mural
homeforward
4 Cara Praktis Cek Nomor Pelanggan PDAM

4 Cara Praktis Cek Nomor Pelanggan PDAM

Bagi semua pelanggan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), membayar tagihan per bulan adalah sebuah kewajiban. Bila telat bayar atau bahkan menunggak hingga tiga bulan lebih, maka akan terkena denda dan sanksi pemutusan jaringan. Untuk bisa membayar tagihan tanpa denda keterlambatan, tentunya kamu harus mengetahui nomor pelanggan PDAM kamu.

Sayangnya, tak sedikit orang yang tidak tahu di mana letak ID pelanggan PDAM. Tak sedikit pula pelangggan PDAM yang kehilangan struk pembayaran periode yang lalu sehingga lupa dengan ID-nya sendiri. Nah, muncul pertanyaan, bagaimana sih caranya mengecek ID pelanggan PDAM?

Baca Juga: 3 Cara Mudah Bayar PDAM Lewat Aplikasi

4 Cara Praktis untuk Cek Nomor Pelanggan PDAM

pentingnya cek tagihan pdam

Sumber: Ferindo

PDAM merupakan perusahaan daerah yang melayani penggunaan air bersih menggunakan sistem berlangganan. Dalam hal ini, pengguna layanan PDAM harus membayar tagihan setiap bulan sesuai dengan jumlah pemakaian air yang mereka gunakan. Caranya adalah dengan melihat angka pada meteran air yang umumnya diletakkan di bagian depan rumah pelanggan.

Seperti yang disebutkan di atas, butuh nomor pelanggan untuk bisa membayar tagihan PDAM secara rutin. Namun terkadang beberapa pelanggan PDAM kesulitan untuk menemukan di mana sih sebenarnya letak ID pelanggan PDAM itu. Ada empat cara mudah untuk mengetahui ID pelanggan PDAM, berikut di antaranya:

1. Cek dari meteran

Cara pertama untuk mengetahui ID pelanggan PDAM adalah melalui meteran air yang terpasang di halaman rumah kamu. Berikut cara untuk mengeceknya:

  1. Pertama, buka bagian penutup pada meteran air dan biasanya ada 6 digit angka yang tertempel pada penutup tersebut.
  2. Bila pada penutup meteran tidak ada, cek nomor pelanggan pada bagian kaca yang melindungi meteran. Biasanya, pada pelanggan PDAM yang masih tergolong baru, nomor tersebut masih ada di bagian kaca meteran.

Jadi, bagi pelanggan setia PDAM, pastikan untuk lebih teliti dalam mencari ID pelanggan di meteran air rumah. Cek dengan saksama apakah nomor meterannya masih ada atau tidak. Jika tidak ada, gunakan cara-cara selanjutnya.

2. Cek melalui situs web PDAM

Cara selanjutnya untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM adalah dengan mengeceknya melalui situs resmi PDAM. Berikut langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Pertama, buka browser melalui smartphone, tablet, atau PC.
  2. Masuk ke situs web resmi PDAM yang sesuai dengan daerah kamu. Misalnya kamu di Sleman, maka cari situs resmi PDAM Sleman.
  3. Selanjutnya, masuk ke menu tagihan dan masukkan nama serta alamat lengkap rumah kamu.
  4. Tunggu beberapa saat dan situs akan menampilkan informasi lengkap terkait data pelanggan PDAM, termasuk nomor pelanggan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua situs web PDAM memiliki fitur untuk mengetahui nomor pelanggan. Untuk itu, silakan hubungi kontak PDAM yang tersedia di situs terkait dan sampaikan ke petugas bahwa kamu ingin mengetahui ID pelanggan kamu.

3. Cek bukti pembayaran bulan lalu

bayar PDAM di Flip

Cara selanjutnya untuk mengetahui ID pelanggan PDAM adalah dengan mengecek bukti pembayaran pada bulan sebelumnya. Umumnya, orang yang rajin menyimpan struk pembayaran dari semua tagihan utilitas pasti masih memiliki struk PDAM.

Jadi, tinggal cek saja ID pelanggan di struk pembayaran bulan lalu. Biasanya, nomor tersebut terletak di dekat nama dan alamat pelanggan di deretan paling atas. Namun bagi yang menyimpan bukti pembayaran PDAM secara digital, bisa langsung cek pada bagian nomor atau ID pelanggan. 

Nah, bukti pembayaran digital ini hanya dimiliki oleh pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan bulanan melalui platform digital, seperti mobile bankinge-commercee-wallet, dan platform keuangan digital lainnya.

Apabila cara ini masih belum membuahkan hasil karena kamu kehilangan bukti pembayaran pada periode sebelumnya, tak perlu gelisah. Coba ikuti langkah di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia Cara Kerja Meteran Air PDAM untuk Tahu Penggunaan Air

4. Cek lewat media sosial

Alternatif selanjutnya untuk mengetahui ID pelanggan PDAM adalah melalui media sosial. Perlu diketahui bahwa PDAM di masing-masing daerah memiliki akun media sosial resmi seperti Instagram. Nah, kamu tinggal mengecek akun PDAM di daerah kamu.

Biasanya, akun PDAM resmi selalu menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Kamu pun juga bisa menghubungi layanan pelanggan PDAM langsung melalui fitur direct message. Isi pesannya bisa kamu sesuaikan sendiri. Intinya, kamu ingin mengetahui ID pelanggan PDAM dan kamu akan diminta untuk memberikan informasi, seperti nama pelanggan dan alamat rumah.

Apabila admin media sosial tidak responsif, silakan hubungi kontak PDAM yang tertera di profil media sosial mereka. Biasanya nomor yang tertera di media sosial terhubung ke WhatsApp sehingga relatif lebih responsif dibanding melalui direct message.

Jadi, itulah cara cek nomor pelanggan PDAM. Bila nomor pelanggan kamu sudah diketahui, tentu kamu harus segera melakukan pembayaran sebelum lewat jatuh tempo tanggal 20 setiap bulannya. Kalau mau cara yang mudah dan praktis, kamu bisa membayar tagihan PDAM melalui aplikasi Flip.

Lewat Flip, urusan membayar tagihan utilitas hingga transfer dana ke tujuan domestik dan internasional bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Tertarik untuk menggunakannya? Yuk, download Flip sekarang juga.

bayar PDAM di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi