mural
homeforward
Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Karyawan yang berhenti bekerja, baik karena mengundurkan diri, PHK, atau beralih ke pekerjaan nonformal, perlu menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan. Alasannya karena pihak perusahaan tidak perlu lagi meneruskan iuran.

Selain itu, bila telah menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa melakukan klaim saldo. Bagaimana cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dan siapa yang harus melakukannya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

Baca Juga: Cara Transfer Flip Ke Berbagai Bank, Lebih Hemat!

Syarat Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

bpjs ketenagakerjaan

Ada beberapa dokumen yang diperlukan sebagai syarat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan. Di antaranya:

  • Fotokopi KT, akta lahir, KK
  • Surat pernyataan resign/ PHK/ referensi kerja
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • 2 lembar pas foto 3 x 4

Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan via SIPP Online

Umumnya, yang mengajukan penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan adalah perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Jadi, kamu perlu melapor kepada perusahaan agar pihak HRD bisa mengurus melalui aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online.

SIPP Online adalah laman resmi BPJS yang memudahkan perusahaan mengelola data tenaga kerja termasuk upah serta perhitungan iuran dengan cepat dan akurat. Ini cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan via SIPP Online:

  1. Masuk dengan ID serta password.
  2. Pilih perusahaan.
  3. Cari nomor BPJS dan nama pekerja yang BPJS Ketenagakerjaannya akan dinonaktifkan.
  4. Klik opsi “action”, kemudian “nonaktifkan pekerja”.
  5. Terakhir, lakukan konfirmasi penonaktifan.

Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan secara Mandiri

Selain dengan bantuan HRD perusahaan, kamu bisa mengajukan penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan sendiri, yakni melalui kantor BPJS. Simak cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri di bawah ini:

  1. Siapkan dokumen persyaratan: KTP, KK, kartu BPJS, serta paklaring (surat keterangan pernah bekerja di perusahaan tertentu).
  2. Datangi kantor BPJS di domisili kamu.
  3. Jelaskan tujuanmu kepada petugas.
  4. Biasanya, kamu akan diminta mengambil nomor antrean dan menunggu.
  5. Setelah nomor dipanggil, serahkan dokumen kepada petugas.
  6. Tunggu hingga petugas menyelesaikan proses penonaktifan.

Sebagai catatan, bila kamu mengundurkan diri lalu melakukan pekerjaan nonformal, maka status kamu menjadi BPU (Bukan Penerima Upah) dan bisa beralih ke BPJS Mandiri. Begini caranya:

  • Siapkan dokumen lengkap (fotokopi KTP, KK, akta lahir, kartu BPJS, 2 lembar pas foto 3 x 4) dan surat referensi kerja/ surat resign.
  • Datang ke kantor BPJS, mengisi formulir pengajuan nonaktif BPJS dan alih kepesertaan.
  • Lunasi tunggakan iuran (bila ada).

Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan bagi BPU

Jika kamu bekerja secara mandiri atau di industri nonformal, maka kamu adalah peserta Bukan Penerima Upah (BPU). Apakah bisa mengajukan non-aktif peserta? Jawabannya, bisa. Cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan BPU juga mudah:

  • Siapkan persyaratan: KTP, kartu BPJS, akta lahir, KK, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Datang ke kantor BPJS.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu nomormu dipanggil.
  • Jelaskan maksud kedatanganmu dan serahkan berkas kepada petugas.
  • Tunggu hingga petugas menyelesaikan proses penonaktifan BPJS kamu.

Berapa Lama Proses Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan?

Pengajuan non-aktif kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan langsung diproses bila tidak ada iuran tertagih hingga bulan terakhir kamu bekerja. Selanjutnya, pihak HRD perusahaan mengajukan lapor penonaktifan melalui sistem dan melakukan konfirmasi via cabang terdaftar atau AR pembina. Satu bulan setelahnya, biasanya nomor BPJS kamu sudah tidak valid/ nonaktif.

Cek Status Kepesertaan

Setelah BPJS Ketenagakerjaan sudah nonaktif, kamu bisa mengajukan pencairan saldo. Namun, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Sudah tidak bekerja di perusahaan manapun.
  • Status kepesertaan sudah tidak aktif.
  • Sudah melewati masa tunggu efektif satu bulan sejak kartu dinonaktifkan.

Bagaimana cara mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan? Mudah, kok. Berikut beberapa opsi yang bisa dicoba:

1. Melalui aplikasi BPJSTK Mobile

  • Unduh dan pasang aplikasi via App Store atau Play Store.
  • Buat PIN dengan melakukan registrasi: isi 11 digit nomor KPJ (lihat di kartu BPJS), NIK KTP, nama, dan tanggal lahir.
  • Masuk dengan email dan PIN.
  • Pilih menu cek saldo JHT.
  • Bila ada tanda centang, artinya status BPJS Ketenagakerjaan kamu masih aktif.

Kamu juga bisa memilih opsi menu Kartu Digital untuk melihat status kepesertaan.

2. Via website

  • Akses laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Lakukan registrasi dengan mengisi form dan Submit Data.
  • Sistem akan mengirim kode aktivasi melalui email atau SMS.
  • Masukkan kode ke halaman website dan Submit.
  • Setelah akun aktif, Masuk dengan email dan PIN.
  • Masukkan nomor BPJS dan KTP di kolom profil. 
  • Bila status tidak valid, artinya status kepesertaan kamu sudah tidak aktif.

3. Via SMS

Mudah dan cepat; cukup kirim SMS ke 2757 menggunakan format: Status (spasi) TK#Nomor BPJS. Sementara itu, untuk mengecek saldo, gunakan format SMS: SALDO (spasi) nomor peserta, kemudian kirim ke 2757.

Kamu juga bisa mengecek status melalui call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175. Layanan ini tersedia pada pukul 06.00 - 22.00 WIB.

Nah, itulah cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dan cara mengecek status kepesertaan. Seiring bertambah canggihnya teknologi, kini kamu tidak harus datang ke kantor BPJS dan bisa lebih leluasa melakukannya melalui website dan aplikasi online.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan, Offline & Online

Begitu pun dengan melakukan aktivitas keuangan. Kamu bisa transfer uang, beli pulsa, juga bayar tagihan termasuk iuran BPJS di satu aplikasi, yakni Flip. Tidak perlu ke luar rumah; transaksi aman, nyaman, dan dijamin lebih hemat. Mau? Download Flip sekarang!

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2025 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi