mural
homeforward
Meteran Listrik Rusak? Simak Penyebab, Ciri dan Biaya Perbaikannya!

Meteran Listrik Rusak? Simak Penyebab, Ciri dan Biaya Perbaikannya!

Meteran merupakan komponen yang sangat penting dalam sambungan listrik. Agar listrik tetap bisa digunakan, kamu perlu memastikan meteran berfungsi dengan baik. Kamu juga perlu mengetahui berbagai penyebab meteran rusak dan ciri-cirinya untuk mengantisipasi kerusakan dan konsekuensi yang lebih parah.

Meteran listrik adalah unit yang berguna untuk mengukur penggunaan listrik di rumah. Jika meteran rusak atau bermasalah, listrik yang mengalir ke rumahmu juga akan mengalami masalah. Untuk mengetahui penyebab meteran listrik rusak, ciri-ciri serta cara mengatasi meteran listrik rusak, simak selengkapnya dalam artikel ini!

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang!

 

Penyebab Meteran Listrik Rusak

Kerusakan meteran listrik bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apa saja?

Kesalahan Instalasi

Kesalahan saat instalasi listrik bisa menyebabkan korsleting. Korsleting tidak hanya akan merusak peralatan listrik tapi juga merusak meteran. Karena itu, pastikan instalasi listrik di rumah kamu dibuat dengan benar dan rapi. Kalau korsleting terjadi berulang kali, segera temukan penyebabnya dan lakukan perbaikan.

Kelebihan Beban Pemakaian

Salah satu fungsi meteran listrik adalah membatasi jumlah daya yang digunakan oleh pelanggan. Kalau jumlah perangkat elektronik yang dipakai melebihi kapasitas yang seharusnya, ini bisa menyebabkan kelebihan beban. Jika beban berlebih, meteran akan berulangkali terputus dan ini dapat memicu kerusakan.

Kelalaian Pelanggan

Kerusakan meteran juga bisa terjadi karena kelalaian pelanggan. Mengutak-atik meteran sendiri untuk hal-hal yang tidak seharusnya bisa menyebabkan meteran tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Jika ada yang tidak kamu mengerti terkait meteran listrik, usahakan untuk tidak berusaha memperbaikinya sendiri. Laporkan kepada petugas PLN untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Kesalahan dalam Pemasangan Meteran

Pemasangan meteran merupakan tanggung jawab dari pihak PLN. Pemasangan kabel atau kawat yang salah oleh orang yang bukan ahlinya bisa memicu kerusakan yang merugikan. Kalau ada masalah atau kerusakan pada meteran, segera buat laporan kepada PLN untuk perbaikan. Jangan menyerahkan perbaikannya kepada orang lain yang tidak berwenang untuk menghindari konsekuensi denda.

Ciri-ciri Meteran Listrik Rusak

Sumber : Envato

Selain penyebabnya, meteran listrik yang rusak juga menunjukkan sejumlah ciri-ciri yang perlu kamu perhatikan. Apa saja?

Muncul Tulisan “Periksa” pada Layar Meteran

Meteran yang normal akan menampilkan jumlah angka pemakaian listrik. Kalau tulisan yang muncul adalah “Periksa”, artinya ada komponen di dalam meteran yang mengalami kerusakan. Ini bisa disebabkan oleh kesalahan instalasi dan indikasi penyalahgunaan listrik.

Tapi tidak semua tulisan “Periksa” yang muncul adalah ciri meteran rusak. Untuk memastikannya, kamu bisa meminta petugas PLN untuk melakukan pengecekan secara langsung.

Kode Error

Kode error merupakan masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna listrik prabayar. Munculnya kode error memang merupakan tanda adanya masalah pada meteran. Tapi tidak perlu khawatir karena ini bisa diatasi. Cara mengatasi meteran listrik rusak seperti ini adalah dengan menghubungi langsung petugas PLN yang ada di kotamu.

Perlu diketahui bahwa kerusakan kode error biasanya hanya membutuhkan beberapa perbaikan kecil. Jadi kamu tidak perlu khawatir harus membayar biaya penggantian meteran.

Keypad Tidak Berfungsi

Kalau kamu pernah memasukkan nomor token tapi tombol atau keypad-nya tidak berfungsi saat ditekan, bisa jadi meteranmu mengalami kerusakan. Penggunaan yang kurang hati-hati atau usia meteran yang sudah lama bisa jadi penyebabnya. Kalau dibiarkan, maka kamu akan kesulitan untuk memasukkan token. Karena itu, perlu dilakukan perbaikan segera. Biasanya, meteran harus diganti dengan unit yang baru.

Biaya Perbaikan/Penggantian Meteran Listrik yang Rusak

Jika meteran rusak, PLN memiliki sejumlah ketentuan terkait perbaikan atau penggantian. Kalau meteran rusak bukan karena kelalaian pengguna (tidak ada perusakan segel atau penggantian komponen), maka perbaikan atau penggantian tidak akan dikenakan biaya.

Sebaliknya, jika kerusakan terjadi karena kesalahan pelanggan, kamu akan dikenakan biaya untuk perbaikan atau penggantian. Besarnya tergantung pada seberapa besar masalah atau kerusakannya. 

Untuk mengajukan perbaikan atau penggantian meteran, kamu bisa menghubungi layanan call center PLN di nomor 123. Bisa juga dengan datang langsung ke kantor PLN terdekat di tempat tinggalmu.

 

Baca juga: Cek Pengertian Meteran Listrik, Jenis dan Fungsinya di Sini!

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui terkait ciri-ciri meteran listrik rusak, penyebab dan cara mengatasinya. Untuk menghindari masalah, pastikan kamu menggunakan meteran dengan benar dan hindari mengutak-atik meteran atau merusak segel yang ada pada meteran. Perlu diketahui bahwa kerusakan pada segel meteran bisa menyebabkan kamu kena denda meteran listrik rusak.

Untuk penggunaan listrik yang lebih aman dan nyaman, lakukan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik dengan menggunakan Flip. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan Apps Store sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi