mural
homeforward
9 Daftar Universitas Luar Negeri Terbaik, Impianmu yang Mana?

9 Daftar Universitas Luar Negeri Terbaik, Impianmu yang Mana?

Ketika memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, maka pilihan universitas selalu menjadi pertimbangan utama. Namun, tidak sedikit juga orang yang mengutamakan negara tujuan sebelum menentukan universitas. Dalam hal ini, Eropa dan Amerika Serikat tentunya menjadi salah satu tujuan populer untuk melanjutkan studi sebab memiliki banyak kampus yang terkenal dan berkualitas.

Berikut ini daftar universitas luar negeri terbaik di dunia yang bisa jadi pertimbangan kamu saat hendak melanjutkan studi:

1. University of Oxford, UK 

Universitas satu ini terletak di Wellington Square, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 20.000 orang. Total, ada 5 divisi akademik di Universitas Oxford, yakni:

  1. Ilmu Sosial
  2. Humaniora
  3. Fisika dan Ilmu Alam
  4. Matematika
  5. Ilmu Medis

Sebagai universitas yang berbasis di Inggris, biaya hidup per tahun di Oxford terbilang tinggi. Perkiraannya ada di angka £10.575.

Belum lagi, untuk akomodasi kampus, mahasiswa rata-rata perlu merogoh kocek hingga sekitar £5.895 per tahun. Sementara itu, biaya kuliah di kampus ini berkisar antara £30.540 hingga £44.240.

          Baca Juga : Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

2. Stanford University, USA 

Ini adalah salah satu universitas swasta populer di Amerika Serikat dengan jumlah mahasiswa sekitar 7.645 di musim gugur tahun 2021 lalu. Kampus ini berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai universitas terbaik tahun 2022 oleh Top Universities.

Mahasiswa di kampus ini juga terdiri dari beragam etnis, ras, dan kewarganegaraan. Maudy Ayunda merupakan public figure asal Indonesia yang berhasil menyelesaikan studi magisternya di sini.

Selain terkenal dengan prestasi di bidang akademik, Stanford University juga menjadi gudang bagi para atlet. Jadi, tidak heran jika koleksi medali di kampus ini jumlahnya lebih banyak dari kampus lain di Amerika.

3. Massachusetts Institute of Technology, USA

Sebagai universitas teknologi terbaik, Massachusetts Institute of Technology jadi incaran pelajar dari seluruh penjuru dunia. Universitas swasta yang terletak di kota Cambridge, Amerika Serikat, ini punya 5 kampus dan 1 program kerja sama dengan WHOI. 

Meski fokus utama kampus ini ada di bidang sains dan teknologi, tetapi baru-baru ini mereka juga menambah cabang ilmu lain, seperti Biologi, Ilmu Politik, hingga Manajemen dan Ekonomi.

4. Harvard University, USA 

Selain prestasi mahasiswanya, Universitas Harvard juga terkenal dengan koleksi perpustakaannya yang super lengkap. Bangunan perpustakaan di universitas tertua kedua di dunia ini terdiri dari 9 lantai. Koleksi bukunya juga tidak main-main, yakni hingga 15 juta judul untuk buku cetak dan 18 juta judul untuk buku digital.

Perpustakaan terkenal ini juga punya koleksi foto sebanyak 8 juta buah. Dengan adanya fasilitas ini, tidak heran jika jurnal Universitas Harvard banyak dijadikan acuan di seluruh dunia.

5. University of Cambridge, UK 

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Inggris, maka University of Cambridge bisa menjadi pilihan yang tepat. Universitas ini juga tercatat telah berhasil meraih 89 nobel dari berbagai disiplin ilmu. Jumlah ini lebih banyak dari yang diterima oleh Universitas Oxford.

Kampus ini juga berhasil mendirikan Silicon Fen, yakni pusat pertumbuhan teknologi layaknya Silicon Valley di Amerika. Jangan lupakan juga adanya The Wooden Bridge, jembatan yang dibuat menggunakan teknik dan prinsip matematika di kampus ini.

6. California Institute of Technology, USA

Universitas teknik yang berlokasi di Pasadena ini secara konsisten selalu masuk ke 10 besar daftar universitas luar negeri terbaik dunia. Caltech memiliki 6 divisi yang masing-masing tersedia program sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Divisi biologi di universitas ini punya tradisi yang sangat kuat. Kamu yang tertarik mendalami Biology & Biological Engineering bisa mempertimbangkan untuk kuliah di sini. 

          Baca Juga : Mengenal 8 Universitas Ivy League di Dunia

7. Princeton University, USA

Ini adalah almamater dari public figure terkenal seperti Michelle Obama hingga Jeff Bezos yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kekuatan utama kampus ini terletak di bidang teknik, arsitektur, dan hubungan internasional. 

Hasi riset dari universitas ini juga mendunia dan menjadi acuan banyak orang. Yang terbaru, kampus ini baru saja meraih nobel di tahun 2021 lalu.

8. Yale University, USA 

Ini adalah kampus yang digadang-gadang sebagai pesaing kuat Harvard University. Ada dua keunikan utama dari universitas ini. Pertama, semua mahasiswa wajib mengikuti kurikulum Liberal Arts sebelum memilih jurusan departemen. Kedua, ada satu kelas favorit yang menjadi ciri khas Yale yakni mata kuliah Physicology and The Good Life. Kelas ini juga dikenal sebagai kelas kebahagiaan. 

9. Imperial College London, UK

Ini adalah salah satu kampus terbaik di daratan Eropa dengan reputasi skor sempurna di kalangan akademisi maupun pemberi kerja. Kamu yang ingin mendapat kesempatan emas bergabung dengan perusahaan terbaik mungkin bisa mempertimbangkan kampus ini.

Selain memiliki banyak restoran dan cafe yang dikelola secara mandiri, Imperial College London juga punya rumah sakit sendiri. Rumah sakit ini yang digunakan oleh fakultas Kedokteran sebagai tempat pendidikan klinis sarjana dan penelitian medis. Kamu juga bisa menemukan perpustakaan di tiap gedung kampusnya.

Selama menempuh pendidikan di universitas terbaik di luar negeri, kamu bisa banget mengandalkan Flip untuk transaksi keuangan. Ini karena Flip Globe sudah meng-cover transaksi kirim uang ke lebih dari 50 negara di dunia. 

Kamu bisa kirim dan terima uang dari keluarga di Indonesia atau teman di negara lain dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Karena itu, segera unduh aplikasinya melalui PlayStore atau App Store untuk menikmati fitur Flip Globe.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi