mural
homeforward
Jangan Panik, Begini Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang!

Jangan Panik, Begini Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang!

Sejak pertama kali muncul tahun 2008, penggunaan listrik prabayar atau listrik token di Indonesia semakin meluas. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan listrik sistem token. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengatur pemakaian listrik. Kamu juga tidak perlu khawatir tagihan akan membengkak karena pemakaian listrik yang tak terkontrol.

Untuk menikmati fasilitas listrik prabayar, kamu harus membeli token dengan nominal tertentu. Ketika membeli token, kamu akan mendapatkan 20 digit nomor yang perlu dimasukkan ke dalam meteran untuk topup. Semua angka harus dimasukkan dengan benar agar pulsa listrikmu terisi. Lalu, bagaimana jika nomor token yang kamu beli hilang?

Baca juga: Alarm Token Listrik Berisik? Ini 3 Cara Mematikannya!

 

Nomor token listrik hilang bisa terjadi pada siapa saja, terutama jika pembelian dilakukan secara offline. Tapi tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara cek nomor token listrik hilang. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Datang ke Tempat Pembelian Token

Ketika nomor token listrik hilang, kamu harus menyiapkan ID pelanggan dan mencatat tanggal serta waktu pembeliannya. Ini akan memudahkan proses pengecekan.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor token listrik yang hilang adalah dengan mendatangi lagi toko atau counter tempat kamu membeli token. Biasanya, toko masih memiliki bukti transaksi yang baru dilakukan. Kalaupun bukti cetaknya tidak ada, mereka bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi yang mereka pakai untuk menjual token.

Menghubungi Call Center PLN

Sumber: Envato

Apabila langkah di atas tidak bisa menyelesaikan masalah nomor token listrik hilang yang kamu hadapi, kamu dapat menghubungi call center PLN dengan nomor 123. Caranya sangat mudah yakni:

  • Siapkan nomor meteran atau ID pelangganmu
  • Hubungi nomor 123 diawali dengan kode area domisilimu
  • Jelaskan kepada petugas terkait masalah token yang kamu alami. Jika petugas bertanya nomor meteranmu, berikan nomornya dengan benar
  • Tunggu petugas melakukan pengecekan riwayat pembelian token beserta dengan nomor token yang terakhir kamu beli. Catat dengan baik nomor token yang diberikan oleh petugas dan masukkan ke meteran.

Banyak pelanggan yang mungkin belum terlalu paham bahwa nomor token itu tidak sama dengan ID pelanggan. Nomor token adalah 20 digit nomor yang kamu dapatkan saat membeli token dan harus dimasukkan ke dalam meteran untuk mengisi pulsa listriknya. Sementara itu nomor ID pelanggan atau nomor meteran adalah 11 digit nomor yang dibutuhkan saat akan membeli token.

Masuk ke Situs Resmi PLN

Cara berikutnya yang tidak kalah praktis untuk mengecek nomor token yang lupa adalah dengan menggunakan situs resmi PLN. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Kunjungi situs resmi PLN
  • Pilih menu “Pelanggan”
  • Pada pilihan “Identitas Pelanggan”, pilih IDPEL
  • Ketikkan ID pelangganmu kemudian klik “Cari”
  • Tunggu sampai situs PLN memberikan informasi terkait 20 nomor token listrik yang sudah kamu beli.

Gunakan Aplikasi Mobile PLN

Cara lain yang tidak kalah praktis untuk mengetahui nomor token yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Ini adalah aplikasi resmi yang diluncurkan PLN untuk memudahkan para pelanggannya, termasuk mengecek nomor token yang sudah dibeli.

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saka dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau di Apps Store. Lakukan instalasi kemudian jalankan aplikasi. Selanjutnya, ikuti petunjuk berikut ini:

  • Di halaman depan, pilih menu “Informasi”
  • Selanjutnya, klik pada bagian “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
  • Masukkan ID pelangganmu
  • Selanjutnya informasi mengenai pembelian token listrik terakhir beserta dengan nomor tokennya akan muncul di layar. Mudah sekali, bukan?

Buat Pengaduan Lewat Media Sosial

PLN juga menyediakan layanan pengaduan via akun media sosial mereka. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk melaporkan masalah nomor token listrik yang hilang. Caranya adalah:

  • Buka media sosial seperti Twitter dan Facebook
  • Lewat fitur DM atau messenger, hubungi admin terkait
  • Sampaikan kebutuhanmu untuk mengetahui nomor tokenmu. Jangan lupa sebutkan juga jam, tanggal dan metode pembelian yang kamu lakukan
  • Informasikan juga nomor ID pelangganmu
  • Tunggu sampai admin melakukan pengecekan dan memberitahukan nomor tokenmu.

Buat Pengaduan Lewat Email

Meskipun tidak secepat lewat aplikasi, namun kamu juga bisa melakukan pengecekan nomor token dengan menggunakan email. Kirimkan pengaduan ke [email protected]. Sebutkan masalah apa yang kamu hadapi. Sertakan nomor ID pelanggan serta waktu dan metode pembelian token. Tunggu jawaban dari tim PLN 1 x 24 jam.

 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor token listrik hilang. Kalau tidak mau repot kehilangan nomor token, kamu bisa melakukan pembelian token listrik sendiri lewat aplikasi Flip. 

Karena setiap transaksi dicatat di aplikasi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan nomor tokenmu. Tinggal buka saja aplikasinya lagi dan temukan nomornya di riwayat pembelian. Yuk unduh Flip sekarang juga di Google Play Store dan Apps Store!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi