mural
homeforward
Sekilas Tentang Perumda Air Minum Tugu Tirta, PDAM Kota Malang

Sekilas Tentang Perumda Air Minum Tugu Tirta, PDAM Kota Malang

Akses air bersih adalah salah satu kebutuhan manusia di manapun. Di Indonesia, masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan menggali sumur sendiri atau melalui layanan air. Pemerintah menyediakan layanan air bersih yang disalurkan melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik Pemerintah Daerah.

Di Kota Malang, layanan distribusi air bersih diserahkan kepada PDAM Kota Malang, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta. Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mendistribusikan air bersih untuk masyarakat Kota Malang, apa saja layanan yang dimiliki? Seberapa luas area pelayanannya? Bagaimana pelanggan bisa mengakses informasi terkini? Mari kita bahas lebih jauh.

Sejarah

Kegiatan pelayanan air minum untuk masyarakat Kota Malang sudah dimulai sejak era Kolonial Belanda, tepatnya pada 31 Maret 1915. Kala itu, distribusi air dilaksanakan oleh Waterleiding Verordingen Kota Besar Malang. Sumber air baku diambil dari Sumber Karangan.

Pada 1928, diterapkan sistem baru Brom Captering. Sistem ini mengambil air dari sumber untuk disalurkan ke reservoir Betek dan Dinoyo. Pada tahun 1935, akibat bertambahnya jumlah penduduk, Pemerintah Daerah pada masa itu menambah sumber air baku dari Sumber Binangun.

Di era kemerdekaan, status Unit Air Minum diubah menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berdasarkan Perda Kota Malang Nomor 11 Tahun 1974. Sejak itu, PDAM Kota Malang memiliki status sebagai badan hukum dan mendapatkan hak otonomi pengelolaan air minum di Kota Malang.

Area Pelayanan

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota Malang, area pelayanan Perumda Tugu Tirta mencakup keseluruhan luas wilayah Kota Malang. Artinya, PDAM Kota Malang memiliki area pelayanan seluas 145,28 km2.

Jumlah pelanggan mencapai lebih dari 175 ribu rumah tangga. Jumlah ini dilayani dengan produksi air yang mencapai hampir 1.500 liter/detik.

 

Baca Juga : Ini Dia 3 Aplikasi Cek Tagihan PDAM Terbaik

Layanan Pelanggan

Perumda Tugu Tirta menyediakan Zona Air Minum Prima (ZAMP). Layanan ini zona atau wilayah khusus yang dirancang untuk menyediakan air siap minum langsung dari keran. Layanan ZAMP dapat dinikmati di seluruh area pelayanan Perumda Tugu Tirta.

Layanan ini mendapat bantuan teknis dari USAID dan PERPAMSI melalui program CATNIP (Certification And Training For Network Improvement Project). Bantuan teknis ini diberikan kepada tiga PDAM di Indonesia, yaitu PDAM Kota Malang, PDAM Kota Bogor, dan PDAM Kota Medan.

Layanan pelanggan bisa diakses dengan mendatangi kantor pusat Perumda Tugu Tirta yang beralamat di Jl. Terusan Danau Sentani no. 100 Kota Malang. Untuk mempermudah layanan, kamu bisa mengunjungi situs resmi Perumda Tugu Tirta melalui tautan ini.

Pada situs ini, pelanggan Perumda Tugu Tirta bisa melakukan Permintaan Pasang Baru layanan air minum. Pelanggan juga bisa melakukan pengaduan gangguan, mengecek tagihan, dan melihat info pembayaran melalui situs resmi PDAM Kota Malang. Selain itu, pelanggan juga bisa melihat informasi terkini seputar layanan Perumda Tugu Tirta.

Telepon

Untuk melaporkan keluhan, gangguan, dan sebagainya, pelanggan bisa menghubungi PDAM Kota Malang melalui telepon di nomor 0341-715-103 atau melalui email [email protected]. Perumda Tugu Tirta juga bisa dihubungi melalui aplikasi WhatsApp di nomor +62 816-550-800.

 

Baca Juga : Penting! Ini Cara Bayar Air PDAM Online dengan Mudah dan Aman

 

Media Sosial

Untuk mengetahui informasi terbaru seputar layanan, gangguan, dan informasi lainnya, kamu bisa mengikuti akun media sosial resmi milik PDAM Kota Malang. Saat ini, Perumda Tugu Tirta bisa diikuti di media sosial InstagramTwitter, dan Facebook. Ikuti juga kanal resmi Perumda Tugu Tirta di YouTube dan TikTok.

Kanal Pembayaran Tagihan

Pelanggan Perumda Air Minum Tugu Tirta bisa melakukan pembayaran melalui bank (BRI, Mandiri, Bank Jatim, BNI46, BTN, Bank Bukopin, CIMB Niaga, dan Bank Mega Syariah), Pos Indonesia, minimarket (Alfamart dan Indomaret), online marketplace (Tokopedia dan Bukalapak), dan aplikasi layanan keuangan (Gojek, BebasBayar, dan LinkAja).

Tahukah kamu? Semua kanal pebayaran itu bisa kamu akses melalui aplikasi Flip, lho! Kamu cukup membuat akun Flip dan memilih opsi pembayaran PDAM di aplikasi Flip. Ikuti tutorial pada tautan ini untuk melihat langkah-langkahnya.

Perumda Air Minum Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang adalah wujud riil dari pelayanan air minum dari Pemerintah Kota Malang untuk masyarakat Kota Malang. Perumda Tugu Tirta terus melakukan inovasi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Malang.
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi