beberapa aspek pada penjelasan ICONNET dan Indihome yang membuatmu belum yakin saat memilih di antara keduanya.  Nah, berikut ini adalah cara memilih provider WiFi yang tepat:

Pastikan Kecepatannya Pas dengan Kebutuhan

Seberapa sering kamu menggunakan WiFi? Apa saja yang kamu akses dengan internet? Berapa banyak orang yang menggunakan WiFi di rumah? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus kamu pertimbangkan karena akan berpengaruh pada kecepatan internet yang dipilih.

Bayangkan bila saat sedang zoom meeting tetapi malah terputus-putus karena internet lamban. Kamu tentu tidak ingin hal seperti itu terjadi, bukan? Jadi, pilihlah yang kecepatannya sesuai kebutuhan setiap hari.

Lihat Jangkauan Areanya

Beberapa provider hanya menyediakan layanan hingga jangkauan area tertentu. Ada provider yang jangkauan areanya luas dan ada pula yang jangkauannya masih sedikit. Biasanya, provider baru jangkauan areanya masih terbatas. Karena itu, kamu harus melihat apakah daerahmu termasuk dari jangkauan area provider sebelum memilihnya.

Bandingkan Harga Paketnya

Kalau kamu hanya fokus pada satu provider saja, kamu bisa melewatkan provider lain yang harga dan layanannya lebih pas denganmu. Maka dari itu, tentukan beberapa provider yang ingin kamu gunakan, dan bandingkan harga paket serta detail paketnya. Contohnya dengan membandingkan harga paket ICONNET vs Indihome.

Melihat Ulasan Pelanggan

Banyak pelanggan tidak ragu memberikan ulasan jujur mengenai layanan yang mereka pakai. Dari ulasan tersebut, kamu bisa melihat apakah penyedia layanan dan layanannya akan cocok untuk kamu. Misalnya, mencari tahu apakah layanan seperti customer service dapat memberikan bantuan yang berguna kepada pelanggan.

 

Baca juga: Ketahui Biaya Pemasangan Indihome dan Manfaat WiFi di Rumah

Setelah membandingkan ICONNET vs Indihome, apakah kamu sudah mantap menentukan pilihan? Hal yang paling penting adalah WiFi yang terpasang bisa digunakan dengan baik. Jadi, buatlah pilihan dengan matang agar nantinya tidak menyesal.

Kalau sudah langganan, tambahkan Flip sebagai metode transaksi yang terjamin. Dengan download Flip, kamu bisa top up e-wallet di mana saja dengan mudah. Semua tagihan dapat dibayar sesuai waktunya.

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi