mural
homeforward
7 Cara Menghemat Listrik AC Supaya Tidak Boros

7 Cara Menghemat Listrik AC Supaya Tidak Boros

Pendingin ruangan atau disebut juga dengan Air Conditioner (AC) kini sudah tidak lagi menjadi perabotan mewah. Bahkan, perangkat elektronik satu ini justru menjadi salah satu barang kebutuhan rumah tangga yang wajib ada. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara hemat listrik AC yang membuat benda ini menghabiskan lebih banyak daya listrik di rumah sehingga pemakaian listrik pun menjadi lebih boros. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian AC untuk membantu mendinginkan ruangan sepanjang hari. Akibatnya, pemakaian listrik menjadi tidak terkendali. Supaya tidak membuat tagihan listrik menjadi boros, tentunya pemakaian alat elektronik satu ini harus kamu siasati. Pertanyaannya, bagaimana caranya?   

Baca juga: Meteran Listrik Rusak? Simak Penyebab, Ciri dan Biaya Perbaikannya!

 

Cara Hemat Listrik AC di Rumah Supaya Tidak Boros Listrik 

Cara Menghemat Listrik AC

Sumber : Envato 

Meski menggunakan AC sepanjang hari untuk membuat ruangan di rumah menjadi lebih dingin dan sejuk, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk hemat listrik AC. Bahkan, cara tersebut sangat mudah dilakukan, kok. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Atur suhu AC 

Cara menghemat listrik AC yang pertama adalah mengatur suhu udara pada perangkat tersebut. Kamu perlu tahu bahwa pemakaian AC yang tidak pas tentu dapat membuat perangkat satu ini mengonsumsi daya listrik yang lebih besar. Terlebih lagi kalau kamu menggunakan AC untuk menyejukkan udara di ruangan sepanjang hari. Semakin rendah suhu AC yang kamu atur pada perangkat ini, semakin tinggi pula daya listrik yang diperlukan. Jadi, sebaiknya kamu tahu berapa suhu ideal untuk mendinginkan ruangan, yaitu antara 23 sampai 25 derajat Celsius. Tak hanya itu, rentang suhu tersebut juga menjaga suhu udara di ruangan tetap sejuk, nyaman, dan membuat konsumsi listrik tidak terlalu tinggi. 

2. Bersihkan filter secara rutin 

Agar bisa mendinginkan ruangan dengan optimal, AC memiliki banyak komponen penting di dalamnya. Salah satunya adalah filter atau penyaring udara. Sama seperti perangkat elektronik lain yang kerap kamu gunakan, filter AC juga harus kamu bersihkan secara rutin. Tak hanya membuat udara yang dikeluarkan dari perangkat ini yang menjadi tidak sedap, filter AC yang tidak rutin dibersihkan juga membuat AC lebih banyak menghabiskan daya listrik. Sebab, debu akan membuat filter bekerja lebih keras untuk membuat udara menjadi dingin. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu melakukan pembersihkan filter AC secara berkala. Setidaknya, bersihkan setiap 1 sampai 3 bulan sekali untuk membantu hemat listrik AC di rumah. Semakin buruk sirkulasi dan kondisi udara di rumah, pastinya kamu harus semakin sering membersihkan komponen AC satu ini. 

