mural
homeforward
Mahalkah Harga Sewa Apartemen di Australia bagi Ekspatriat?

Mahalkah Harga Sewa Apartemen di Australia bagi Ekspatriat?

Pada dasarnya, harga sewa apartemen di Australia serupa dengan negara lain, yakni bervariasi sesuai lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Apartemen sendiri merupakan salah satu pilihan terbaik bagi mahasiswa maupun ekspatriat yang ingin menghemat pengeluaran bulanan.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan lebih dulu sebelum memutuskan menyewa apartemen. Agar lebih jelas, simak pembahasan singkat berikut ini ya!

Baca Juga: Dari Tingkat Dasar ke Tinggi, Pahami Sistem Pendidikan di Australia

Kisaran Harga Sewa Apartemen di Australia 

biaya sewa apartemen di australia

Sumber: Freepik

Sebagaimana yang telah kamu ketahui, harga sewa apartemen di Australia bervariasi. Beberapa faktor yang menentukan harga sewa tersebut, antara lain: 

  1. Lokasi apartemen
  2. Aksesibilitas
  3. Fasilitas
  4. Jumlah kamar

Sebagai contoh: harga sewa rata-rata apartemen tipe studio di Sydney lebih murah dibandingkan Melbourne. Di Sydney harga sewa apartemen bulanan di kawasan strategis sekitar A$2.800, sedangkan di Melbourne mencapai A$2.900.

Harga sewa apartemen strategis di Brisbane dan Canberra sekitar A$2.300 per bulan, sedangkan di Perth hanya A$2.200. Selain empat poin di atas, perbedaan harga ini juga disebabkan tinggi rendahnya permintaan properti. 

Tak heran apabila harga sewa apartemen di kota besar, seperti Sydney dan Melbourne lebih mahal dibandingkan kota lainnya di Australia. Tentunya harga sewa akan makin mahal apabila kamu membutuhkan jumlah kamar lebih banyak dan fasilitas lebih lengkap.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan 

Transfer lebih murah ke luar negeri

Agar kamu tak salah menentukan pilihan, berikut sejumlah faktor yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Lokasi

Ada baiknya memilih apartemen yang letaknya dekat dengan kantor. Selain menghemat waktu, kamu tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi karena kantor dapat dicapai dengan berjalan kaki. 

Lantaran berada dekat kawasan perkantoran, kamu juga akan lebih mudah mengakses tempat lain, seperti pusat perbelanjaan, transportasi publik, taman, rumah sakit, maupun tempat menarik di Australia.

2. Ukuran dan Tipe

Tipe studio direkomendasikan bagi kamu yang tinggal sendiri atau berdua dengan pasangan. Apabila kamu akan tinggal bersama keluarga, tentu kamar yang dibutuhkan lebih banyak. Termasuk, jika kamu berencana tinggal bersama teman seperjuangan yang juga bekerja di Australia.

3. Fasilitas

Sangat penting mempertimbangkan fasilitas kamar maupun apartemen secara keseluruhan. Fasilitas kamar, meliputi kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang santai, balkon, atau ruang santai. Tentunya, fasilitas akan makin lengkap apabila tipe yang hendak kamu sewa di atas tipe studio.

Contoh: tipe studio biasanya hanya menawarkan satu ruang besar yang mencakup ruang tidur dan dapur serta satu kamar mandi. Beberapa apartemen juga menawarkan balkon dan pemandangan perkotaan. 

4. Kondisi

Pertimbangkan juga kondisi apartemen. Biasanya, harga sewa apartemen bangunan baru dibanderol lebih mahal dibandingkan apartemen lama. Selain itu, harga sewa apartemen yang dirawat dengan baik juga dibanderol tinggi.

Pastikan juga bahwa kondisi lingkungan sekitar apartemen baik dan aman. Hal ini penting karena kamu akan tinggal dalam waktu relatif lama. Lingkungan yang aman akan memberikanmu kenyamanan dan ketenangan selama tinggal dan bekerja di Australia.

5. Reputasi

Usahakan memilih apartemen yang memiliki reputasi baik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal tak diinginkan di masa depan. Biasanya apartemen dengan reputasi baik akan memberikan pelayanan yang mengutamakan pengguna. 

Contoh: ketika terjadi kerusakan, pemilik akan lebih cepat tanggap dan memberikan kamu solusi terbaik. Lain halnya dengan apartemen dengan reputasi rendah.

6. Harga Sewa

Selain itu, perhatikan juga harga sewa yang ditawarkan. Apakah harga tersebut sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, kondisi apartemen, dan jumlah kamar? Jika tidak, kamu bisa mencoba untuk melakukan negosiasi harga.

Apabila ternyata harga yang ditawarkan sesuai atau melebihi fasilitas yang ditawarkan, kamu tak perlu ragu untuk menyewa apartemen tersebut. Utamanya, apabila lokasi apartemen berada di kawasan strategis dan dekat dengan tempat kamu bekerja.

Baca Juga: Panduan Pajak di Australia

Harga Sewa Apartemen vs Harga Sewa Rumah di Australia: Murah Mana?

Jika kamu dihadapkan dengan harga sewa apartemen vs harga sewa rumah di Australia, manakah yang harus dipilih? Sebenarnya, harga sewa kedua jenis properti tersebut tidak jauh berbeda. Harga sewa rumah bulanan di Sydney A$3.000, sedangkan di Melbourne mencapai A$2.400.

Perlu diperhatikan bahwa biasanya lokasi rumah berada cukup jauh dari area perkantoran dan pusat belanja. Rumah cocok bagi kamu yang memiliki kendaraan. Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang transportasi, hanya mengisi bensin setiap minggu. 

Rumah juga lebih direkomendasikan bagi kamu yang menyukai ketenangan dan agak jauh dari keramaian publik. Kalau kamu tinggal dan bekerja di Australia bersama pasangan dan anak, rumah lebih cocok untuk dipilih. Namun, jika kamu hanya seorang diri atau bersama pasangan, apartemen menjadi pilihan lebih bijak.

Demikianlah informasi mengenai harga sewa apartemen di Australia yang perlu kamu ketahui. Nah, kalau kamu mau mengirim uang, kini transfer A$ ke Australia lebih praktis dan mudah melalui Flip Globe!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi