mural
homeforward
7 Cara Berhemat Uang Biar Akhir Bulan Aman

7 Cara Berhemat Uang Biar Akhir Bulan Aman

Setiap orang pasti ingin mempunyai finansial yang stabil. Namun, kekuatan finansial seseorang tak akan ada artinya jika tidak dengan melakukan penghematan. Cara berhemat uang tiap orang pastilah berbeda. Hal ini tentunya didasari oleh pendapatan dan pengeluaran yang berbeda dari masing-masing orang. Meski demikian, hal tersebut seharusnya tidak menjadi penghalang untuk berhemat.

Dengan melakukan penghematan, kamu akan terhindar dari masalah tidak punya uang hingga akhir bulan. Agar keuangan kamu tetap sehat, simak cara berhemat dan menabung di bawah ini!

1. Pastikan Pengeluaran < Pendapatan

Cara hemat uang agar tidak boros yang pertama adalah memastikan bahwa pendapatanmu lebih besar dari pengeluaran. Jangan sampai peribahasa ‘lebih besar pasak daripada tiang’ teraplikasi dalam hidupmu. Cara mencegah pengeluaran yang besar tentunya dengan membuat alokasi keuangan yang jelas.

Misalnya, kamu mencatat besaran dana pemasukan dan besaran uang yang akan kamu keluarkan tiap bulannya. Lakukan prediksi pengeluaran kamu untuk pos pengeluaran wajib (kebutuhan pokok, bayar tagihan listrik dan air), sekunder (jalan-jalan dan makan di luar), serta pengeluaran ekstra (contohnya biaya servis kendaraan).

2. Hindari Impulsive Buying

hindari impulsive buying Sumber: Unsplash

Cara berhemat uang yang kedua adalah dengan menghindari impulsive buying. Impulsive buying adalah keadaan di mana kamu membeli suatu barang secara tiba-tiba tanpa berpikir panjang. Agar tidak boros, bijaklah dalam melakukan pengeluaran.

Misalnya, sebelum membeli suatu barang, cobalah untuk berpikir selama seminggu untuk mengetahui apakah kamu benar-benar membutuhkannya. Jika ternyata kamu tidak memikirkannya lagi setelah seminggu, mungkin memang kamu tidak membutuhkannya dan barang itu tidak perlu kamu beli.

3. Buat Rekening Berbeda untuk Menabung

Membuat rekening yang berbeda untuk menabung merupakan salah satu cara efektif untuk berhemat, lho! Pasalnya, kamu bisa memisahkan rekening untuk pengeluaran dan rekening menabung. Jika rekening pengeluaranmu mulai menipis, maka itu sebuah tanda kamu harus berhemat. Nah, jika kamu memiliki rekening berbeda dan ingin mengirimkan dana ke rekening tabungan, kamu bisa menggunakan aplikasi Flip.

Flip adalah aplikasi transfer dana bebas admin. Jadi, kirim uang ke mana pun tak perlu khawatir mengeluarkan biaya admin lagi. Selain itu, setiap transaksimu akan menampung kode unik yang bisa berubah menjadi Koin Flip. Nantinya, Koin Flip bisa kamu tarik dan kamu belanjakan, misalnya untuk membeli pulsa di aplikasi Flip. Praktis banget, kan?

4. Usahakan Selalu Catat Pengeluaran

catat pengeluaran bulanan Sumber: Unsplash

Catatlah pengeluaranmu setiap bulannya, kamu bisa menggunakan aplikasi atau mencatat secara manual. Biasanya, kita tak pernah tahu akan melakukan pengeluaran apa saja meski sudah memprediksinya di awal bulan. Setelah mencatat pengeluaran, buatlah analisis. Evaluasi kembali pengeluaran agar kamu mengetahui apakah kondisi kesehatan keuanganmu baik.

Jika kamu mencatat ada pengeluaran besar yang tidak perlu, maka di bulan depan kamu bisa mengurangi hal tersebut. Misalnya, bulan ini kamu sering makan di luar, maka untuk berhemat kamu bisa coba memasak di rumah mulai bulan depan.

5. Terapkan Hidup Minimalis

Cara berhemat uang yang kelima adalah menerapkan gaya hidup minimalis. Hidup minimalis bukan berarti kamu harus hidup kekurangan atau pas-pasan, kok. Kamu harus memenuhi kebutuhan sesuai dengan porsinya. Bukan berarti kamu tidak bisa membeli barang yang mahal, namun lebih utamakan fungsi dan daya tahan barang tersebut. Misalnya, kamu membutuhkan lampu meja, maka belilah lampu yang tahan lama dan tidak cepat rusak.

Gaya hidup minimalis ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa selebriti Indonesia, lho! Mulai dari Cinta Laura hingga Raditya Dika sudah menerapkan gaya hidup ini. Bagi mereka, konsep ini mengajarkan diri mereka untuk selalu berpikir dengan mata sebelum melakukan pengeluaran uang dan membeli barang berdasarkan kegunaannya.

6. Maksimalkan Promo

maksimalkan harga promo dan diskon Sumber: Unsplash

Cara hemat uang agar tidak boros yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo. Di era serba digital ini, berbelanja semakin mudah melalui platform online. Biasanya, tiap platform menawarkan berbagai macam promo untuk menarik para pembeli.

Kamu bisa meneliti promo dengan membandingkan platform mana yang memberi keuntungan lebih. Tentunya jangan sampai promo ini kamu gunakan secara impulsif, ya! Bila kamu berbelanja online dan perlu mengisi e-wallet, kamu bisa menggunakan Flip untuk mengirimkan dana ke dompet digitalmu. Transfer uang tanpa biaya admin agar kamu tidak boros!

7. Menjaga Kesehatan

Cara berhemat uang yang terakhir adalah dengan menjaga kesehatan. Seperti yang kita ketahui bersama, biaya berobat saat ini tidaklah murah, padahal cuaca sering tidak menentu dan kita tetap harus waspada akibat pandemi.

Agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit, maka berolahragalah yang rutin. Cukupi kebutuhan mineral dan nutrisimu. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol agar badan tetap sehat.

Nah, tidak sulit, kan, menerapkan cara berhemat dan menabung uang di atas? Jika ada kemauan, pasti ada jalan, kok. Yuk, terapkan cara hemat uang agar tidak boros dan terhindar dari masalah kehabisan uang jelang akhir bulan! Selamat berhemat!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi