mural
homeforward
Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri dari Indonesia Beserta Estimasi Biayanya

Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri dari Indonesia Beserta Estimasi Biayanya

Saat ini bisnis jual beli produk lintas negara bukanlah hal yang asing. Berkat kemajuan teknologi, penjual dan pembeli bisa saling bertemu dan bertransaksi melalui internet. Tak hanya itu, cara kirim barang ke luar negeri pun semakin mudah. 

Nah, kalau kamu tertarik untuk melakukan bisnis dengan pembeli di luar negeri, mengetahui cara kirim paket ke luar negeri paling murah menjadi hal yang penting. Yuk, pelajari step-by-step mengirim barang ke luar negeri beserta estimasi biayanya di artikel berikut!

Langkah-langkah Kirim Barang Ke Luar Negeri

Pada dasarnya, cara kirim barang ke luar negeri menggunakan ekspedisi mirip dengan cara mengirim barang dengan ekspedisi dalam negeri. Berikut ulasannya.

Ketahui aturan mengenai pengiriman luar negeri

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui aturan pengiriman luar negeri—terutama perihal barang-barang apa yang bisa dikirim dan tidak bisa dikirim. 

Coba cari tahu terlebih dahulu apa yang bisa dikirim melalui ekspedisi yang ingin kamu pilih. Biasanya, semua pengiriman luar negeri menerapkan aturan yang mirip terkait barang yang tidak boleh dikirimkan. 

Sebagai gambaran, mari ambil contoh dari aturan cara kirim barang ke luar negeri Pos Indonesia. Dilansir dari laman resmi Pos Indonesia, beberapa contoh barang yang tidak boleh dikirimkan adalah sebagai berikut:

  1. Obat-obatan terlarang, termasuk di dalamnya seperti narkotika, psikotropika, dll.
  2. Barang mudah terbakar.
  3. Barang mudah meledak.
  4. Barang yang melanggar kesusilaan.
  5. Barang yang mudah rusak serta mencemari lingkungan.
  6. Makhluk hidup, terutama binatang.
  7. Uang
  8. Barang yang bisa mengganggu stabilitas dan keamanan negara.
  9. Barang yang dilarang pengirimannya oleh peraturan perundang-undangan.
  10. Barang yang dilarang peredarannya di Negara Republik Indonesia.

Ketahui juga untuk ketentuan berat maksimal pengiriman ke luar negeri. Jika barang yang dikirimkan sudah mencapai batas bobot/volume tertentu, maka barangmu akan dikenakan aturan ekspor.

 

Baca Juga : China Market Place: Pengertian, Keuntungan, Tips Memilih Produk, dan Rekomendasi Terbaik

Siapkan paket

Nah, setelah memastikan produk yang kamu jual boleh dikirimkan ke luar negeri, selanjutnya siapkan paket yang akan kamu kirimkan. 

Jika barang tersebut adalah produk yang akan dikirim ke pembeli, pastikan produk tersebut dikemas dengan aman dan rapi. Akan lebih baik juga jika kamu mengemasnya secara ringkas untuk mengurangi ukuran volumetrik. Besar kecil ukuran volume barang kiriman bisa memengaruhi ongkos kirim, lho!

Pilih Jasa Ekspedisi

Nah, sembari menyiapkan paket, kamu juga bisa survei jasa kirim paket ke luar negeri. Selain dari track record jasa ekspedisi tersebut, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih jasa ekspedisi berdasarkan biaya kirim barang ke luar negeri yang ditetapkan.

Pastikan untuk memilih jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman menangani pengiriman barang ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menjumpai banyak jasa ekspedisi yang mengalami jenis pengiriman ini, misalnya seperti Pos Indonesia, JNE, DHL, FedEx, dll. 

Tak hanya dilihat dari segi pengalaman semata, pertimbangkan juga untuk memilih jasa ekspedisi yang menyediakan tracking paket yang mudah. Dengan layanan ini, kamu tak perlu khawatir paketmu hilang atau tidak sampai karena posisi paketmu akan di-update secara berkala. 

Terkait dengan jasa ekspedisi, kamu juga perlu mendiskusikannya dengan pihak pembeli. Sediakan beberapa opsi dan beritahukan harganya. Lalu. biarkan pembeli yang menentukan karena mereka juga yang akan membayar ongkos kirimnya.

Antar paket ke kantor ekspedisi

Karena pembeli sudah menentukan jasa ekspedisi yang ingin digunakan, selepas pembayaran kamu hanya perlu mengantar paket langsung ke kantor jasa ekspedisi. 
 

Meski sering kali biaya yang tertera di tidak jauh berbeda dengan biaya yang diminta, tidak ada salahnya untuk menyiapkan uang lebih. Tujuannya untuk berjaga-jaga.

Bayar ongkir dan terima resi

Setelah pengiriman barang kamu lunas dan tercatat, cara kirim barang ke luar negeri selanjutnya adalah membayar ongkir. Kemudian, kamu akan menerima resi pengiriman. 

 

Di resi pengiriman tersebut, ada nomor resi yang bisa kamu gunakan untuk tracking posisi barang. Kamu bisa membagikan nomor ini kepada pembeli supaya mereka juga bisa mengecek posisi terkini produk yang dibeli.

 

Baca Juga : Cara Beli Barang dari Luar Negeri, Mudah Banget!

Estimasi Biaya Pengiriman Beberapa Jasa Ekspedisi 

Setelah mengetahui cara kirim barang ke luar negeri, mari cari tahu berapa estimasi biaya kirim barang ke luar negeri.

Satu hal yang pasti, biaya pengiriman suatu ekspedisi jelas akan berbeda dengan ekspedisi lainnya. Maka dari itu, kamu perlu survei terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Sebagai contoh, mari kita cari tahu berapa biaya kirim barang ke luar negeri dari Indonesia (Jakarta) ke Singapura dengan menggunakan beberapa ekspedisi. 

  1. Pos Indonesia

Dilansir dari laman cektarif.com, biaya untuk kirim dokumen dengan berat maksimal 250 gram adalah 9,90 dolar. Jika dikonversi, ini berkisar antara Rp150.000,00-Rp160.000,00.

  1. JNE

Tarif pengiriman paket/dokumen dengan berat maksimal 1 kg adalah Rp143.000,00.

  1. DHL

Tarif pengiriman paket dengan berat 1 kg adalah Rp658.970-Rp1.456.852,00. Meski mahal, pengiriman menggunakan DHL menjanjikan pengiriman yang paling cepat.

  1. FedEx

Dilansir dari Kompas, biaya pengiriman paket 1 kg ke Singapura adalah Rp861.942,00.
 

Nah, itulah penjelasan mengenai cara kirim barang ke luar negeri beserta penjelasan mengenai biaya kirim barang ke luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Dengan menjalani bisnis jual beli lintas negara, bukan tidak mungkin kamu akan melakukan pengiriman uang ke luar negeri nantinya ketika dibutuhkan. Nah, supaya bisa mengirim uang dengan biaya yang murah, coba deh pakai Flip.

Flip punya fitur Flip Globe yang bakal mempermudah proses transfer dana ke rekening bank luar negeri. Biayanya pun super terjangkau. Maka dari itu, yuk, download Flip! Kamu bisa mengunduh melalui PlayStore atau App Store.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi