mural
homeforward
Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Indovision di Rumah

Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Indovision di Rumah

Indovision, atau MNC Vision menjadi salah satu layanan televisi kabel yang cukup tinggi peminatnya di seluruh Indonesia. Bukan tanpa alasan, Indovision menyediakan berbagai pilihan saluran siaran lokal dan internasional dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan akan hiburan setiap harinya. 

Bahkan, mendaftar langganan televisi satelit ini sekarang tidak sulit lagi. Sebab, kamu tidak perlu mendatangi kantor cabang seperti dulu, cukup menghubungi melalui WA dan pendaftaran sudah bisa diproses. Harga langganan yang ditawarkan juga bisa dibilang sangat kompetitif dengan banyak keunggulan yang dimiliki. 

Baca Juga: Paket Indovision: Cara Daftar, Cek Tagihan Dan Pembayarannya

Penyebab Indovision Gangguan

gangguan indovision

Sumber : Unsplash

Namun, seperti halnya layanan berbasis digital, tak menutup kemungkinan terjadi gangguan Indovision pada perangkat di rumah. Jika demikian, tentu saja kenyamanan menonton siaran favorit menjadi terganggu, terlebih jika kamu tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut. 

Inilah mengapa, sebaiknya kamu mengetahui apa sapa hal yang menjadi penyebab Indovision gangguan melalui kode yang muncul. Berikut penjelasan lengkapnya: 

Kode E2

Jika muncul kode ini pada perangkat, berarti kartu yang kamu masukkan bukan kartu tayang. Selain itu, munculnya kode ini juga bisa jadi disebabnan karena kamu memasukkan kartu yang tidak benar (terbalik), atau kartu tayang yang kamu miliki mengalami kerusakan. 

Tak hanya itu, munculnya kode ini juga sering terjadi kepada beberapa pelanggan yang mencoba memasukkan kartu tayang bukan pada perangkat decoder yang semestinya. Sebab, satu kartu tahang sebenarnya hanya ditujukan untuk decoder yang sudah sesuai. 

Kode E4

Selanjutnya, gangguan Indovision dengan kode E4 yang muncul pada perangkat. Jika kamu mengalaminya, ini berarti kamu tidak bisa menikmati siaran pada saluran tersebut. Secara umum, munculnya kode E4 sendiri bisa disebabkan karena tiga masalah utama, yaitu: 

  • Block 4 yang terdapat pada saluran tertentu. Ini artinya saluran tersebut tidak masuk dalam paket langganan yang kamu pilih.
  • Block 4 terjadi pada semua saluran, kecuali TVRI.
  • Kode block 4 all channel yang berarti terjadi masalah pada aktivasi kartu tayang yang kamu punya atau terdapat beberapa saluran saja yang aktif.

Kode E6

Kemudian, munculnya kode E6 pada perangkat Indovision yang kamu gunakan. Kode ini berarti kartu tayang yang kamu miliki tidak terotorisasi. Masalah ini sering kali terjadi pada pelanggan yang baru saja memasang layanan Indovision dan siaran belum pernah tayang sebelumnya. 

Kode E11

Pernah mengalami gangguan Indovision dengan kode E11? Kode ini menunjukkan adanya masalah keamanan. Misalnya, beberapa kendala teknis seperti gangguan yang terjadi pada perangkat decoder atau masalah jaringan listrik di rumah yang tidak stabil. 

Jika muncul kode ini pada perangkat, pastikan kamu mematikan televisi dan perangkat terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan pengecekan secara menyeluruh guna menghindari risiko lain yang membahayakan. 

STB

Kemudian, gangguan pada perangkat STB, termasuk masalah sinyal maupun jaringan kabel pada perangkat parabola. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu tidak memasang kabel receiver dengan tepat, atau bisa terjadi karena kabel yang kendor atau goyang. 

Selain itu, penyebab Indovision gangguan yang sering pula terjadi adalah tayangan menjadi tersendat karena kendaraan yang lalu-lalang atau tampilan gambar yang kurang baik pada beberapa saluran. Biasanya, hal ini disebabkan karena motor dan mobil dengan knalpot atau mesin menghasilkan gelombang yang tidak baik. Selain itu, bisa pula terjadi karena kamu berada pada lingkungan jaringan internet nirkabel yang padat. 

Cara Mengatasi Indovision Gangguan

gangguan indovision

Sumber : Unsplash

Lalu, bagaimana cara mengatasi Indovision gangguan yang muncul pada perangkat? Sesuai dengan kodenya, berikut solusi yang bisa kamu lakukan sehingga bisa kembali menyaksikan tayangan favorit pada televisi berlangganan lebih nyaman: 

E2

Bersihkan area chip pada kartu dengan kain lembut, lalu coba masukkan kartu dan reset decoder. Setelah itu, cobalah nyalakan perangkat kembali. 

E4

Jika block 4 hanya terjadi pada beberapa saluran, tanyakan pada sales kejelasan paket yang kamu pilih, termasuk siaran apa saja yang bisa kamu nikmati sesuai dengan paket tersebut. Jika semua saluran terblokir kecuali TVRI, kamu harus segera melakukan pembayaran langganan. 

Sementara itu, jika semua channel terblokir, pelanggan lama bisa langsung menghubungi Customer Care untuk melakukan aktivasi kembali. Sedangkan bagi pelanggan baru atau 14 hari setelah layanan dipasang, masalah ini muncul karena data yang belum diverifikasi oleh kantor pusat. 

Biasanya, ini terjadi karena nomor yang tidak terhubung, tidak terangkat, atau panggilan terputus sehingga tim tidak dapat melakukan proses data pelanggan lebih optimal. 

E6

Cara mengatasi Indovision gangguan dengan kode E6 untuk pelanggan lama adalah menghubungi teknisi atau sales yang melakukan pemasangan perangkat. Kamu juga bisa mengajukan keluhan melalui panggilan Customer Care atau email. 

E11

Kemudian, gangguan kode E11 pada perangkat bisa kamu atasi dengan cara mencabut kartu sekaligus mematikan decoder. Caranya yaitu mencabut steker sehingga aliran listrik terputus. Lalu, tunggu selama 1-2 menit dan coba hubungkan kembali. 

STB

Terakhir, gangguan kontak listrik perangkat STB yang bisa ditangani dengan mencabut kabel parabola yang letaknya ada di sisi belakang decoder. Pastikan kabel tidak goyang saat kamu memasangnya kembali. 

Itu tadi beberapa gangguan Indovision dan cara mengatasinya yang perlu kamu perhatikan. Jangan lupa, pastikan untuk membayar langganan tepat pada waktunya sehingga layanan tidak mengalami masalah. Gunakan aplikasi Flip untuk bayar langganan televisi lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Perlu Tahu, Begini Cara Paralel Indovision Dalam Satu Rumah

Tak hanya transfer uang ke rekening lokal atau internasional lebih praktis dan cepat, Flip juga menjadi aplikasi pilihan yang terbaik untuk memudahkan kamu membayar tagihan. Mulai dari pembayaran listrik bulananPDAM, keanggotaan BPJS Kesehatan, hingga televisi dan internet seperti Indovision. 

Selain itu, kamu tentunya juga bisa menggunakan Flip untuk isi pulsa dan paket data ponsel, serta mengisi token listrik. Bahkan, kamu pun bisa bersedekah, membayar zakat, dan berinvestasi dari Flip! Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Flip ya, download sekarang juga!

 New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi