mural
homeforward
Sudah Daftar BPJS Kesehatan? Ini Cara Cetak Kartunya!

Sudah Daftar BPJS Kesehatan? Ini Cara Cetak Kartunya!

Kartu BPJS sudah menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki warga Indonesia. Kartu ini merupakan bukti bahwa kamu memiliki kepesertaan dalam program BPJS sehingga bisa memanfaatkannya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. Jika baru saja mendaftar, berikut ini cara cetak kartu BPJS yang bisa kamu ikuti. 

Baca Juga: Mau Medical Check Up? Cari Tahu Dulu Biayanya Di Sini!

Cara Daftar BPJS Kesehatan

kartu bpjs kesehatan

Sumber: Kompas

Sebelum kita membahas cara cetak kartu BPJS, maka pastikan dulu bahwa kamu sudah terdaftar. Jika belum kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftarkan diri dan keluarga.

Pertama, unduh aplikasi mobile JKN dan install di ponsel kamu. Selanjutnya, klik tombol “Daftar” kemudian pilih “Pendaftaran Peserta Baru”.  Kamu akan menerima informasi ketentuan pendaftaran. Baca ketentuan pendaftaran tersebut dan klik “Setuju” jika sudah menyetujuinya.

Selanjutnya, masukkan NIK KTP dan ketik kode captcha di kolom yang tersedia. Setelah terisi, halaman akan berubah dan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS. Kamu tinggal isi data diri dengan lengkap dan benar, kemudian klik “Selanjutnya”.

Pilih fasilitas kesehatan atau faskes yang diinginkan. Faskes ini akan menjadi lokasi yang harus kamu kunjungi jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Jadi, pastikan memilih lokasi yang dekat dengan rumah agar memudahkan saat kamu sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan.

Kemudian, masukkan alamat email aktif kamu dan klik “Simpan”. Kamu akan menerima kode verifikasi melalui email yang sudah didaftarkan. Salin kode yang didapatkan tersebut ke aplikasi Mobile JKN dan kamu akan mendapatkan kode akun virtual untuk melakukan pembayaran iuran. 

Setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, maka kamu secara resmi sudah terdaftar keanggotaan BPJS Kesehatan.

3 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

bpjs

Sumber: BPJS

Setelah berhasil terdaftar, maka langkah berikutnya adalah mencetak kartu BPJS Kesehatan. Berikut ini beberapa cara mencetak kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar.

1. Melalui JKN-Mobile

Cara cetak kartu BPJS yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi JKN-Mobile. Setelah mendaftar keanggotaan, pilih menu Kartu Peserta dengan ikon kartu kecil yang berada di bawah, di samping menu Home. Kartu BPJS-mu kemudian akan ditampilkan di layar dan kamu bisa memilih opsi Kirim Email yang di sebelah kanan bawah layar.

Setelah kamu menerima email kartu BPJS, maka langkah selanjutnya adalah mengunduhnya, kemudian print atau cetak kartu BPJS-mu seperti biasa.

2. Melalui Situs Resmi

Cara cetak kartu BPJS selanjutnya adalah melalui situs resminya di bpjs-kesehatan.go.id. Pertama, log in dulu menggunakan email dan password-mu. Lalu pilih menu Cetak Kartu dan klik menu Data. Selanjutnya, klik Cari Data, dan masukkan nomor NIK peserta yang dibutuhkan.

Setelah hasil pencarian menemukan kartu yang dimaksud, maka selanjutnya klik Cetak Kartu. Kamu kemudian bisa mencetak kartu tersebut di rumah menggunakan printer sendiri atau mencetak di penyedia jasa seperti tempat fotokopi atau percetakan.

3. Melalui e-Dabu

Cara cetak kartu BPJS yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi e-Dabu. Aplikasi ini sebenarnya adalah untuk mendata peserta BPJS Kesehatan yang digunakan oleh Badan Usaha untuk mengelola asuransi karyawannya. 

Untuk mencetak menggunakan aplikasi ini, kamu harus membuka aplikasi e-Dabu BPJS Kesehatan dan masuk ke akunmu menggunakan user ID dan password yang sudah terdaftar.

Selanjutnya, pilih menu Peserta dan klik Input Data. Agar lebih mudah mencari data kartu yang diinginkan, kamu bisa mengisi kategori pencarian menggunakan beberapa pilihan seperti Nomor Kartu BPJS-Kes, NIK, Nomor Pegawai atau Nomor KK. Kemudian masukkan nomor yang sesuai dan klik Selanjutnya.

Pada tampilan layar berikutnya, pilih “Jenis Mutasi Cetak KIS” kemudian klik tombol berwarna biru. Secara otomatis sistem akan mengunduh kartu BPJS Kesehatan dan kamu bisa langsung mencetaknya.

Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah yang sudah dibahas dalam artikel ini untuk mencetak kartu BPJS-mu sendiri. Dengan demikian, kamu memiliki bukti kepesertaan yang sah dan bisa menggunakan kartu tersebut ketika membutuhkan layanan kesehatan.

Baca Juga: BPJS Kelas 3: Fasilitas Dan Berapa Iurannya Per Bulan?

Setelah mengetahui cara cetak kartu BPJS di atas, pastikan kamu juga rutin melakukan pembayaran iuran agar asuransi dapat digunakan dengan mudah setiap dibutuhkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membayar iuran BPJS rutin kamu, tetapi yang terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi Flip. Membayar iuran BPJS dengan aplikasi Flip akan lebih menghemat biaya karena biaya admin yang dikenakan hanya Rp1.800. kamu bahkan bisa membayar tagihan hingga 12 bulan ke depan lebih hemat.

Jika ingin menikmati kemudahan ini, pastikan untuk unduh dulu aplikasi Flip di Play Store dan App Store, kemudian install di smartphone kamu. Yuk, coba dan rasakan manfaatnya sekarang juga!
new banner bpjs

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi