mural
homeforward
5 Cara Cek Nomor PDAM, Mudah dan Praktis!

5 Cara Cek Nomor PDAM, Mudah dan Praktis!

Apabila kebutuhan air harian di tempat tinggalmu didapat dari sumber air yang berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah, maka kamu harus membayar retribusi bulanan ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Terkait dengan hal itu, kamu perlu nomor pelanggan PDAM. Lantas, bagaimana cara cek nomor PDAM untuk memudahkan pembayaran bulanan?

Baca juga: Sekilas Tentang Perumda Air Minum Tugu Tirta, PDAM Kota Malang

 

Pentingnya Mengetahui Nomor Pelanggan PDAM

Nomor pelanggan PDAM sebenarnya adalah identitas dari lembaga PDAM kepada pelanggan. Kamu memerlukan nomor ini setiap kali ingin melakukan pembayaran maupun memakai layanan lain yang ditawarkan oleh PDAM. Tanpa adanya nomor pelanggan, sudah pasti semua transaksi tidak bisa diproses dan kamu tidak bisa memanfaatkan layanan yang ada. 


 

Tidak hanya melakukan pembayaran secara konvensional, nomor pelanggan PDAM juga menjadi syarat untuk melakukan pembayaran layanan secara online. Bahkan, nomor ini menjadi data paling penting supaya transaksi bisa diproses. Inilah mengapa, kamu harus menyimpan dengan baik nomor tersebut, bisa dengan menyimpan struk, memfoto, atau mencatat nomor pelanggan di ponsel. 

 

Cara Cek Nomor PDAM

cara cek nomor pdam 1.jpeg

Sumber : The Indian Express

Namun, bagaimana jika struk hilang, kamu tidak sempat memotret atau mencatat nomor tadi? Terlebih sudah sangat dekat dengan tenggat pembayaran layanan bulanan. Jangan khawatir, kamu kamu mengalami hal tersebut, ada beberapa cara cek nomor PDAM yang bisa kamu coba, yaitu: 

Cek Meteran Air

Cara pertama adalah mengecek meteran air. Masing-masing pelanggan PDAM tentu mempunyai meteran air pada area langganan. Biasanya, petugas akan menempel stiker yang berisikan informasi terkait nomor pelanggan pada meteran air. Supaya bisa mengetahui berapa nomor pelanggan PDAM, kamu terlebih dahulu wajib membuka tutup meteran. 

Namun, adanya stiker ini juga menjadi kebijakan dari PDAM pada setiap wilayah. Ini artinya, petugas bisa menempelkan stiker, bisa pula tidak. Apa lagi, tulisan pada stiker bisa memudar seiring waktu. Jika mengalaminya, maka kamu perlu bantuan petugas untuk memberi stiker yang baru.

Datang ke Kantor PDAM

Cara cek nomor PDAM selanjutnya adalah berkunjung langsung ke kantor PDAM yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Kamu bisa bisa meminta bantuan petugas mencatatkan nomor pelanggan PDAM rumah. Supaya kamu tidak menghabiskan waktu untuk terus datang ke kantor PDAM, pastikan untuk mencatat nomor tersebut. 

Jika memang perlu, tidak ada salahnya meminta bantuan petugas untuk memperbarui atau menempelkan stiker pada meteran di rumah. Jadi, kamu bisa langsung cek nomor PDAM dari meteran air jika sewaktu-waktu kehilangan catatan tersebut. 

Menghubungi Call Center

Bagaimana jadinya jika kantor PDAM lokasinya jauh dari rumah? Tidak perlu cemas, kamu bisa menggunakan bantuan panggilan layanan pelanggan. Gunakan bantuan internet untuk mencari nomor call center PDAM sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu di mesin pencari. Petugas akan membantu memberikan informasi nomor pelanggan PDAM sesuai dengan data yang kamu sebutkan. 

Pengecekan Daring di Situs Website 

Cek nomor PDAM juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan situs website PDAM. Seperti lembaga pemerintah lainnya, PDAM juga mempunyai halaman resmi yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi, tak terkecuali mengecek nomor pelanggan. Bagaimana caranya? Carilah situs resmi PDAM pada mesin pencari. 

Lalu, cari menu yang bisa memberikan bantuan nomor pelanggan. Biasanya, kamu harus mengisi beberapa data pendukung, seperti nama dan alamat. Lalu, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dari website untuk mendapatkan nomor pelanggan PDAM tadi. Sangat mudah, bukan? 

Hubungi Akun Media Sosial Resmi

Cara terakhir yang bisa kamu coba ketika kehilangan nomor pelanggan PDAM adalah meminta bantuan melalui akun media sosial resmi. Di era serba canggih seperti saat ini, tidak ada masalah yang tidak terpecahkan dengan adanya internet dan media sosial. Namun, pastikan kamu mencari akun media sosial PDAM yang benar. 

Biasanya, akun tersebut memiliki centang biru setelah nama pengguna untuk memastikan bahwa akun tersebut valid dan memang benar dikelola oleh lembaga yang bersangkutan. Lalu, mintalah bantuan admin sosial media melalui layanan pesan pribadi untuk mencarikan nomor pelanggan PDAM. 

 

Baca juga: Hemat Tagihanmu dengan Memahami 1 Kubik Air PDAM Berapa Liter

Itu tadi beberapa cara cek nomor PDAM yang bisa kamu coba saat kehilangan nomor pelanggan layanan air bersih. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran secara rutin setiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo, sehingga kamu tidak terkena denda atau pemutusan layanan pemberian air bersih. 

Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa melakukan pembayaran PDAM bulanan secara online melalui aplikasi Flip. Caranya juga tidak sulit, yaitu cukup dengan memilih menu layanan PDAM pada aplikasi. Lalu, kamu bisa memasukkan nomor pelanggan PDAM dan jumlah tagihan bulanan akan segera muncul pada layar ponselmu

Kamu bisa menyelesaikan pembayaran tagihan PDAM bulanan dengan banyak pilihan transaksi, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Selain PDAM, aplikasi Flip juga bisa kamu pakai untuk beli pulsa, paket data, beli token dan bayar listrik, hingga transfer uang ke luar negeri. Pastikan kamu sudah download aplikasi Flip, ya! Gratis di App Store atau Play Store. 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi