mural
homeforward
Cara Cek Pulsa Listrik, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Cara Cek Pulsa Listrik, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Listrik prabayar, sebagaimana dilansir Tempo, dikenalkan pertama kali pada tahun 2005 di Indonesia. Sejak itu, pelanggan listrik jenis ini terus bertambah. Bahkan, Indonesia juga disebut sebagai salah satu negara dengan pelanggan listrik prabayar terbesar di dunia loh. Nah, buat kamu yang baru saja beralih atau pertama kali pasang meteran listrik prabayar, berikut ini cara cek pulsa listrik hingga mengetahui berapa sisa rupiah token listrikmu. 

Baca Juga: Kenapa Token Listrik Cepat Habis? Ternyata, Ini Penyebabnya!

Cara Cek Pulsa Listrik Secara Manual

listrik

Sumber : Envato

Setelah membeli pulsa atau token listrik, ada beberapa kendala yang umum terjadi, seperti misalnya nomor token yang tidak terbaca atau bahkan hilang. Kalau kamu berada di kondisi tersebut, jangan langsung panik, ya. Berikut adalah cara cek pulsa listrik secara manual yang bisa kamu coba.

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kembali ke tempat penjual pulsa listrik tersebut. Setelah itu, tanyakan soal 20 digit nomor token yang sudah kamu beli. Biasanya, penjual token listrik masih menyimpan riwayat transaksi yang bisa menunjukkan berapa nomor token yang dibeli setiap pelanggan. Tentunya, cara ini cukup efektif untuk melacak nomor token yang sudah kamu beli.
  • Cara berikutnya adalah dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Kemudian, minta petugas untuk mengecek 20 digit nomor token listrik yang kamu beli. 

Sebagai informasi tambahan, token PLN yang kamu beli hanya bisa dipakai pakai meteran yang memiliki ID pelanggan sesuai dengan yang tertera di keterangan pembelian. Jadi, meskipun strukmu hilang, pulsa listrik yang sudah dibeli tidak akan bisa diambil orang lain atau isinya dianggap hilang. Selama kamu masih mau mengusahakan untuk mengurusnya, pulsa listrik tersebut tetap akan kembali dan bisa kamu gunakan di meteranmu. 

Cara Cek Pulsa Listrik Secara Online

Selain menggunakan cara manual di atas, kamu juga bisa mengeceknya secara daring. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut!

Lewat Website PLN

  • Pertama, kamu harus memastikan bahwa koneksi internet di tempatmu stabil.
  • Kemudian, buka peramban dan kemudian masuk ke situs resmi PLN, yang beralamat di web.pln.co.id.
  • Setelah itu, klik pada menu Pelanggan yang posisinya berada di pojok kiri atas.
  • Lalu masukkan beberapa data yang diminta seperti email, kata sandi, dan captcha code yang tampak di layar. Bila sudah, klik Masuk.
  • Tunggu sebentar dan keterangan 20 digit nomor token listrikmu yang paling baru akan segera ditampilkan di layar.

Lewat Aplikasi PLN Mobile

  • Buka Play Store atau App Store, lalu unduh aplikasi PLN Mobile.
  • Setelah proses pemasangannya selesai, buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian login dengan menggunakan ID pelanggan PLN.
  • Jika sudah, lalu tap pada menu Token dan Pembayaran.
  • Lanjutkan dengan tap pada opsi ID Pelanggan milikmu.
  • Tunggu sejenak dan riwayat pembelian token listrikmu akan muncul di layar. Cek pembelian terbaru yang kamu lakukan untuk mengetahui berapa nomornya. 

Cobalah beberapa langkah di atas untuk mengecek pulsa listrik yang sudah kamu beli secara online. Namun, ketika mengalami kendala dengan pulsa atau token listrik, tidak perlu takut itu tak bisa digunakan. Pasalnya, token PLN tidak memiliki tanggal kedaluwarsa atau berlaku selamanya. 

Cara Cek Sisa Rupiah Token Listrik 

listrik

Sumber : Envato

Selain cek pulsa listrik, kamu juga bisa mengetahui berapa sisa rupiah token listrikmu. Kendati demikian, perlu dipahami sebelumnya bahwa meteran atau MCB yang digunakan PLN cukup beragam. Beberapa merek yang sering dijumpai, termasuk CONLOG, Star, Hexing, Glomet, dan Itron.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kWh atau sisa rupiah token listrik di rumahmu. 

  1. Pertama-tama, cek dahulu apa merek meteran yang dipasang di rumahmu. Sebagai contoh, merek seperti Itron atau CONLOG umumnya sudah langsung menunjukkan informasi seputar sisa kWh di layarnya.
  2. Namun, untuk merek lain seperti Hexing, kamu perlu menekan kode 801 terlebih dahulu. Barulah setelah itu, kamu bisa tahu berapa sisa listrik di meteranmu.
  3. Untuk merek berikutnya, yakni Glomet, kamu bisa mengecek sisa kWh listrik dengan menekan kode 37 dan kemudian Enter
  4. Sementara itu, jika kamu memiliki meteran dengan merek Star, kode yang perlu ditekan adalah 07. Lalu lanjutkan dengan tekan Enter untuk memunculkan keterangan sisa kWh di meteran. 

Itulah beberapa tips tentang cara cek pulsa listrik hingga mengetahui sisa kWh di meteran listrik prabayar. Namun, pastikan bahwa kamu selalu menyimpan kartu berisi informasi ID pelanggan PLN token. Kamu juga bisa mencatatnya di smartphone untuk berjaga-jaga supaya tidak hilang. Jadi, setiap kali hendak membeli pulsa atau token listrik, kamu tidak akan kebingungan saat mencarinya.

Baca Juga: Paket Indovision: Cara Daftar, Cek Tagihan Dan Pembayarannya

Agar lebih mudah, pembelian token listrik secara berkala lewat aplikasi, seperti Flip, bisa jadi solusi yang efektif. Selain karena nomor ID pelangganmu pastinya akan tersimpan di riwayat transaksinya, cara beli token listrik di Flip juga terbilang praktis. Apalagi, tersedia metode pembayaran yang beragam, seperti misalnya Transfer Bank dan Koin Flip. Yang terpenting lagi, biaya pembelian token listrik di aplikasi ini cuma Rp1.350 lho.

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi