mural
homeforward
Cara Aman dan Cepat Transfer Uang ke Malaysia

Cara Aman dan Cepat Transfer Uang ke Malaysia

Perlu transfer uang ke kerabat atau sahabat di Malaysia? Kini, transaksi keuangan termasuk kirim uang dari dan ke luar negeri makin mudah. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam platform, baik yang offline maupun online.

Nah, untuk bisa mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia, kamu membutuhkan kode swift atau swift code Bank Malaysia. Fungsinya adalah untuk memverifikasi transaksi kamu, sehingga uang yang dikirim akan sampai ke rekening yang benar. Lalu, bagaimana cara aman sekaligus cepat kirim uang ke Malaysia? Simak informasi lengkapnya berikut!

Baca Juga: Sebelum ke Malaysia, Cek Dulu Tips Tukar Rupiah ke Ringgit!

Cek Swift Code Bank Malaysia

cara transfer uang ke malaysia

Sumber: Freepik

Swift code, dikenal juga sebagai BIC (Bank Identifier Code) adalah kode unik bank berupa serangkaian huruf dan angka yang dipakai untuk membuat transaksi perbankan, khususnya internasional, yang awalnya rumit menjadi mudah. 

Kode swift ini berasal dari sebuah asosiasi bernama SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) yang membantu dan menghubungkan ribuan lembaga sekuritas di 209 negara untuk menciptakan transaksi keuangan yang aman dan tanpa hambatan. Setiap bank di seluruh dunia memiliki kode swift masing-masing berupa 8-11 karakter unik. Jadi, kamu wajib menambahkan kode swift sebelum transfer uang dari dan ke rekening bank luar negeri.

Langkah pertama untuk mendapatkan swift code Bank Malaysia adalah dengan mengetahui bank tujuan transfer, karena tentunya ada lebih dari satu bank di Malaysia. Setelah yakin dengan bank tujuan, kamu bisa mencari kode swift melalui beberapa cara. Di antaranya melalui laman resmi bank terkait, mesin pencari online (seperti Google, Bing, atau Yahoo), layanan pelanggan bank terkait, atau melalui aplikasi perbankan online.

Saat ini, beberapa layanan perbankan online bahkan telah menyediakan fitur pencarian kode swift otomatis yang akan muncul saat kamu mengisi formulir transfer internasional. Jadi, informasi yang didapat bisa lebih cepat dan akurat.

3 Cara Transfer Uang ke Malaysia

Transfer lebih murah ke luar negeri

Berikut beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri, contohnya Malaysia.

1. Via Western Union

Layanan transfer ini telah tersedia di 200 negara di seluruh dunia. Agennya pun bisa mudah ditemukan karena tersebar di beberapa lokasi seperti Pegadaian, Kantor Pos Indonesia, bank lokal, bahkan minimarket.

Kamu hanya perlu mendatangi kantor agen terdekat, mengisi formulir pengiriman uang, dan melengkapi data sesuai identitas diri. Kamu tidak wajib memiliki rekening bank tertentu untuk mengirim uang melalui Western Union. Pihak penerima nantinya juga harus mendatangi agen Western Union untuk mengambil uang.

Perlu dicatat, kirim uang via Western Union akan dikenakan biaya jasa. Nominalnya tergantung pada jumlah uang yang dikirim; makin besar nominalnya, maka makin tinggi pula biaya jasanya.

2. Via Paypal

Paypal populer di kalangan blogger, toko online, dan pebisnis digital. Metode transfer uang ini dinilai praktis karena bisa dilakukan melalui aplikasi online. Meski demikian, kurs yang diterapkan biasanya lebih tinggi daripada kurs yang dipakai oleh layanan jasa transfer yang lain. Paypal juga punya kebijakan menahan dana hingga maksimal 21 hari dengan berbagai alasan seperti:

  • Menghindari potensi scam.
  • Pengguna tidak aktif mengirim uang selama beberapa waktu.
  • Pengguna pertama kali mengirim uang via Paypal.
  • Pengguna mengirim uang ke penerima baru.

Selain itu, proses penarikan uang dari Paypal memakan waktu 2-6 hari kerja.

3. Via Bank

Kamu bisa langsung datang ke bank pilihan untuk mengirim uang ke Malaysia. Pihak bank akan menyediakan formulir pengiriman uang serta menginformasikan swift code Bank Malaysia. Transaksi bisa langsung diproses dengan biaya transfer yang variatif, tergantung nominal yang dikirim dan kebijakan bank terkait.

Baca Juga: Cek Yuk! Ini Syarat dan Cara Kerja di Malaysia untuk WNI

Kirim Uang ke Malaysia via Flip

Mau cara transfer uang ke Malaysia yang lebih cepat sekaligus hemat? Pakai Flip Globe! Kirim uang ke lebih dari 55 negara dengan kurs terbaik dan biaya murah. Dana kamu juga dijamin aman karena Flip resmi terdaftar dan diawasi Bank Indonesia.

Simak tutorial kirim uang ke Malaysia pakai Flip berikut:

  1. Unduh dan install aplikasi Flip di ponsel.
  2. Setelah masuk dengan akun kamu, pilih menu Flip Globe.
  3. Selanjutnya, pilih negara Malaysia sebagai tujuan pengiriman. Sistem akan langsung menampilkan kurs yang berlaku saat ini.
  4. Masukkan nominal yang akan dikirim, bisa dalam IDR maupun MYR. Kamu akan melihat nominal biaya transfer serta estimasi kapan uang akan sampai.
  5. Cek kembali rincian transfer, bila sudah yakin, ketuk tombol β€˜Lanjutkan’.
  6. Pilih apakah rekening tujuan adalah akun personal atau bisnis. Jangan lupa, baca dengan saksama informasi yang muncul.
  7. Pilih bank, masukkan nomor rekening tujuan, juga nama dan alamat lengkap penerima.

Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Gampang, kan? Menariknya, berapa pun nominal uang yang kamu transfer melalui Flip Globe, biayanya tetap flat yakni Rp45.000 per transaksi. Dana kamu akan sampai ke rekening penerima dalam waktu maksimal 1x24 jam. Ayo, mulai transaksi pakai Flip!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi