Tutorial | 14 September 2023
Oleh : Rizqi Akbar
Indovision, atau MNC Vision menjadi salah satu layanan televisi kabel yang cukup tinggi peminatnya di seluruh Indonesia. Bukan tanpa alasan, Indovision menyediakan berbagai pilihan saluran siaran lokal dan internasional dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan akan hiburan setiap harinya.
Bahkan, mendaftar langganan televisi satelit ini sekarang tidak sulit lagi. Sebab, kamu tidak perlu mendatangi kantor cabang seperti dulu, cukup menghubungi melalui WA dan pendaftaran sudah bisa diproses. Harga langganan yang ditawarkan juga bisa dibilang sangat kompetitif dengan banyak keunggulan yang dimiliki.
Baca Juga: Paket Indovision: Cara Daftar, Cek Tagihan Dan Pembayarannya
Sumber : Unsplash
Namun, seperti halnya layanan berbasis digital, tak menutup kemungkinan terjadi gangguan Indovision pada perangkat di rumah. Jika demikian, tentu saja kenyamanan menonton siaran favorit menjadi terganggu, terlebih jika kamu tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut.
Inilah mengapa, sebaiknya kamu mengetahui apa sapa hal yang menjadi penyebab Indovision gangguan melalui kode yang muncul. Berikut penjelasan lengkapnya:
Jika muncul kode ini pada perangkat, berarti kartu yang kamu masukkan bukan kartu tayang. Selain itu, munculnya kode ini juga bisa jadi disebabnan karena kamu memasukkan kartu yang tidak benar (terbalik), atau kartu tayang yang kamu miliki mengalami kerusakan.
Tak hanya itu, munculnya kode ini juga sering terjadi kepada beberapa pelanggan yang mencoba memasukkan kartu tayang bukan pada perangkat decoder yang semestinya. Sebab, satu kartu tahang sebenarnya hanya ditujukan untuk decoder yang sudah sesuai.
Selanjutnya, gangguan Indovision dengan kode E4 yang muncul pada perangkat. Jika kamu mengalaminya, ini berarti kamu tidak bisa menikmati siaran pada saluran tersebut. Secara umum, munculnya kode E4 sendiri bisa disebabkan karena tiga masalah utama, yaitu:
Kemudian, munculnya kode E6 pada perangkat Indovision yang kamu gunakan. Kode ini berarti kartu tayang yang kamu miliki tidak terotorisasi. Masalah ini sering kali terjadi pada pelanggan yang baru saja memasang layanan Indovision dan siaran belum pernah tayang sebelumnya.
Pernah mengalami gangguan Indovision dengan kode E11? Kode ini menunjukkan adanya masalah keamanan. Misalnya, beberapa kendala teknis seperti gangguan yang terjadi pada perangkat decoder atau masalah jaringan listrik di rumah yang tidak stabil.
Jika muncul kode ini pada perangkat, pastikan kamu mematikan televisi dan perangkat terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan pengecekan secara menyeluruh guna menghindari risiko lain yang membahayakan.
Kemudian, gangguan pada perangkat STB, termasuk masalah sinyal maupun jaringan kabel pada perangkat parabola. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu tidak memasang kabel receiver dengan tepat, atau bisa terjadi karena kabel yang kendor atau goyang.
Selain itu, penyebab Indovision gangguan yang sering pula terjadi adalah tayangan menjadi tersendat karena kendaraan yang lalu-lalang atau tampilan gambar yang kurang baik pada beberapa saluran. Biasanya, hal ini disebabkan karena motor dan mobil dengan knalpot atau mesin menghasilkan gelombang yang tidak baik. Selain itu, bisa pula terjadi karena kamu berada pada lingkungan jaringan internet nirkabel yang padat.
Sumber : Unsplash
Lalu, bagaimana cara mengatasi Indovision gangguan yang muncul pada perangkat? Sesuai dengan kodenya, berikut solusi yang bisa kamu lakukan sehingga bisa kembali menyaksikan tayangan favorit pada televisi berlangganan lebih nyaman:
Bersihkan area chip pada kartu dengan kain lembut, lalu coba masukkan kartu dan reset decoder. Setelah itu, cobalah nyalakan perangkat kembali.
Jika block 4 hanya terjadi pada beberapa saluran, tanyakan pada sales kejelasan paket yang kamu pilih, termasuk siaran apa saja yang bisa kamu nikmati sesuai dengan paket tersebut. Jika semua saluran terblokir kecuali TVRI, kamu harus segera melakukan pembayaran langganan.
Sementara itu, jika semua channel terblokir, pelanggan lama bisa langsung menghubungi Customer Care untuk melakukan aktivasi kembali. Sedangkan bagi pelanggan baru atau 14 hari setelah layanan dipasang, masalah ini muncul karena data yang belum diverifikasi oleh kantor pusat.
Biasanya, ini terjadi karena nomor yang tidak terhubung, tidak terangkat, atau panggilan terputus sehingga tim tidak dapat melakukan proses data pelanggan lebih optimal.
Cara mengatasi Indovision gangguan dengan kode E6 untuk pelanggan lama adalah menghubungi teknisi atau sales yang melakukan pemasangan perangkat. Kamu juga bisa mengajukan keluhan melalui panggilan Customer Care atau email.
Kemudian, gangguan kode E11 pada perangkat bisa kamu atasi dengan cara mencabut kartu sekaligus mematikan decoder. Caranya yaitu mencabut steker sehingga aliran listrik terputus. Lalu, tunggu selama 1-2 menit dan coba hubungkan kembali.
Terakhir, gangguan kontak listrik perangkat STB yang bisa ditangani dengan mencabut kabel parabola yang letaknya ada di sisi belakang decoder. Pastikan kabel tidak goyang saat kamu memasangnya kembali.
Itu tadi beberapa gangguan Indovision dan cara mengatasinya yang perlu kamu perhatikan. Jangan lupa, pastikan untuk membayar langganan tepat pada waktunya sehingga layanan tidak mengalami masalah. Gunakan aplikasi Flip untuk bayar langganan televisi lebih mudah dan praktis.
Baca Juga: Perlu Tahu, Begini Cara Paralel Indovision Dalam Satu Rumah
Tak hanya transfer uang ke rekening lokal atau internasional lebih praktis dan cepat, Flip juga menjadi aplikasi pilihan yang terbaik untuk memudahkan kamu membayar tagihan. Mulai dari pembayaran listrik bulanan, PDAM, keanggotaan BPJS Kesehatan, hingga televisi dan internet seperti Indovision.
Selain itu, kamu tentunya juga bisa menggunakan Flip untuk isi pulsa dan paket data ponsel, serta mengisi token listrik. Bahkan, kamu pun bisa bersedekah, membayar zakat, dan berinvestasi dari Flip! Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Flip ya, download sekarang juga!
Bagikan