mural
homeforward
Ini Dia 3 Aplikasi Cek Tagihan PDAM Terbaik

Ini Dia 3 Aplikasi Cek Tagihan PDAM Terbaik

Di era yang modern ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi cek tagihan PDAM untuk memudahkan mengecek dan membayar tagihan air setiap bulannya. Kamu tidak perlu datang ke kantor PDAM hanya untuk mengecek tagihan, tetapi lewat aplikasi pembayaran air semua hanya dalam genggaman! 

Baca juga: Anti Ribet! Cara Cek Tagihan PDAM Makassar Lewat Smartphone

 

Sekilas Tentang PDAM 

Perusahaan Daerah Air Minum atau yang biasa disingkat PDAM adalah perusahaan daerah yang dikelola oleh pemerintah untuk mengawasi dan mengelola sistem perpipaan penyediaan air bersih untuk publik. Air bersih ini yang dipergunakan untuk bahan baku air minum dan penggunaan air bersih lainnya. 

Tentunya untuk mendapatkan air bersih di rumah dan tempat tinggal, kita dapat berlangganan jasa yang disediakan oleh PDAM. Menurut catatan dari PDAM, rata-rata pemakaian air bersih harian di perkotaan di Indonesia dimulai dari 170 liter per orang per hari, sampai dengan 247 liter per orang per hari. Tentunya jumlah pemakaian tersebut tergantung dari kebutuhan, serta pola hidup masyarakat yang ada di perkotaan di Indonesia. Dengan penggunaan dan kebutuhan yang berbeda beda ini, bisa saja kamu memakai air bersih dari PDAM dengan jumlah yang kurang atau mungkin lebih dari rata-rata. Misalnya, dengan pola hidup bekerja 5 hari seminggu pasti akan berbeda kebutuhan airnya dengan yang bekerja dari rumah. 

Perbedaan kebutuhan dan pemakaian air bersih ini pasti berdampak dengan perbedaan tagihan yang dibayar pula. Namun, jangan khawatir, ada beberapa aplikasi untuk mengecek tagihan PDAM yang bisa kamu pakai untuk mengecek tagihan air di rumah kamu.   

 

Aplikasi Cek Tagihan PDAM 

1. Melalui Aplikasi PDAM Info 

Aplikasi cek tagihan air yang pertama dan paling mudah adalah Aplikasi PDAM Info. Aplikasi ini bisa kamu unduh ke ponsel pintar kamu. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa melakukan pengecekan tagihan, tetapi juga bisa mendaftar sambungan air baru dan membayar tagihan PDAM. Bahkan, kamu bisa membuat atau melakukan pengaduan apabila ada kendala dan masalah dalam penyaluran air bersih PDAM ke tempat tinggal kamu. Kamu cuma perlu mengunduh aplikasi PDAM info, kemudian login dan menyambungkan rekening PDAM kamu ke aplikasi. Dengan hanya satu kali klik, kamu dapat mengecek tagihan yang ada pada aplikasi ini. 

2. Melalui Aplikasi Mobile Banking 

Selain melalui aplikasi PDAM Info, aplikasi cek tagihan PDAM lainnya yaitu melalui aplikasi mobile banking. 

Untuk pengguna BCA Mobile, kamu bisa menggunakan mobile banking kamu sebagai aplikasi untuk mengecek tagihan PDAM. Dalam menu M-payment, pilih publik/utilitas dan masukkan nomor pelanggan, pilih wilayah serta kantor cabang PDAM tempatmu mendaftar, kemudian info tentang tagihan akan dengan mudah kamu dapatkan. 

Untuk Bank BNI, aplikasi cek tagihan PDAM dapat kamu jumpai di aplikasi BNI Mobile Banking. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih menu Pembayaran PDAM & IPL. Dari menu tersebut, kamu akan diminta beberapa informasi terkait tentang nomor pelanggan, serta nomor rekening PDAM kamu, dan kamu akan mendapatkan informasi tagihan PDAM kamu dengan cepat. 

Pengguna Bank BRI, kamu dapat mengunduh BRImo sebagai aplikasi cek tagihan air dan langsung membayar tagihan PDAM lewat aplikasi mobile banking BRI ini. Cara untuk mengecek dan melakukan pembayaran adalah pilih fitur PDAM pada halaman utama setelah kamu login. Setelah itu, masukkan nomor tagihan serta data yang bersangkutan pada daerah PDAM kamu. Detail tagihan pun akan langsung ditampilkan dan bisa kamu bayar langsung dari aplikasi ini. 

Nasabah Mandiri yang menggunakan aplikasi mobile banking Mandiri Livin’ juga dapat menggunakannya sebagai aplikasi untuk mengecek tagihan PDAM. Caranya adalah pilih menu bayar pada aplikasi, kemudian pilih menu PDAM, dan isi data yang diperlukan. Selanjutnya, masukkan nomor pelanggan, kemudian akan muncul nama serta total tagihan yang perlu dibayar. Kamu dapat langsung membayar tagihan PDAM dalam aplikasi yang sama. 

3. Melalui Aplikasi Flip 

Aplikasi pembayaran air lainnya yang bisa kamu gunakan adalah lewat aplikasi Flip. Flip merupakan aplikasi pembayaran dan transfer untuk berbagai bank serta layanan. Salah satunya bisa digunakan juga sebagai aplikasi untuk mengecek tagihan PDAM. 

Singkatnya, kamu bisa mengecek tagihan PDAM dengan memilih menu PDAM pada aplikasi Flip. Setelah itu, cukup masukkan nomor pelanggan dan data lain yang diperlukan, maka akan muncul tagihan serta cara pembayarannya.   

 

Baca juga: Panduan Pemasangan PDAM Baru di Kantor PDAM Terdekat

Flip merupakan aplikasi pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk membayar apa pun, dan bisa digunakan sebagai aplikasi pembayaran air. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengisi token listrik, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan melakukan transfer antarbank tanpa dikenakan biaya. Nah, apakah kamu tertarik menggunakan Flip? Yuk, segera unduk aplikasinya melalui App Store maupun Play Store!

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi