Tips dan Panduan | 22 Maret 2024
Oleh : Aditya R
Sering kali orang-orang telanjur panik saat layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengalami kendala. Padahal, ada banyak cara untuk mengadukan hal tersebut. Salah satunya dengan pengaduan PDAM online yang sangat gampang dilakukan.
Bagi para pengguna air PDAM untuk kebutuhan sehari-hari, kendala layanan termasuk salah satu risiko yang harus dihadapi. Meski hal ini tidak terjadi setiap hari, tetapi harus diakui kalau masalah ini cukup merepotkan.
Baca Juga: 4 Cara Praktis Cek Nomor Pelanggan PDAM
Nah, biar kamu nggak panik atau bahkan bingung saat air dari PDAM bermasalah, simak beberapa cara untuk mengadukannya ke pihak pengelola secara tepat. Hal ini penting untuk diingat, sebab pengaduan secara tepat akan lebih cepat direspons daripada yang lainnya.
Sumber: Freepik
Pengaduan PDAM online yang pertama bisa dilakukan lewat pesan singkat (SMS) atau WhatsApp. Untuk itu, satu hal yang perlu kamu ketahui agar bisa menggunakan cara ini adalah menyimpan nomor hotline pengaduan dari masing-masing PDAM.
Setiap perusahaan tentunya punya kontak hotline yang berbeda dengan perusahaan lainnya.
Jika sudah, kamu bisa mengadukan berbagai kendala yang dihadapi terkait penggunaan air PDAM. Entah itu saat air tidak lancar, warnanya keruh, baunya tidak enak, ataupun yang lainnya.
Bahkan kamu juga bisa mengadukan soal tarif pembayaran jika memang ada yang tidak beres.
Beberapa layanan aduan memiliki format tertentu untuk mengajukan aduan lewat SMS atau WhatsApp. Jika di tempatmu demikian, maka kamu pun harus menaatinya agar aduan segera ditindaklanjuti.
Cara berikutnya ialah melalui call center. Jika dibanding upaya sebelumnya, pengaduan PDAM online ini tak kalah mudah dilakukan. Bahkan langkah-langkahnya juga lebih sederhana.
Untuk mencoba menerapkan metode ini saat terjadi masalah PDAM, kamu hanya perlu tahu nomor kontak call center PDAM. Setelah itu, hubungi nomor tersebut untuk menyampaikan segala keluhanmu.
Aduan melalui call center tentu akan lebih cepat direspons jika dibanding aduan lewat pesan singkat. Hal ini karena kita berinteraksi secara langsung melalui sambungan telepon.
Namun demikian, pengaduan melalui call center juga bisa lama terhubung jika memang suasana sedang tidak mendukung.
Di samping itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan aduan ini juga cukup besar, mengingat kamu harus menggunakan pulsa saat menghubungi petugas layanan di call center.
Pengaduan PDAM online selanjutnya dapat dilakukan via situs resmi masing-masing PDAM. Saat ini, mayoritas PDAM sudah memiliki situs resmi untuk berbagai keperluan. Salah satunya ialah mengadukan keluhan atau masalah terkait layanan PDAM.
Buat yang ingin mencoba cara pengaduan ini, kamu hanya perlu masuk ke dalam situs resmi PDAM melalui browser. Lalu cari menu βAduanβ atau sejenisnya, dan klik. Jika sudah, masukkan identitas diri sesuai form yang ada, diikuti keluhan yang ingin disampaikan, dan submit aduan.
Di zaman digital ini, hampir semua lembaga atau perusahaan punya media sosial sebagai alat interaksi dengan para pelanggan. Maka, kamu pun bisa melakukan pengaduan PDAM online melalui kanal ini.
Caranya sangat mudah, selama kamu sudah memiliki media sosial yang aktif. Pengaduan bisa dilakukan dengan memberikan komentar pada postingan ataupun mengirimkan pesan pribadi secara langsung.
Untuk melakukan pengaduan PDAM dengan metode ini, kamu harus memastikan bahwa akun media sosial yang kamu beri aduan tersebut adalah akun resmi milik PDAM di wilayahmu. Hal ini penting, mengingat ada banyak akun palsu di jagat maya.
Baca Juga: Ini Dia Cara Kerja Meteran Air PDAM untuk Tahu Penggunaan Air
Last but not least, kamu bisa melakukan pengaduan PDAM online memakai aplikasi resmi yang diterbitkan PDAM. Kini, beberapa PDAM sudah memiliki aplikasi tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan.
Cara untuk menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduhnya di smartphone, lalu membuat akun. Jika sudah, kamu bisa login dan mencari fitur aduan. Di sana kamu pun bisa menuliskan aduan terkait kendala yang kamu alami.
Itulah lima cara pengaduan PDAM yang bisa coba kamu terapkan secara online. Jadi, kalau terjadi masalah terkait air PDAM, kamu tak perlu panik lagi.
Nah, kalau urusan pengaduan sudah selesai, jangan lupa untuk rutin membayar tagihan PDAM ya. Kamu bisa memanfaatkan fitur Tagihan PDAM Flip untuk melakukan hal ini.
Caranya nggak kalah gampang dari proses pengaduan PDAM online. Cukup unduh aplikasi Flip di Play Store atau App Store, bikin akun dengan e-mail, lalu bayar tagihan PDAM melalui menu βTop Up & Tagihan Air PDAM.β
Di sana kamu tinggal masukkan wilayah dan nomor pelanggan, lalu pembayaran bisa dilakukan via Saldo Flip, transfer bank atau VA dengan biaya lebih hemat.
Mudah, kan? Tunggu apa lagi? Hindari problem akibat telat bayar tagihan, gunakan Flip untuk transaksi pembayaran air PDAM.
Bagikan