3. Pilih AC dengan fitur inverter 

Saat membeli AC, kamu akan mendapati banyak sekali jenisnya. Mulai dari ukuran PK-nya, hingga teknologi yang digunakan. Nah, cara menghemat AC lain supaya pemakaian listrik tidak membengkak adalah memilih produk AC yang dibekali dengan teknologi inverter. Teknologi satu ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan suhu pada suatu ruangan. AC jenis inverter tentu sangat pas buat kamu yang menggunakan perangkat elektronik ini sepanjang hari untuk mengusir hawa panas di ruangan. Sebenarnya, bagaimana cara kerja AC dengan teknologi inverter ini? Saat AC dihidupkan, sistem dan teknologi inverter pada alat memang akan mengonsumsi daya listrik yang lebih tinggi. Akan tetapi, setelah suhu yang kamu atur pada perangkat sesuai dengan suhu ruangan, kompresor AC akan bekerja lebih ringan dan stabil sehingga pemakaian daya listrik pun berkurang. Namun, AC jenis ini sebaiknya kamu pasang pada ruangan yang tertutup atau jarang digunakan orang untuk keluar masuk. Sebab, kalau kamu sering membuka tutup ruangan dengan AC satu ini, pemakaian listriknya juga tetap boros karena suhu ruangan yang tidak kunjung stabil. 

4. Perhatikan frekuensi saklar AC 

Frekuensi saklar AC atau tingkat keseringan perangkat nyala dan mati yang terlalu sering juga dapat membuat tagihan listrik membengkak. Jadi, sebisa mungkin kamu dapat mengontrol kapan AC harus nyala dan mati. Apabila kamu meninggalkan ruangan untuk waktu singkat, AC tidak perlu kamu matikan. Sebaliknya, kalau kamu sering bepergian, sebaiknya matikan AC dan nyalakan kembali saat kamu sudah berada di rumah. Perlu kamu ingat bahwa setiap kamu menyalakan AC, benda satu ini akan membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi. Bayangkan jika kamu terlalu sering mematikan dan menghidupkannya, berapa banyak listrik yang dibutuhkan.   

5. Nyalakan blower AC 

Pengaturan atau setelan setiap produk pendingin ruangan umumnya akan memiliki blower atau kipas bawaan. Saat menghidupkan AC, kamu tidak hanya harus menggunakan suhu udara yang pas, tetapi juga menyalakan fitur blower untuk membantu hemat listrik AC. Saat kamu menyalakan fitur kipas pada AC, suhu di dalam ruangan sebenarnya akan tetap terjaga kesejukannya meski temperatur sedang tinggi atau kamu mengatur suhu tidak terlalu rendah. Ini disebabkan karena perputaran udara di dalam ruangan yang menjadi lebih cepat. 

6. Gunakan AC secara efisien 

Selain itu, perhatikan pula pemakaian AC, pastikan kamu sudah memakai perangkat ini seefisien mungkin. Sebab, perangkat elektronik ini umumnya tidak membuat setiap sisi ruangan menjadi dingin saat dinyalakan. Solusi terbaiknya, kamu dapat memakai AC saat benar-benar diperlukan. Selain itu, hindari menyalakan AC saat ruangan sedang kosong. 

7. Lakukan servis rutin 

Cara menghemat listrik AC yang terakhir adalah melakukan perawatan alias servis AC secara berkala. Dengan begitu, kinerja atau performa dari perangkat ini tetap optimal dalam membantu menjaga suhu udara di ruangan tetap dingin tanpa membuat pemakaian listrik jadi lebih boros. Pasalnya, apabila kamu tidak rutin membersihkan AC, maka aliran udara yang terdapat pada sistemnya bisa mengalami penyumbatan. Hal ini akan membuat AC menjadi lebih banyak membutuhkan daya listrik dan menjadikannya lebih cepat rusak. Selain itu, hemat listrik AC juga bisa kamu lakukan dengan memaksimalkan aliran udara di dalam ruangan. Pastikan agar setiap ruangan memiliki cukup ventilasi udara sehingga dapat membantu ruangan tetap sejuk meski kamu tidak menyalakan AC. 

 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

Itu tadi cara mudah hemat listrik AC yang dapat kamu coba. Kalau kamu kehabisan listrik di rumah, pastikan pakai Fip untuk mengisi token dan melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan, ya! Sekarang, tidak hanya transfer uang bebas biaya admin, aplikasi Flip juga bisa untuk bayar dan cek pemakaian listrik, tagihan air, beli pulsa dan paket internet. Pastikan kamu sudah download aplikasi Flip, ya!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi