mural
homeforward
Bebas Ribet, Inilah Cara Beli Token Listrik Lewat Flip!

Bebas Ribet, Inilah Cara Beli Token Listrik Lewat Flip!

Selain listrik pascabayar, PLN memang menyediakan metode prabayar melalui pembelian token, terutama untuk kamu yang menggunakan MPB atau Meter Prabayar. Metode prabayar ini makin banyak penggunanya karena jauh dari risiko tagihan membengkak. Nah, buat kamu yang berniat untuk pindah ke metode prabayar, yuk simak langkah-langkah beli tokennya di sini! Biar lebih praktis, kamu bisa coba cara beli token listrik lewat Fliplho.

Baca Juga: Praktis, Begini 3 Cara Menggunakan GoPay Coin!

Besaran kWh yang Didapat dari Token Listrik

token listrik

Sumber: Kompas

PLN menyediakan enam jenis nominal token listrik yang bisa kamu pilih. Masing-masing nominal punya besaran listrik yang berbeda-beda dengan rincian berikut: 

Nominal Token

Pulsa Listrik yang Didapat

Besaran kWh yang Didapat

Rp20 ribu 

Rp17 ribu

13,2 kWh

Rp50 ribu

Rp47 ribu

33,1 kWh

Rp100 ribu

Rp97 ribu

66,2 kWh

Rp250 ribu

Rp244 ribu

132,3 kWh

Rp500 ribu

Rp494 ribu

328,9 kWh

Rp1 juta

Rp994 ribu

659,7 kWh


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin kamu menyadari bahwa pulsa listrik yang didapat tidak sesuai dengan nominal token yang dibeli. Ternyata, ada alasannya! PLN menerapkan PPJ (Pajak Penerangan Jalan) sebesar 3%. Jadi, dari nominal token yang sudah kamu beli akan dikurangi PPJ tersebut. 

Katakanlah kamu membeli token senilai Rp100 ribu, maka pulsa yang didapat adalah Rp97 ribu karena sudah dikurangi PPJ. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena pada dasarnya harga token listrik per kWh itu sama, berapa pun nominal yang kamu beli. Sesuai peraturan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN, harga token listrik per kWh adalah sebesar Rp1.501,97 (harga sewaktu-waktu bisa berubah).   

Jangan Lupa Hitung Biaya Tambahan 

Ingat, ketika kamu membeli token listrik, kamu harus membayar sejumlah biaya. Selain PPJ sebesar 3% dari nominal token, ada juga biaya administrasi. Nah, besaran biaya administrasi ini bermacam-macam, mengikut kebijakan merchant atau tempat kamu membeli token listrik. 

Di aplikasi Flip sendiri, biaya administrasi untuk pembelian token listrik adalah sebesar Rp500,00 untuk semua nominal token yang tersedia. Jadi, misalkan kamu membeli token Rp50 ribu, maka kamu perlu membayar Rp50.500,00. Selain biaya administrasi yang ringan, Flip juga rutin memberikan berbagai penawaran dan diskon menarik, lho. Jadi, kamu pun bisa semakin berhemat saat mengikuti cara beli token listrik lewat Flip!   

Cara Beli Token Listrik via Aplikasi Flip 

token listrik

Sumber: Lifepal

Lalu, bagaimana cara beli token listrik lewat Flip? Tidak perlu bingung karena seluruh proses pembelian token listrik via aplikasi Flip sangat praktis. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini: 

  1. Pastikan kamu sudah download aplikasi Flip, ya! Kalau sudah, buat akun terlebih dahulu untuk menikmati seluruh kemudahan yang ditawarkan Flip; 
  2. Selanjutnya, masuk ke halaman awal aplikasi dan pilih menu “Listrik”; 
  3. Jika sudah masuk ke halaman “Listrik PLN”, klik menu “Token Listrik”. Kamu akan langsung diarahkan untuk melakukan pembelian token; 
  4. Langkah selanjutnya, ketik Nomor Meter atau ID Pelanggan. Cek kembali kode yang sudah diketikkan, kemudian klik tombol “Cek Nama”; 
  5. Apabila Nomor Meter atau ID Pelanggan benar, data pelanggan pun akan muncul di layar dan kamu bisa melakukan transaksi. Kalau belum, cek kembali ID yang sudah diketikkan; 
  6. Selanjutnya, pilih nominal token yang ingin dibeli; 
  7. Jika sudah, klik tombol “Lanjut”; 
  8. Kamu akan langsung diarahkan untuk memilih metode pembayaran. Pilihlah metode yang ingin kamu gunakan, misalnya transfer bank atau Koin Flip’
  9. Selesaikan pembayaran dan tunggu sampai transaksi selesai diproses; 
  10. Kalau sudah, kamu akan langsung menerima kode token untuk dimasukkan ke MPB atau Meter Prabayar.   

Jangan lupa, usahakan untuk tidak melakukan pembelian token listrik pada jam cut off PLN, yaitu mulai dari pukul 23.00 hingga pukul 01.00 WIB. Pada jam tersebut, pembelian token pada waktu tersebut tidak akan diproses oleh PLN karena ada maintenance rutin dari sisi PLN.

Baca Juga:  Ini Dia 10 Jenis Tabungan BCA Yang Wajib Kamu Tahu!

Bagaimana, cara beli token listrik lewat Flip mudah sekali, kan? Menariknya lagi, Flip juga menyediakan beragam metode pembayaran untuk memudahkanmu bertransaksi. Yuk, segera dapatkan aplikasi Flip secara gratis di App Store dan Play Store untuk menikmati seluruh kemudahannya!

New Banner Listrik

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi