mural
homeforward
Inilah Cara Ganti Password WiFi Indihome dan Kepentingannya

Inilah Cara Ganti Password WiFi Indihome dan Kepentingannya

Apa kamu sudah lama menggunakan Indihome dan berencana mengganti password-nya? Selain bisa menghalau orang lain untuk menggunakan WiFi milikmu, ternyata mengganti password memiliki kepentingan lainnya. Segera ganti dengan mengikuti cara ganti password WiFi Indihome di sini.

Baca juga: Daftar Provider WiFi Tercepat di Indonesia, Pilih yang Mana?

 

Cara Ganti Password WiFi Indihome di HP dan Laptop

cara ganti password wifi indihome.jpeg

Sumber : Envato

Sebelum melakukan caranya, pastikan perangkat telah terhubung ke internet kemudian ikuti langkah-langkahnya.

Lewat HP

Mengganti password di HP bisa dilakukan di browser atau aplikasi MyIndihome. Untuk mengganti lewat password caranya tidak berbeda dari cara di laptop, sedangkan cara mengganti di aplikasi yaitu:

  • Jalankan aplikasi MyIndihome di HP.
  • Pilih bagian Pengaturan yang ada di halaman utama.
  • Klik Ganti Password, ketikan password baru dan klik ganti password kembali.
  • Kemudian verifikasi akun lewat SMS, masukkan kode yang didapat dari SMS untuk memverifikasinya.
  • Password Indihome sudah berhasil diganti.

Lewat Laptop

Beberapa cara ganti password WiFi Indihome di laptop adalah:

  • Buka browser dan ketik http://192.168.1.1/. Itu merupakan IP yang digunakan untuk memasuki admin. Bila tidak bisa mengakses IP tadi, bisa mencoba alternatifnya, yakni http://192.168.0.1/ atau http://192.168.1.254/
  • Saat sudah masuk ke admin, isikan username dan password yang dipakai. Bila belum pernah mengganti, cukup isi keduanya dengan user tanpa kapital.
  • Di bagian kanan, kamu akan menemukan berbagai menu dan submenu yang dapat dipilih. Bukalah menu Security dengan klik Network lalu klik submenu WLAN, terakhir pilih Security.
  • Gantilah password pada bagian WPA paraphrase dengan memasukkan password baru kemudian klik Submit yang ada di pojok kanan bawah. Password pun sudah terganti.

 

Mengapa Ganti Password Penting?

cara ganti password wifi indihome 1.jpeg

Sumber : Envato

Begitu mencari cara ganti password WiFi Indihome, mungkin kamu pernah berpikir mengapa menggantinya sangat penting? Mengapa kita tidak terus saja menggunakan password yang sama? Jawabannya adalah:

Menghindari Kebobolan

Password digunakan untuk melindungi suatu akun, bila dibobol tentu saja akan berdampak buruk terhadap akun. Informasi yang ada di dalam akun akan terekspos kepada hacker. Terlebih lagi, banyak sekali orang yang memakai password yang sama untuk beberapa akun sekaligus, membuat akun-akun tersebut ikut rentan dibobol hacker.

Melindungi Data Pribadi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hacker akan mencuri data pribadi yang tersimpan dalam akun. Mereka akan menggunakan data tersebut untuk hal-hal tidak diinginkan seperti tindakan kriminal.

Tentunya, hal ini akan sangat merugikan pemilik data. Biasanya, pemilik data tidak akan sadar sampai data tersebut sudah digunakan. Mengganti password dapat membantu dalam melindungi data pribadi pemilik.

Agar Akses Internet Tidak Dipantau Hacker

Para hacker pun dapat memantau lalu lintas jaringan. Bahkan, pemantauannya pun tidak main-main, semua perangkat yang terhubung ke WiFi dapat ikut terpantau seperti HP, komputer, smart TV, konsol game, dan perangkat pintar lainnya. 

Packet sniffer adalah aplikasi yang digunakan hacker untuk memantau aktivitas internet secara langsung dan memantau lalu lintas data. Dengan begitu, mereka dapat memantau data yang masuk dan keluar melalui WiFi yang dipakai.

Tidak Terkena Malware

Terakhir, peretas juga dapat memasang malware pada router. Saat sudah diretas, mereka mampu mengubah alamat internet yang sedang dikunjungi sehingga beralih ke situs lain. Umumnya, situs tersebut merupakan situs web pharming yang menipu untuk mendapatkan data pribadi atau situs bermasalah yang bisa memasangkan malware ke perangkat.

 

Tips Membuat Password yang Kuat dan Aman

cara ganti password wifi indihome 2.jpeg

Sumber : Envato

Mengetahui cara ganti password WiFi Indihome tidak cukup jika password yang kamu gunakan kurang aman. Untuk itu, lihatlah tips-tips di sini agar kamu dapat membuat password yang kuat dan aman:

Tidak Memakai Informasi Pribadi

Memakai informasi pribadi seperti nama, kota tempat tinggal, hingga tanggal lahir sebagai password sering kali dilakukan karena mudah diingat. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena mudah ditebak oleh orang lain. Informasi pribadi itu jadi lebih mudah tersebar saat kamu membagikan password WiFi dengan orang lain.

Menggunakan Kombinasi Simbol dan Angka

Kombinasi huruf besar, kecil, simbol, dan angka hampir selalu disarankan oleh banyak situs karena sulit ditebak. Karena ini jugalah, kamu tidak boleh membuat password kombinasi secara sembarangan, bisa jadi malah kamu tidak ingat password itu. Buat yang kombinasinya mudah diingat oleh kamu tetapi tidak familier untuk orang lain.

Buat Password yang Panjang

Sama seperti password kombinasi, password yang panjang juga sulit ditebak. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa memadukan kombinasi password kombinasi dan panjang. Sebaiknya, jangan menggunakan kata atau kalimat yang pasaran saat membuat password-nya.

Hindari Menyamakan Setiap Password

Jangan pernah membuat password yang sama pada setiap akun. Meski mudah diingat, hal ini malah membuat hacker dapat melakukan pembobolan yang beruntun pada beberapa akunmu sekaligus. Mungkin kamu bisa membuat password-nya mirip tetapi jangan sampai sama.

 

Baca juga: Tips dan Trik Ganti Password WiFi TP Link Supaya Aman

Itulah cara ganti password WiFi Indihome dan kepentingannya. Selalu ingat untuk mengganti password WiFi dan akun-akun lainnya secara berkala agar terus terlindungi dari hacker

Nah, jangan lupa juga untuk membayar tagihan tepat waktu dengan Flip. Download dan gunakan Flip untuk mengisi e-wallet agar bayar tagihan langsung terlaksana!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi