mural
homeforward
Bisa Buat Jatah Jajan, Ini Cara Hemat Listrik Kulkas

Bisa Buat Jatah Jajan, Ini Cara Hemat Listrik Kulkas

Cara menghemat listrik kulkas bisa jadi hal esensial yang perlu kamu ketahui untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Pasalnya kulkas adalah salah satu barang elektronik di rumah yang harus menyala terus selama 24 jam. Sementara di sisi lain, tarif listrik juga cenderung selalu mengalami kenaikan.

Karena itu, tak ada salahnya untuk lebih bijak dalam menyortir pengeluaran apa yang dapat ditekan khususnya pengeluaran rutin seperti biaya listrik. Kamu pun nantinya dapat mengalokasikan “jatah sisa” tersebut untuk keperluan lain yang lebih esensial.

Baca Juga: Manfaat, Biaya, Dan Cara Berlangganan STB IndiHome

Berapa Besar Daya dan Biaya Listrik Kulkas? 

cara hemat listrik

Sumber : Envato

Besarnya daya listrik kulkas untuk keperluan rumah tangga rerata berkisar antara 100 sampai 250 watt. Itu artinya, jika kulkas terus menyala sepanjang waktu selama 24 jam, maka konsumsi listrik harian mencapai 1 hingga 2 kWh.

Walau begitu, menghemat listrik kulkas tidak cuma sebatas pemilihan besarnya daya listrik bawaan kulkas tersebut. Ada beberapa faktor lain yang tak kalah penting memengaruhi konsumsi daya listrik seperti berikut ini.

  • Kapasitas

Makin besar kapasitas sebuah kulkas, makin besar pula konsumsi dayanya. 

  • Pengaturan Suhu

Mengubah suhu kulkas dari bawaan pabrik akan mengubah pula besarnya daya listrik yang dipakai.

  • Musim

Percaya atau tidak, konsumsi listrik saat musim panas lebih besar dibandingkan musim dingin karena mesin harus bekerja lebih ekstra mendinginkan bahan-bahan di dalam kulkas.

  • Usia Kulkas

Kulkas keluaran lama biasanya mengonsumsi lebih banyak daya karena teknologi yang digunakan belum mendukung untuk efisiensi.

  • Tipe

Dibandingkan kulkas display untuk keperluan komersial, kulkas rumahan biasanya sepuluh kali lipat lebih hemat listrik.

Cara Hitung Tagihan Listrik Kulkas 

Sebelum tahu cara menghemat listrik kulkas, ada baiknya kamu perlu tahu terlebih dari cara menghitung besarnya tagihan yang harus kamu bayarkan. Tenang saja, kamu bisa melakukannya dengan menghitung secara manual, kok.

Pertama, ketahui dulu tarif dasar listrik terbaru. Pada periode April-Juni 2023 pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tidak melakukan adanya perubahan tarif. Berikut rincian tarif dasar listrik sesuai kelompok pelanggan.

  • Rumah tangga 450 VA (subsidi) : Rp415 per kWh
  • Rumah tangga 900 VA (subsidi) : Rp650 per kWh
  • Rumah tangga 900 VA (RTM) : Rp1.352 per kWh
  • Rumah tangga 1.300 - 2.200 VA : Rp1.444,7 per kWh
  • Rumah tangga 3.500 VA ke atas : Rp1.699,53 per kWh

Setelah itu, cari tahu berapa besarnya daya listrik kulkas yang kamu punya dan durasi penggunaannya. Misal kamu menggunakan kulkas dengan daya listrik 200 Watt dan menggunakannya non-stop alias 24 jam. Jika kamu merupakan pelanggan rumah tangga 1.300 kWh, maka berikut perhitungannya.

  1. Hitung penggunaan daya harian

24h x 200W = 4.800 Wh = 4,8 kWh

  1. Hitung penggunaan daya bulanan

4,8 kW x 30 = 144 kWh

  1. Hitung tarif selama satu bulan

144 kWh x Rp1.352 = Rp194.688,00 

Sepintas angka ini mungkin tak terlalu berarti jika kamu harus mengeluarkannya per bulan. Namun perlu diingat, bahwa kebutuhan listrik yang tidak menyala selama 24 jam pun juga banyak, seperti lampu, rice cooker, kipas angin, AC, dan lain sebagainya. 

Jika ditotal, bukan tidak mungkin biaya listrik akan menembus angka jutaan dengan proporsi listrik untuk kulkas cukup besar. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mulai lebih taktis dalam menghemat konsumsi daya perangkat yang satu ini.

Cara Hemat Listrik Kulkas 

cara menghemat listrik

Sumber : Envato

Selain beberapa faktor di atas yang barangkali cukup sulit untuk kamu kontrol (karena sudah “bawaan pabrik” atau kondisi musim yang tak dapat kamu ubah), ada beberapa cara menghemat listrik kulkas yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

Isi Kulkas Secukupnya

Isilah kulkas secukupnya, tidak terlalu kosong dan tidak terlalu penuh. Kulkas yang terlalu kosong menyebabkan lebih banyak udara hangat yang masuk saat pintu dibuka sehingga kulkas harus bekerja lebih keras.

Namun jika kulkas terlalu penuh, sirkulasi udara dalam kulkas jadi terganggu. Saat kulkas tidak punya ruang yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik, maka efisiensi kerja mesin akan berkurang sehingga daya yang diperlukan lebih besar.

Atur Suhu dengan Pas

Sebetulnya pengaturan suhu yang sudah menjadi bawaan pabrik sudah cukup untuk menjaga udara dingin dan sejuk di dalam kulkas. Namun, kamu juga bisa mengecek dan menyesuaikannya secara berkala.

Gunakan termometer untuk mengatur suhu yang kamu butuhkan. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengatur suhu menjadi 4˚C  untuk kompartemen bagian pendingin makakan. Sementara itu untuk freezer, kamu bisa mengatur suhu menjadi -15˚C.

Matikan Jika Tidak Diperlukan

Cara menghemat listrik kulkas ini bisa kamu lakukan saat tidak ada banyak bahan makanan di dalam kulkas (khususnya yang tidak memerlukan penyimpanan khusus dalam kulkas). Selain itu, jika kulkas terlalu kosong pun sebaiknya kamu bisa sekaligus mematikannya.

Tak terkecuali saat kamu akan melakukan perjalanan jauh dan lama. Tak ada salahnya untuk mengosongkan isi kulkas atau hanya sisakan bahan yang tak masalah jika disimpan dalam keadaan kulkas mati.

Selain tiga poin di atas, beberapa cara menghemat listrik kulkas lainnya yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Hindari memasukkan makanan bersuhu tinggi (panas) ke dalam kulkas.
  • Tempatkan kulkas di lokasi yang sejuk dan jauh dari sinar matahari.
  • Tidak membuka pintu kulkas terlalu lama.
  • Hindari menaruh banyak barang di atas kulkas.

Baca Juga: Wajib Tahu, Daftar Harga Listrik Per-KWh Tahun Ini

Itulah beberapa cara menghemat listrik kulkas yang bisa kamu terapkan agar lebih hemat. Jangan lupa, bayar tagihan atau beli token listrik PLN-nya lewat Flip saja. Dengan biaya yang lebih murah, kamu pun bisa menggunakan sebagian rupiah lainnya untuk keperluan lain. Yuk, pakai Flip sekarang!

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi