mural
homeforward
Dikenal Sebagai Kampus Elite, Berapa Sih, Biaya Masuk Universitas Oxford?

Dikenal Sebagai Kampus Elite, Berapa Sih, Biaya Masuk Universitas Oxford?

Oxford banyak dianggap sebagai universitas elite yang hanya bisa diakses oleh kalangan terbatas. Di samping fakta Oxford adalah salah satu universitas terbaik di dunia sehingga mahasiswanya sudah pasti memiliki kemampuan akademis apik, anggapan elite ini juga muncul dari segi biaya. Hmmm… berapa, sih, besarnya biaya masuk Universitas Oxford?

Profil Singkat Oxford University

Universitas Oxford adalah salah satu perguruan tinggi tertua di dunia. Banyak yang masih mempertanyakan kapan tanggal pastinya perguruan tinggi ini berdiri, tetapi diperkirakan Oxford sudah ada sejak abad ke-11. 

Ada empat divisi keilmuan di Oxford yang menjadi rumah bagi banyak jurusan di Oxford, yakni:

  1. Divisi ilmu kedokteran
  2. Divisi ilmu sosial
  3. Divisi matematika, fisika, dan ilmu hitung
  4. Divisi humaniora (termasuk di dalamnya adalah seni, budaya, dan bahasa)

 

Baca Juga : 7 Pilihan Jurusan di Oxford University yang Paling Banyak Peminat

Keunggulan Oxford

Sejarah panjang Oxford University bukan jadi alasan utama mengapa banyak orang yang berebut meraih kursi untuk belajar di sini sekalipun arsitektur bergaya Victoria-nya yang klasik sangat indah dan menarik perhatian.

Sejak dulu hingga sekarang Oxford berhasil membuktikan diri sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Universitas yang berada di Oxford dan dapat ditempuh sekitar 1 jam menggunakan kereta dari London ini selalu masuk di peringkat atas perguruan tinggi terbaik di dunia dan Inggris.

QS World University Ranking 2023 menempatkan Oxford sebagai bagian dari 5 universitas top dunia dan peringkat kedua di Eropa. Beberapa jurusan di Oxford University juga masuk ke dalam peringkat atas.  

Jurusan arts and humanities di Oxford masuk sebagai jurusan terbaik di seluruh dunia. Selain itu, ada pula beberapa jurusan lainnya yang  masuk ke dalam 5 teratas, yakni natural sciences, engineering and technology, life science and medicine, dan social sciences and management.

Times Higher Education (THE) World University Rankings 2023 juga menorehkan beberapa penghargaan dan predikat untuk Universitas Oxford di mana kampus ini menjadi universitas terbaik di dunia selama tujuh tahun berturut-turut.

Program Pendidikan di Oxford 

Oxford membuka kesempatan studi bagi masyarakat luas termasuk dari negara di luar Inggris. Perguruan tinggi yang sangat mendukung kegiatan riset ini menawarkan pendidikan terbaik untuk jenjang S1, S2, dan S3. Di samping itu, Oxford juga mengadakan beberapa program lainnya seperti short courses dan summer schools. 

Merujuk pada berbagai penghargaan yang diperoleh, Oxford University sangat cocok bagi kamu yang ingin mengejar keilmuan di bidang humaniora dan sosial. Pun jika kamu ingin mengambil program double degree, tidak sedikit mahasiswa Oxford yang menempuh dua studi berbeda sekaligus dalam satu waktu.

 

Baca Juga : Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

Biaya Masuk Oxford 

Label prestisius Oxford membuat stigma bahwa kuliah di Oxford memerlukan biaya yang mahal. Sebetulnya, seberapa banyak dana yang harus kamu siapkan jika akan melanjutkan studi di Oxford?

Ada dua jenis biaya saat kamu akan studi di Oxford . Pertama adalah biaya terkait perkuliahan itu sendiri (tuition fee) dan yang kedua adalah biaya untuk kebutuhan hidup selama masa studi (living cost).

Mengutip dari halaman resmi Oxford, biaya pendidikan di Oxford pun dibedakan antara home students dan overseas students. Pembagian ini biasanya didasarkan pada kewarganegaraan, lokasi tempat tinggal, dan tingkat pendidikan sebelumnya.

Adapun secara umum, jika kamu termasuk dalam kelompok mahasiswa overseas, maka besarnya dana yang harus dikeluarkan cenderung lebih besar. Berdasarkan tingkat pendidikan yang diambil, biaya Oxford University dalam rupiah adalah antara Rp280 juta hingga Rp400 juta untuk program pendidikan sarjana dan Rp150 juta hingga Rp400 juta untuk program pendidikan pascasarjana.

Perlu dicatat bahwa nominal tersebut adalah untuk kebutuhan setiap tahun dan sangat mungkin terjadi kenaikan sesuai kurs maupun beberapa situasi lain. Jangan lupa, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk living cost yang rerata berkisar antara Rp200 juta sampai Rp350 juta per tahun.

Biaya tersebut sebetulnya relatif wajar untuk keperluan pendidikan di luar negeri (khususnya di Inggris dan Eropa). Oleh sebab itu, anggapan bahwa biaya kuliah di Oxford sangat tinggi dibandingkan berbagai perguruan tinggi terbaik di dunia lainnya sepertinya kurang tepat.

Bagaimanapun, dibandingkan berkuliah di dalam negeri, biaya masuk universitas Oxford dan keseluruhan dana yang harus kamu persiapkan untuk mendukung penyelesaian studi di sana memang cukup besar. Oleh sebab itu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa opsi untuk meminimalkan atau menekan pengeluaran untuk beberapa hal.

Saat nantinya akan bertransaksi ke Inggris misalnya, kamu bisa mencari alternatif layanan pengiriman uang yang menawarkan biaya lebih fair seperti Flip Globe. Layanan transaksi internasional dari Flip ini memungkinkanmu mengirim uang dari Indonesia UK dan 50+ negara lainnya dengan kurs terbaik, biaya murah, dan tanpa biaya tersembunyi lainnya.

Kamu pun tak perlu repot pergi ke bank atau offline outlet lainnya. Cukup dari aplikasi Flip, kamu bisa kirim uang ke UK kapan saja dan dari mana saja. 

Yuk, download aplikasi Flip di Play Store atau App Store sekarang dan wujudkan impian kuliah di Oxford bersama Flip Globe!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi